Sukses

Tak Masuk 3 Besar, Hayono Demokrat: Konvensi Capres Jalan Terus

Partai Demokrat harus merelakan lebih dari separuh suaranya pada Pemilu 2009 hilang pada Pemilu 2014. Berikut penjelasannya:

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat harus merelakan  lebih dari separuh suaranya pada Pemilu 2009 hilang pada Pemilu 2014. Hasil quick count berbagai lembaga survei menyebut partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya menempati posisi ke-4. Dengan perolehan suara sekitar 9,7%.

Meski begitu, Partai Demokrat tetap akan melanjutkan program Konvesi Capres Partai Demokrat. Partai bernuansa biru itu tetap akan mengajukan capres sendiri melalui hasil konvensi.

"Konvensi tidak ada masalah. Tetap konvesi berjalan terus karena hari ini mulai disurvei. Hasilnya awal Mei akan diumumkan majelis tinggi partai," kata anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Salah satu peserta konvensi ini optimis hasil real count KPU menunjukkan Partai Demokrat dapat meraih suara 10%. Dengan hasil suara itu, bukan tidak mungkin Demokrat mengajukan capres sendiri.

"Nanti katakanlah Partai Demokrat posisi ke-4. Saya pikir masih sangat memungkinkan mengajukan capres sendiri, tentu dengan koalisi. Semua masih terbuka, walaupun Partai Demokrat bukan partai pemenang. Tentu harus optimis," lanjutnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menjelaskan, partainya juga masih membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung. Tak peduli latar belakang partai itu.

"Pada 2004 lalu, Partai Demokrat berkoalisi dengan PKP dan PBB. Jadi dalam koalisi tidak harus terkait dengan ideologi tertentu. Menurut saya sangat terbuka dengan partai mana pun, apa pun ideologinya," tandas Hayono.

(Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini