Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Senin 3 Mei 2021 dan Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

Jadwal imsak hari ini Senin 3 Mei 2021 tentunya akan berbeda di setiap daerah.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Senin 3 Mei 2021 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Bahkan di daerah yang sangat berdekatan sekalipun akan ada perbedaan waktu berbuka puasa.

Tentunya dengan adanya perbedaan waktu dalam berbuka puasa di setiap daerah, kamu harus teliti dan tahu betul waktu berbuka di tempatmu. Jangan sampai salah sangka dan berbuka di waktu yang salah. 

Kamu belum diperbolehkan berbuka puasa bila belum waktunya di tempat tinggalmu, walaupun kamu melihat di televisi sudah waktunya berbuka untuk salah satu daerah. Selama waktu berbuka untuk daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu harus menunggu jadwal imsak hari ini Senin 3 Mei 2021.

Untuk itu kamu wajib mengetahui jadwal berbuka puasa di tempat tinggalmu. Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Senin (3/5/2021) tentang jadwal imsak hari ini Senin 3 Mei 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari Ini Senin 3 Mei 2021 di Beberapa Kota Besar

Berikut jadwal imsak hari ini Senin 3 Mei 2021 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.26 WIB

Bandung: 04.23 WIB

Surabaya: 04.03 WIB

Jogja: 04.13 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Banda Aceh: 04.58 WIB

Medan: 04.47 WIB

Padang: 04.46 WIB

Pekanbaru: 04.40 WIB

Palembang: 04.31 WIB

Tanjung Pinang: 04.27 WIB

Pontianak: 04.09 WIB

Banjarmasin: 04.52 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Palu: 04.28 WITA

Mataram: 04.51 WITA

Kupang: 04.23 WITA

Ambon: 04.58 WIT

Sorong: 04.42 WIT

Jayapura: 04.06 WIT

3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa Ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa Ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai salat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa Ramadan ini.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa

Minum Banyak Air Putih Saat Buka dan Sahur. Kamu harus minum air putih yang banyak saat berbuka dan sahur. Dengan minum air putih ketika berbuka dan sahur akan membantu mencegah bibir kering terjadi pada siang hari ketika berpuasa. Kamu juga sebaiknya menghindari minuman manis di bulan puasa ini.

Oleskan Madu Sebelum Makan Sahur. Madu memang terkenal sangat bagus untuk perawatan kulit. Menggunakan madu merupakan salah satu cara sederhana untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Kamu bisa mengoleskan madu ke bibir sebelum makan sahur, sehingga bibir masih akan terasa lembap pada siang harinya.

Makan Sayur dan Buah Saat Berbuka. Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat mencegah bibir kering saat puasa. Apalagi dengan kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah tersebut akan sangat membantu dalam mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

Jangan Menjilat Bibir. Menjilati bibir merupakan kebiasaan banyak orang ketika bibir kering. Hal ini disebabkan karena dengan menjilatinya, bibir akan kembali lembap. Namun ternyata hal tersebut salah. Bibir hanya akan lembap untuk sementara dan akan lebih kering setelah itu bila kamu menjilatinya. Permukaan lidah yang kasar berperan dalam menghilangkan kelembapan bibir kamu.

Hindari Makan Pedas dan Asin. Sebaiknya pada bulan puasa kamu menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi jangan sampai makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

Oleskan Mentimun Saat Buka dan Sahur. Kamu bisa mengiris timun secukupnya lalu memasukkannya ke dalam air dingin. Lalu kamu dapat mengoleskannya ke bibir ketika berbuka puasa maupun saat sahur.

Gunakan Lip Balm. Menggunakan lip balm tentunya memang bertujuan untuk menjaga bibir tetap lembap. Namun kamu harus pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak ada rasa dan wanginya. Kamu juga harus hati-hati dalam pemakaian lip balm ini agar tidak membatalkan puasa.

Kurangi Penggunaan Lipstik. Hindarilah terlalu sering mengguakan lipstik di bulan puasa agar bibir tidak kering. Kamu bisa mengganti lipstik dengan lip balm berwarna bila memang harus menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini