Sukses

8 Makanan yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa dan Sahur, Selalu Sehat

Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat buka puasa dan sahur, sebab tak sehat bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda berpuasa di bulan Ramadan, asupan nutrisi untuk tubuh dipastikan berkurang. Efeknya badan menjadi agak lemas.  Anda dapat mengembalikan asupan nutrisi saat berbuka puasa maupun sahur. Caranya, dengan mengonsumsi berbagai macam makanan bernutrisi seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. 

Beragam makanan yang baik dihindari saat buka puasa ataupun sahur kiranya penting diketahui oleh umat Muslim untuk mencegah terjadinya keluhan kesehatan akibat konsumsi makanan ini. Seperti diketahuti, saat menjalani ibadah puasa, orang-orang di Indonesia setidaknya dituntut untuk sanggup menahan diri tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam sehari. Dalam kondisi perut kosong ini, orang-orang dianjurkan untuk tidak makan secara sembarangan saat memasuki waktu buka puasa ataupun saat sahur tiba.

Kebanyakan orang cenderung mengonsumsi berbagai macam makanan saat berbuka puasa maupun sahur, sebab perut merasa sangat lapar dan ingin merasa kenyang sepanjang hari. Tetapi, Anda tetap harus mewaspadai berbagai makanan yang akan dikonsumsi. Ada berbagai jenis makanan yang dianjurkan untuk dihindari saat melakukan buka puasa ataupun sahur, beberapa di antaranya adalah makanan pedas dan juga gorengan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber mengenai 8 makanan yang perlu dihindari saat buka puasa dan sahur, Rabu (21/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi

1. Makanan atau minuman manis

Memang di saat buka puasa atau sahur kita sebaiknya mengonsumsi sesuatu yang manis untuk mengganti energi. Tapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, hal itu tentu tidak baik. Konsumsi makanan dan minuman manis yang memiliki kandungan gula jauh lebih tinggi dari asupan gula harian yang direkomendasikan hanya akan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan selama puasa. Ini termasuk, berat badan bertambah, tumbuh lelah dan lemas, dan perut kembung karena kelebihan gula yang sulit dicerna tubuh.

Hal ini juga perlu Anda tahu, energi dari makanan manis akan cepat menguap. Hasilnya, dalam 3-4 jam Anda akan merasa lapar lagi. Selain itu, makanan ini tak baik dikonsumsi karena bakal menyebabkan diabetes.

2. Makanan pedas

Saat melakukan puasa seharian, perut cenderung kosong karena tidak ada asupan makanan apa pun. Ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa. Mengonsumsi makanan pedas saat perut dalam keadaan kosong dapat mengiritasi dinding lambung yang pada akhirnya membuat perut keram dan terasa sakit. Selain itu mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa dapat membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan, karena makanan pedas juga dapat mengiritasi usus dan menganggu sistem pencernaan.

3. Minuman Bersoda

Minuman ini mungkin terasa sangat menyegarkan setelah seharian menahan dahaga. Tapi ternyata minuman bersoda merupakan minuman berperisa buah, minuman berenergi, dan minuman mengandung susu tak baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka. Tidak hanya itu, minuman bersoda juga mengandung gula tinggi yang bisa mengakibatkan diabetes, minuman ini juga membuatmu merasa cepat haus lagi.

3 dari 4 halaman

Gorengan dan Makanan Bersantan

4. Gorengan atau makanan berminyak

Gorengan atau makanan berminyak lainnya mungkin menjadi makanan favorit saat berbuka puasa, namun sebaiknya Anda menghindari jenis makanan ini. Makanan yang melalui proses digoreng dalam memasaknya mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi dan dapat menghambat sistem pencernaan. Selain itu lemak yang terkandung di dalam gorengan juga dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih ekstra, yang pada akhirnya dapat membuat Anda mudah mengantuk setelah buka puasa.

5. Makanan bersantan

Makanan bersantan tentu salah satu makanan nikmat yang bisa dijadikan menu berbuka atau sahur. Padahal sebenarnya makanan ini bisa mengundang banyak penyakit mengerikan seperti asam urat, kolesterol, hipertensi, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Minuman dan Minuman Instan

6. Makanan cepat saji

Terbiasa makan makanan cepat saji karena ingin praktis saat sahur dan berbuka, ternyata itu tak baik untuk tubuh. Selain tak sehat, makanan ini juga membuat rasa kenyang tak bertahan lama. Selain itu, lemak di dalam tubuh akan menumpuk dan akan mendongkrak berat badan Anda.

7. Permen karet

Hobi mengonsumsi permen karet demi membersihkan gigi dan menyegarkan nafas, ternyata hal ini justru menimbulkan penyakit bagi tubuh jika dikonsumsi diwaktu yang salah. Sebenarnya permen karet tidak baik bagi lambung. Mengunyah permen karet akan membuat lidah menghasilkan ludah dalam jumlah banyak. Ludah yang asam ini akan berpotensi menaikkan kadar asam dalam lambung, tidak heran jika Anda rentan terserang penyakit maag.

8. Cokelat

Cokelat memang enak. Selain manis, makanan ini juga bisa memberi energi pada tubuh. Tapi, ternyata cokelat bisa meningkatkan asam dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga tidak mudah untuk dicerna, sehingga akan membuat tubuh lebih cepat merasa lesu dan lemas.

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat berbuka puasa ataupun sahur. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kebugaran tubuh saat harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.