Sukses

Pengamat: Jokowi Tak Bisa Lepas Dari Bayang-bayang Megawati

Lagi-lagi penilaian bila Jokowi jadi presiden, akan lepas dari pengaruh Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengemuka.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi penilaian bila Jokowi jadi presiden, akan lepas dari pengaruh Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengemuka. Itu juga yang menjadi penilaian pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing.

Menurut Emrus, tak ada jaminan bila Jokowi bisa terlepas dari pengaruh Mega. Sebab beliau dibesarkan dari kultur budaya Jawa dan menjunjung tinggi ewuh pakewuh (sungkan).

"Aspek budaya akan memperilaku manusia, termasuk perilaku pengambilan keputusan bila Jokowi jadi presiden. Jokowi dibesarkan oleh budaya-budaya Jawa dan sungkan terhadap sesuatu, terlebih Megawati," kata Emrus di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 3 April 2014.

"Tak ada jaminan bila Jokowi jadi capres saat mengambil kebijakan bisa lepas dari bayang-bayang Megawati. Terlebih, Jokowi sering bilang dan mengulang-ulang kata-kata 'terserah ibu, terserah ketua umum'," tambah Emrus.

"Sangat besar kemungkinan Jokowi tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh Megawati. Andaikan Mega tak memberikan mandat, Jokowi tak menjadi capres," jelas Emrus.

Baca Juga:

Bela Megawati Soal Aset Negara, Jokowi Dapat Salam dari Prabowo

Jokowi: Terima Kasih, Pak SBY...

Prabowo Vs Jokowi Bakal Seperti SBY Vs Mega?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.