Sukses

Quraish Shihab: Puasa yang Meneladani Allah Jika Semua yang Diperintahkan hanya untuk Allah

Quraish Shihab juga menjelaskan ada makna nain dari firman Allah yang disampaikan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dalam bahasa nabi.

Liputan6.com, Jakarta Seperti apa puasa yang meneladani Allah? Jika semua amal yang diperintahka Allah dilakukan hanya demi Allah dan untuk Allah.

Merujuk kembali apa kata para ulama cara meneladani Allah, Quraish Shihab menjelaskan salah satu yang populer menyangkut puasa dalam sebuah hadis qudsi. 

Di sana Allah berfirman:"Puasa untuk Ku dan Aku yang memberi ganjaran bagi yang berpuasa."

 

Menurut para ulama, lanjut Quraish Shihab, puasa untuk-Ku diibaratkan dengan keikhlasan sepenuhnya kepada Allah. Karena orang tidak bisa membedakan apakah anda berpuasa atau tidak.

"Namun bisa diketahui dari ibadah-ibadah lainnya, bahwa itu kita kerjakan atau tidak," tutur Pendiri Pusat Stiudi Alquran ini.

Quraish Shihab juga menjelaskan ada makna nain dari firman Allah yang disampaikan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad dalam bahasa nabi.

Katanya,"Puas Itu adalah upaya meneladani-Ku."

"Dengan berpuasa kita berusaha meneladani sifat-sifat Allah sesuai dengan kemampuan kita."

 

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.