Sukses

Safari Politik ke Sulut, Jokowi Terkejut Lihat Potensi Manado

Ia menegaskan, rencana serupa tak hanya bisa diterapkan di Sulawesi Utara, tapi juga di daerah lain di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyambangi sejumlah daerah dalam beberapa pekan terakhir, hari ini calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo atau Jokowi menginjakkan kaki di Sulawesi Utara. Dua kota yang disambangi dalam safari politiknya kali ini adalah Kota Manado dan Tomohon.

Tiba di daerah yang terkenal dengan ikan cakalangnya itu, Jokowi mengaku terkejut melihat potensi pariwisata yang dimiliki Sulawesi Utara. Khususnya Kota Manado dan Tomohon.

"Saya terkejut, di luar yang saya kira. Kekuatan dan potensi di sini, pariwisatanya bisa diangkat," katanya usai mengunjungi Pasar Beriman Tomohon, Sabtu (10/5/2014).

Sektor pariwisata bisa menjadi andalan daerah tersebut karena didukung infrastruktur, tempat wisata, dan sumber daya alam yang sudah siap. "Tinggal mencari cara efektif untuk membuat positioning dan diferensiasi agar brand kota Manado dan Sulut secara keseluruhan dapat dipromosikan dan dikenal luas," ujarnya. "Saya kira arahnya harus ke sana."

Ia menegaskan, rencana serupa tak hanya bisa diterapkan di Sulawesi Utara, tapi juga di daerah lain di seluruh Indonesia. Karena masing-masing daerah punya potensi sendiri. "Semua sudah final, kebhinekaan, kemajemukan sudah final. Saya kira tak perlu lagi dirembuk, dibicarakan. Tinggal dipupuk," ucapnya.

Jokowi bertolak ke Manado Jumat 9 Mei petang kemarin pukul 18.10 WIB. Tak hanya memenuhi undangan dari Universitas Negeri Manado, kedatangannya ke kota itu juga untuk bertemu relawan pendukungnya.

Setelah ke Manado, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Makassar, Sulawesi Selatan. "Ke Makassar hari Sabtu dan Minggu," ujarnya singkat sesaat sebelum memasuki pesawat. Sebelumnya Jokowi sudah mengunjungi Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini