Sukses

Saat Jemaah Haji Diajak Senam Massal di Pondokan Makkah

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah itu penting. Namun, satu hal yang yang perlu juga diperhatikan adalah berolahraga.  Para jemaah haji diajak mengikuti senam massal untuk tetap membiasakan pola hidup sehat, Minggu (28/7/2019).

Lokasi senam dilakukan di pondokan jemaah yang terletak di kawasan Syisyah, Makkah yang digelar oleh Petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 22 BTH (Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Batahari Jambi) Syaharuddin.

"Ini bertujuan supaya otot-otot jemaah kembali normal, karena mereka telah melakukan banyak kegiatan beberapa hari ini, sehingga perlu memperbaiki otot-ototnya," katanya dilansir Antara.

Menurut dia, kegiatan olahraga ini bisa dilakukan dua kali seminggu secara massal. Senam peregangan ini juga bisa dilakukan di kamar-kamar jemaah haji secara mandiri.

"Kami juga ada program minum massal, dan setiap jam minimal 200 mililiter supaya terhindar dari dehidrasi," katanya.

TKHI pun selalu menyarankan jemaah agar menggunakan alat pelindung diri (APD) saat beraktivitas di luar ruangan.

"Tujuan menggunakan APD setiap melakukan kegiatan di luar, seperti masker untuk mencegah penyakit saluran pernapasan, kacamata untuk mengurangi sinar matahari, payung untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung, ini harus dilakukan jamaah kita jika ingin ke Masjidil Haram atau belanja," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sering Lupa Masker

Dia mencontohkan jemaah paling sering lupa memakai masker saat keluar pondokan padahal itu sangat penting.

"Yang sering dilupakan itu masker. Kita imbau kepada ketua rombongan dan regu supaya mengingatkan kepada jemaah. Mereka kalau turun kendaraan kami ingatkan untuk pakai masker," katanya.

Seorang calon haji asal Jambi Ainun Jariyah (79) yang turut serta bersenam massal merasa bersemangat.

"Rasanya setelah itu enak, segar, dan sehat. Saya selalu senam sebelumnya," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS