Sukses

Hatta Janjikan Manfaatkan Bonus Demografi dengan Kewirausahaan

Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa menjanjikan peningkatan usia produktif lewat bonus demografi.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa menjanjikan peningkatan usia produktif lewat bonus demografi. Bonus demografi adalah kondisi di mana komposisi usia tenaga kerja produktif mulai menyamai atau bahkan melebihi dari usia tenaga kerja nonproduktif.

"Bonus demografi harus kita manfaatkan karena hanya sekali dan tak akan terulang," kata Hatta menjawab pertanyaan dari cawapres lawan, Jusuf Kalla atau JK dalam debat cawapres di ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (29/6/2014).

Menurut Hatta, bonus demografi harus diisi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Dengan langkah itu, Hatta yakin, bersama capres-nya Prabowo Subianto, dia bisa meningkatkan usia produktif masyarakat Indonesia.

"Menurut perhitungan saya, dapat meningkatkan neto dari bonus demografi kira-kira 10 persen," ujar Hatta.

Ia melanjutkan, "Usia 0-15 tahun dan di atas 60 tahun yang tak produktif akan kita dekati dengan social protection."

Selain itu, mantan Menteri Perekonomian tersebut juga berjanji meningkatkan bonus demografi melalui program ketenagakerjaan dan kewirausahaan.

Debat Jilid IV antar-Cawapres akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Adu gagasan kali ini bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Debat kali ini akan dipandu oleh moderator Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Bidang Kerja Sama, Dwikorita Karnawati. Prabowo Subianto dan Jokowi turut mendampingi masing-masing cawapres-nya dalam debat jilid IV ini. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini