Sukses

Keistimewaan dan Keutamaan Air Zamzam, Oleh-oleh Haji yang Paling Ditunggu

Liputan6.com, Jakarta - Selasa, 9 Agustus 2022, operasional penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-67. Sebagian jemaah haji juga sudah kembali di tanah

"Jumlah jemaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 81.612 orang," kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dikutip dari situs Kemenag, Selasa (9/8/2022).

Terkait jemaah haji yang sakit, Akhmad Fauzin menyampaikan data hari ini sebanyak 31 orang. Dengan rincian 16 orang dirawat di RSAS, dan 15 lainnya dirawat di KKHI.

"Jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Aisah Karim Abdullah, perempuan, 61 tahun, Nomor Paspor C31 77 857, kloter BTH 12, asal Embarkasi Batam. Sehingga  sampai hari ini jumlah jemaah wafat sebanyak 86 orang," ucap dia.

Salah satu yang ditunggu oleh keluarga dari jemaah haji yang kembali ke tanah air adalah air zamzam. Air yang diyakini terbaik di planet bumi, pemuas dahaga, obat segala penyakit, cocok di perut, berkhasiat sesuai dengan apa yang diinginkan. Kemudian penenang pikiran, penguat hati, minuman orang-orang mulia dan juga para jemaah haji dan umrah.

Kata zam-zam berasal dari perkataan malaikat Jibril atau zamzamah Jibril. Dikatakan pula kata zamzam berasal dari suara jauh yang menggema dan berkesinambungan layaknya petir.

Karena terbaik itu pula, maka banyak keistimewaan-keistimewaan yang jarang ditemui dalam air mineral lainnya. Lebih dari itu, air zamzam kerapkali menyimbolkan doa dan harapan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Air Zamzam

 

Dilansir dari buku Rujukan Utama Haji & Umrah karya Ablah Muhammad al-Kahlawi inilah keutamaan air zam-zam yang disebutkan pada hadis, antara lain :

1. Rasullah Saw bersabda, "sebaik-baik air di muka bumi ini ialah air zam-zam.

2. Beliau bersabda, "Siapa yang mengelilingi kakbah sebanyak tujuh kali (tawaf), shalat di belakang maqam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya.

3. Beliau bersabda, "Air zam-zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan

4. Beliau bersabda, "Air zam-zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian Jibril dan siraman Allah kepada Ismail."

5. Beliau bersabda,"Meminum air zam-zam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan."

6. Beliau bersabda, "Yang membedakan kita dengan orang-orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam-zam sampai puas."

7. Rasullah bertanya kepada Abu Dzarr al-Ghifari, "Sejak kapan engkau di sini?" Abu Dzarr menjawab "Aku di sini semenjak 30 hari yang lalu?"

Beliau bertanya, "Lalu,siapa yang meberimu makan?" Abu Dzarr menjawab, "Aku tidak memakan apa-apa selain air zamzam." Beliau lalu bersabda, "Ia mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar."

8. Beliau bersabda, "Melihat air zam-zam adalah ibadah,ia bisa menghapus berbagai dosa dan kesalahan,dan salah satu keutamaanya ialah bahwa barangsiapa yang memercikkannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit.",

Tim Rembulan-TG

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS