Sukses

Kemenhub Sebut Sarana dan Prasarana Mudik Capai 80 Persen

Kementerian Perhubungan memastikan telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang arus mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan memastikan telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang arus mudik Lebaran. Persiapan guna menunjang 'ritual' mudik ini hampir rampung.

Persiapan melingkupi tersedianya 48 terminal bus utama, 35 bandara, 52 pelabuhan, tujuh lintasan penyeberangan, sembilan daerah operasi perkeretaapian di Jawa, dan tiga divisi regional perkeretaapian di Sumatera.

"Kami sudah mempersiapkan angkutan moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api. Sudah 80 persen itu seluruh moda transportasi. Dengan H-10 itu terus kami lakukan peningkatan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2017).

Untuk melancarkan lalu lintas mudik Lebaran, sambung Pudji, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan kepolisian dan TNI sejak Maret 2017. Sehingga semua pihak bisa saling bersinergi dalam mengawal musim mudik lebaran.

"Kami juga mengimbau kepada para pengemudi juga. Sebelum berangkat pengemudi operator dilakukan yang namanya pembinaan terhadap mereka supaya tidak terjadi kecelakaan saat melakukan tugas," ucap Pudji.

Selain itu, dia menambahkan pihaknya kembali membuka program mudik Lebaran gratis untuk meminimilisasi pengguna motor saat arus mudik. "Pada tahun ini kami juga mengadakan mudik gratis menggunakan kapal dari Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang," tambah Pudji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.