Sukses

Survei LSN: Golkar-PDIP Teratas, Demokrat Terpuruk

Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis haril risetnya tentang elektablitas (tingkat keterpilihan) partai politik (parpol) pada Pemilu 2014. Hasilnya, Partai Golkar dan PDIP menempati posisi teratas.

Dari survei yang dilakukan pada 1-10 Mei 2013 di 33 provinsi, Golkar memperoleh 19,7%, diikuti PDIP yang mendapat 18,3%.

"Seandainya hari ini dilaksanakan pemilu, Partai Golkar dan PDIP bersaing ketat menjadi pemenang," ujar peneliti utama LSN, Gema Nusantara saat memaparkan hasil surveinya di Grand Menteng, Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Partai Gerindra dan Partai Hanura, lanjutnya, mengekor dengan memperoleh elektabilitas yang lumayan baik. Gerindra meraih 13,9% dan Hanura 6,9%.

Partai Demokrat, sebagai partai pemenang Pemilu 2009, dalam survei ini mengalami keterpurukan. Partai yang dipimpin Presiden SBY ini bertengger di posisi 5 dengan elektabilitas hanya 6,1%.

Urutan selanjutnya adalah PKB (4,8%), Partai Nasdem (4,6%), PPP (4,3%), PAN (3,8%), PKS (3,8%), PBB (1,4%), PKPI (0,5%), dan undecided voters sebesar 11,9%.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun. Jumlah sampel sebesar 1.230 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multirandom sampling). Margin of error +/-2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen perempuan. Hasil survei ini dilengkapi dengan riset kualitatif berupa analisis media dari sejumalah surat kabar nasional dan daerah. (Mut/Ism)