Sukses

Serukan Warga Jadi Pengawas Surat Suara, Jokowi: Merdeka!

Capres PDIP Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi, menjaga dan mengawasi surat suara.

Liputan6.com, Jakarta - Capres PDI Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi, dalam menjaga dan mengawasi surat suara pasca pencoblosan. Hal itu, kata dia, tak lain sebagai bentuk perjuangan masyarakat untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil (jurdil). Sekaligus sebagai bentuk kemerdekaan yang sesungguhnya.

"Saya ingin menyampaikan seruan 'Merdeka!' kepada rakyat. Nyalakan kembali bentuk perjuangan dan menyatukan diri lengan-lengan perjuangan untuk menyukseskan perjuangan PDIP," ujar Jokowi di kediaman Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Apa yang diutarakan mantan Walikota Solo itu, memang setali tiga uang dengan seruan sang Ketua Umum PDIP Megawati. Dia mengajak masyarakat untuk bisa turun ke jalan dan memantau langsung ke lapangan. Untuk menuntaskan kemenangan, dengan menjaga surat suara partai.

"Melakukan pemantauan turun ke lapangan demi menuntaskan kemenangan kita. Mari kita jaga bersama," ujar Jokowi.

Sementara itu di lokasi yang sama, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengajak wartawan untuk bersama-sama melihat hasil perhitungan cepat (quick count) di markas Lenteng Agung.

Menurut Puan, PDIP telah menyiapkan penghitungan cepat secara internal, yang menurut dia, tingkat keakuratannya tidak akan berbeda jauh dengan lembaga quick count yang lainnya.

"Setelah TPS ditutup pada pukul 13.00, PDIP sudah siapkan quick count di DPP. Di mana nanti hasilnya semoga tidak meleset jauh atau berbeda dengan lembaga survei yang melakukan quick qount. Ini sebagai salah satu cara dari kami untuk mengawal surat suara," ujar Puan.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jokowi Minta Kader PDIP Sukseskan Kemenangan Pileg 2014

Exit Poll: PDIP Menang, Golkar dan Gerindra Menguntit

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.