Sukses

Terjebak Macet Menjelang Buka Puasa? Manfaatkan Aplikasi Ini

Dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps, setidaknya Anda bisa mengakali rute pulang Anda agar bisa berbuka puasa tepat waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Terjebak kemacetan kala menjelang waktu berbuka puasa memang menjadi hal yang sangat menjengkelkan.

Bayangkan bila Anda ingin bertemu kerabat dan keluarga saat ingin menyantap makanan berbuka, tapi Anda sedang berada dalam situasi macet yang tidak diharapkan. Apa yang bisa dilakukan?

Nah, kali ini manfaatkan smartphone Anda dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Sebelum Anda pulang, pantau aktifitas lalu lintas dan simak titik mana yang sedang macet. Dengan begitu, Anda bisa menempuh jalur alternatif yang ditawarkan.

Google Maps menawarkan fitur di mana penggunanya dapat mengidentifikasi sumber kemacetan dengan lebih jelas via aplikasi. Dengan demikian, Anda bisa menghindari kemacetan secara real time untuk mencari jalan alternatif.

Ketika Anda tengah berkendara dan Google Maps mendeteksi kemacetan di hadapan, akan muncul notifikasi di bagian bawah layar ponsel sebagai informasi rute alternatif, ditambah penjelasan mengapa rute tersebut direkomendasikan. 

Fitur notifikasi kemacetan terbaru ini akan muncul secara otomatis setelah Anda masuk ke mode navigasi di ponsel Android maupun iOS.

google maps traffic
Untuk informasi kondisi lalu lintas, Google Maps akan menampilkannya saat data seluler tersedia. Warna mengindikasikan kecepatan lalu lintas di jalan yang dibandingkan dengan kondisi arus lancar.

Saat Anda berada di jalan tol, hijau menandakan kecepatan lalu lintas normal. Jika di jalur yang Anda lewati berwarna semakin merah, artinya kecepatan lalu lintas di jalan semakin melambat.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini