Sukses

Survei: 29% Pemilih Tak Tahu Jokowi Jadi Capres

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut, 29 persen responden tidak tahu mantan Walikota Solo tersebut menjadi bakal capres.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden. Meski demikian, banyak warga yang belum mengetahui Gubernur DKI Jakarta itu telah diusung menjadi capres.

Hasil survei "Efek Kampanye Versus Efek Jokowi, Elektabilitas Partai Jelang Pemilu" yang dirilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebut, 29 persen responden tidak tahu mantan Walikota Solo tersebut menjadi bakal capres. Meski jumlah itu lebih kecil dari responden, yang mengetahui dan mendengar Jokowi menjadi capres, yaitu sebesar 48 persen.

"Jadi masih ada hampir sepertiga pemilih tidak tahu kalau Jokowi dicapreskan," kata Direktur Indokator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, ketika memberikan pemaparan survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Burhanuddin menambahkan, responden yang mengetahui Jokowi menjadi capres paling banyak terdapat di DKI Jakarta. Sementara di daerah lain seperti di luar Jakarta seperti di Jawa Timur, responden belum mengetahui Jokowi dicapreskan PDIP.

"Sosialisasi Jokowi sebagai capres sangat menentukan. Karena banyak pemilih yang belum tahu Jokowi dicapreskan sehingga akan mempengaruhi elektabilitas Jokowi," tambah Burhanuddin.

Survei ini dilakukan sebanyak 2 kali, sebelum musim kampanye terbuka pada 28 Februari-10 Maret 2014 dan sesudah musim kampanye terbuka pada 18-24 Maret 2014). Jumlah sampel survei sebanyak 1.220 yang tersebar di berbagai wilayah, dan telah memiliki hak memilih dalam pemilu.

Metodologi survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Quality control pada hasil survei dilakukan secara random pada 20 persen responden.

Indikator politik melakukan survei ini bekerja sama dengan salah satu media nasional, yang menjadi penyokong dananya. Jumlah dana yang digelontorkan untuk survei ini tidak disebutkan.

(Shinta Sinaga)

Baca Juga:

Survei: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Lebihi Partainya

Survei: Isu Capres Boneka Tak Berhasil Jatuhkan Jokowi

Survei: Kaum Profesional Jakarta Mengapresiasi Pencapresan Jokowi

Survei: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Lebihi Partainya - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=survei#sthash.sFGjM7ye.dpuf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.