Sukses

Ombak di Selat Sunda Mencapai 3 Meter, Pemudik Tak Perlu Khawatir

Saat ini, Pelabuhan Merak masih diselimuti gerimis.

Liputan6.com, Cilegon - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi tinggi gelombang di Selat Sunda bagian selatan akan mencapai 2-3 meter. Sedangkan gelombang di Selat Sunda bagian utara akan berada antara 0,75-2 meter. Saat ini, Pelabuhan Merak masih diselimuti gerimis.

"Berbahaya ketinggian (gelombang) antara 3-5 meter. Untuk saat ini tidak dikatakan cuaca buruk juga. Karena hujannya sangat ringan," kata prakirawan (analisa cuaca) dari BMKG Serang Widia Chaerunnisa di Cilegon, Selasa (14/07/2015).

Namun para pemudik tak perlu khawatir, karena Selat Sunda bagian Selatan bukan merupakan jalur pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Kapal pemudik hanya melewati Selat Sunda bagian Utara.

"Tapi untuk perairan masih aman. Hujannya temporer, akan bertahan tapi tidak lebat. Untuk beberapa hari ke depan, sampai tiga hari akan ada (hujan)," jelas dia.

Berdasarkan data BMKG Serang, angin di perairan Selat Sunda bagian Utara berawan. Angin berhembus dari arah Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 4-12knot.

Sedangkan Selat Sunda bagian Selatan cuaca berawan. Angin berhembus dari arah Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 8-14 knot.

Perairan di wilayah Timur Lampung cuacanya berawan dengan arah angin dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 2-6 knot.

Sedangkan di Laut Jawa bagian barat, angin bertiup dari arah Timur menuju Tenggara dengan kecepatan antara 10-18 knot. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Mudik 2015

Video Terkini