Sukses

Pakai Bambu Runcing, Jokowi Coblos Surat Suara Baju Kotak-kotak

Jokowi mengangkat sebuah bambu runcing berukuran cukup besar dan mencoblos surat suara bergambar dirinya dan Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Palembang - Dalam kampanye terbuka di bawah Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan, capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) melakukan simulasi pencoblosan. Di hadapan ratusan warga yang memadati panggung kampanye, Jokowi mengajak mereka untuk melihat simulasi tersebut dan mengingatkan untuk mencoblos baju kotak-kotak.

"Pak Jusuf Kalla pakai baju putih, saya pakai baju kotak-kotak. Coblos yang gambarnya ada kotak-kotak," ujarnya di lokasi tepatnya di Cyber Park Goverment of Palembang, Rabu (25/6/2014).

Jokowi pun lalu mengangkat sebuah bambu runcing berukuran cukup besar dan mencoblos surat suara bergambar dirinya dan Jusuf Kalla yang juga berukuran besar. Melihat itu, para simpatisan pun bertepuk tangan sambil menyerukan 'Salam 2 Jari'.

Di sampingnya, Ketua FPDIP DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga mengangkat jari dan membentuk huruf 'V'.

Kemudian, Megawati melanjutkan imbauan untuk mencoblos gambar pasangan capres dan cawapres yang salah satunya mengenakan kemeja bermotif kotak-kotak dengan angka 2 di atasnya. Untuk warga yang kemampuan baca tulisnya kurang, Mega mengatakan tak usah khawatir, karena hanya tinggal memilih gambar Jokowi berpakaian kemeja kotak-kotak.

"Kalau nggak bisa baca tulis, coblos gambar yang ada kotak-kotaknya. Hanya satu yang berbaju kotak-kotak. Pak Jokowi saja. Kalau pasangan di sebelahnya warnanya putih semua," jelas Mega.

Turut mendampingi kampanye Jokowi, hadir pula Wasekjen PDIP Hasto Kristianto, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Ketua DPP PKB Marwan Jafar, Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait, Ketua DPP PDIP Bidang hukum dan HAM Trimedia Panjaitan, Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga, dan Da'i Bachtiar. Kampanye ini kembali dihibur oleh artis ibukota Mpok Ati.

Sebelumnya, Puan mengingatkan warga Palembang untuk mencoblos nomor 2 dalam bahasa Palembang. "Jangan lupo salam duo jari. Inget jangan lupo nomor duo," seru Puan.

Usai itu, Jokowi pun melanjutkan orasi politik. Ia yang mengenakan kemeja kotak-kotak lalu mengajak para warga untuk mengangkat tangan sambil membentuk huruf 'V' dengan jari telunjuk dan tengah. "Angkat tangannya. Salam 2 jari," seru Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini