Sukses

Polisi Fokuskan Pengamanan Jalur Mudik di Pasar Tumpah dan SPBU

Polri juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga keamanan pemudik, polisi akan menjaga jalur Pantai Utara (Pantura). Penjagaan akan difokuskan di titik-titik pasar tumpah dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang menyediakan tempat persinggahan bagi pemudik.

"Kalau titik-titik jalur Pantura masih dimungkinkan (pengamanan) di trouble spot, antara lain pasar-pasar yang berada di pinggir jalan. Di situlah petugas pengamanan Polri akan memagari trotoar supaya tidak banyak yang menyeberang dan jalan tidak dipakai berjualan," terang Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2015).

Menurut dia, Polri akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Dia berharap sinergitas tersebut mampu menciptakan kelancaran lalu lintas di jalur utama mudik.

"Bekerja sama juga dengan pemda supaya pemudik bisa merasa nyaman pulang ke kampung masing-masing," jelas mantan Kapolda Riau itu.

Dia mengatakan, rest area di SPBU juga harus mendapat penjagaan ketat. Pasalnya, mobilitas di rest area akan tinggi saat musim mudik.

"Kedua, pengamanan di SPBU yang berada di pinggir jalan. Karena pasti akan banyak orang mengisi BBM sekaligus dia mau istirahat. Kemudian (pengamanan) juga di restoran-restorannya," tandas Condro. (Bob/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.