Sukses

Tinggal 1 Hari Lagi, KPU Baru Sahkan Suara di 11 Provinsi

Masih ada beberapa wilayah Indonesia bagian barat yang belum rampung dan belum melaporkan hasil rekapitulasi ke KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu Legislatif 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum rampung. Sebagian besar daerah yang belum direkap merupakan wilayah di Indonesia bagian timur.

Padahal tinggal 1 hari lagi rekapitulasi suara ini seharusnya dijadwalkan rampung. "Yang belum seperti Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantornya, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Namun, Kurnia mengaku, masih ada beberapa wilayah Indonesia bagian barat yang belum rampung dan belum melaporkan hasil rekapitulasi ke KPU. Padahal proses perhitungan suara telah dilakukan dimulai dari wilayah Indonesia barat.

"Riau yang belum dan Sumatera Utara. Serta Jawa Timur itu yang memang belum. Karena kita tahu, Sumatera Utara ada kasus di Nias," tuturnya.

"Jawa Timur ada kasus Pasuruan. Jadi Sumatera Utara, Jawa Timur, Riau, dan Indonesia bagian timur (yang belum ditetapkan dan rekapitulasi)."

Rekapitulasi tingkat nasional sendiri sudah dilakukan pada 23 provinsi untuk kursi DPR dan DPD. KPU sudah menetapkan hasil pileg di 11 provinsi, yakni Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sumatera Barat, Bali, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Aceh dan Banten.

12 provinsi masih ditunda, yang beberapa di antaranya lantaran terdapat beberapa data yang belum lengkap. Yakni di Riau, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Tengah (tinggal dapil X). Kemudian Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung (dapil I), Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

KPU telah memulai rekapitulasi hasil pileg sejak 26 April 2014 lalu. Rekap ini sendiri dijadwalkan rampung pada Selasa 6 Mei 2014. Kemudian pada 9 Mei 2014, KPU akan mengumumkan secara resmi hasil Pemilu Legislatif 2014. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.