Sukses

10 Manfaat Minum Campuran Kayu Manis dan Jahe

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, kayu manis juga memiliki khasiat baik untuk kesehatan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Zaidul Akbar, dokter yang juga praktisi kesehatan Jurus Sehat Rasulullah, seringkali menganjurkan para followers-nya untuk mengkonsumi makanan yang tumbuh di bumi Allah. Salah satu resep yang sering dibagikannya adalah minuman herbal berbasis rimpang-rimpangan, di antaranya jahe, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan cengkih.

Berbagai resep dibagikan, dengan anjuran mencoba meminum berbagai jenis campuran rimpang yang berbeda-beda, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu yang menarik perhatian adalah campuran kayu manis, jahe, dan madu yang bisa membersihkan atau mendetoksifikasi rahim atau reproduksi.

Namun, campuran kayu manis dan madu sendiri pun sebenarnya punya manfaat khusus. Dr Zaidul sendiri mencampurnya dengan jahe sebagai immudelator.

Dilansir dari healthyfoodteam.com, ini manfaat dari meminum campuran kayu manis dan madu:

1. Membantu dalam pengobatan kanker

Madu memiliki khasiat dalam pengobatan kanker. Hal ini dibuktikan dengan penelitian bahwa kayu manis dan madu bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis kanker tertentu, khususnya kanker perut. Mengonsumsi satu sendok teh madu dan satu sendok teh kayu manis setiap hari selama 3 bulan akan sangat bermanfaat bagi pasien kanker perut.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Khasiat lainnya, kayu manis dan madu dapat membuat kekebalan tubuh Anda lebih baik. Konsumsi dari kayu manis dan madu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri atau virus.

3. Membantu menyembuhkan nyeri perut

Meminum campuran ini akan membantu menyingkirkan sakit perut dan menyembuhkan sakit maag.

4. Mengurangi kolesterol

Kayu manis bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Caranya, campurkan tiga sendok teh kayu manis dan dua sendok makan madu dalam cangkir teh. Dengan begitu, kolesterol akan berkurang secara signifikan dalam beberapa jam.

5. Obat batuk

Campuran madu dan kayu manis dapat melawan virus dan bakteri serta menenangkan tenggorokan.

6. Membantu penurunan berat badan

Minum segelas air kayu manis dan madu setiap hari sebelum sarapan akan membantu menurunkan berat badan.

7. Mengurangi kelelahan

Seduh satu sendok teh kayu manis dan madu secukupnya untuk mengurangi kelelahan secara signifikan. Dengan demikian, tubuh kita akan segar kembali.

8. Menyembuhkan pilek

Untuk menyembuhkan pilek, campur seperempat sendok teh kayu manis dan satu sendok makan madu. Minum selama tiga hari berturut-turut.

9. Menyembuhkan arthritis

Kayu manis juga bermanfaat menyembuhkan arthritis. Caranya, minum seduhan dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis.

10. Mengobati infeksi kandung kemih

Untuk mengobati infeksi kandung kemih, campur dua sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat untuk dikonsumsi setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.