Sukses

4 Keutamaan Membaca Niat dalam Ibadah bagi Umat Islam

Niat dalam ibadah adalah bagian dari ruhnya.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan suatu amal ibadah bagi umat Islam sesungguhnya harus dimulai dengan sebuah niat, karena niatlah yang bisa membedakan apakah itu ibadah atau bukan. Apa keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam?

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam ada empat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber. Keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah bisa menyempurnakan amal ibadah, niat lebih utama daripada amal ibadah itu sendiri, niat bagian dari ruh dalam ibadah, serta bisa memberi kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kementerian Agama RI menjelaskan keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah berlaku pula pada aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dijelaskan niat akan memberikan pengaruh dalam aktivitas yang dilakukan.

“Contoh sederhananya pada saat mau berangkat ke kantor, bekerja, ataupun keperusahaan lainnya dengan niat untuk menafkahi keluarga, bekerja sebagai ibadah, membangun generasi yang lebih baik, membantu agama dan lainnya sebagainya,” dijelaskan.

Seorang mukmin sangat dianjurkan dan diperintahkan untuk meluruskan dan mambaguskan niat. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang empat keutamaan membaca niat dalam ibadah bagi umat Islam serta dalilnya, Minggu (10/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Niat dalam Ibadah

1. Menyempurnakan Amal Ibadah

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah mampu menyempurkanan amal ibadah seorang hamba.

Kementerian Agama RI menjelaskan keutamaan membaca niat dalam ibadah sebagai fondasi sebelum menunaikannya. Ibadah harus diawali dengan niat dan niat sangat berperan bagi ibadah.

“… jika niat sudah salah tidak ada artinya bagi amal ibadah,” dijelaskan.

Hal yang sama tentang keutamaan membaca niat dalam ibadah ditegaskan Tsabit Al-Banani dalam Hilya Al-Auliya (2/326). Ditegaskan keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah lebih sempurna dari amalannya.

Dicontohkan, seseorang yang berniat melakukan ibadah pada waktu malam, berpuasa di siang hari dan mendermakan sebagian hartanya namun dirinya tidak mengikuti semua itu. Maka, niatnya jadi sempurna dari amalnya.

Itulah keutamaan membaca niat dalam ibadah yang bisa menyempurnakan amalannya yang pertama dan wajib dipahami baik-baik.

2. Niat Lebih Utama daripada Ibadah

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah lebih utama daripada amal ibadah itu sendiri.

Wujud dari keutamaan membaca niat dalam ibadah yang dimaksudkan, sesungguhnya seorang hamba yang sudah berniat ibadah atau melakukan kebaikan lalu pada suatu keadaan terpaksa tidak bisa melaksanakannya, Allah SWT sudah mencatat pahala baginya.

Keutamaan membaca niat dalam ibadah ini ditegaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله عنده حسنة كاملة

Arti hadis keutamaan membaca niat dalam ibadah:

“Maka apabila seseorang berniat melakukan sesuatu kebaikan lalu tidak jadi melaksanakannya, Allah akan mencatat pahalanya di sisi-Nya satu kebaikan sempurna.”
3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Niat dalam Ibadah Selanjutnya

3. Bagian dari Ruh dalam Ibadah

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah bagian dari ruh dalam melakukan amal ibadah. Amal ibadah tanpa disertai niat tidak akan memberikan manfaat yang berarti.

Hal ini diungkap oleh Abdullah bin Mas'ud dalam Al-Iddah (11/8). Ditegaskan bahwa, ucapan tidak akan bermanfaat kecuali disertai amalan. Ucapan dan amalan tidak akan bermanfaat kecuali disertai niat. Ucapan, amalan dan niat tidak akan bermanfaat kecuali dengan praktik sesuai sunnah.

Kemudian mengenai keutamaan membaca niat dalam ibadah ini dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-Hajj ayat 37.

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik."

4. Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Memahami keutamaan membaca niat dalam ibadah adalah bisa memberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Mengenai keutamaan membaca niat dalam ibadah ini dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-Isra ayat 18-19.

“Siapa yang menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki. Kemudian Kami sediakan baginya (di akhirat) neraka Jahanam, dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan siapa menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh, sedangkan dia beriman, maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik.”

Bagaimana tafsir ayat tentang keutamaan membaca niat dalam ibadah tersebut?

Professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, menafsirkan keutamaan membaca niat dalam ibadah sebagai berikut.

“Barangsiapa yang meniatkan amalannya demi mendapat dunia saja, maka Kami akan menyegerakan kenikmatan baginya jika Kami menghendaki, kemudian Kami siapkan baginya neraka jahanam di akhirat, dia akan memasukinya dalam keadaan terhina dan dijauhkan dari rahmat Allah,” dijelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.