Sukses

Operasi Telinga 'Elf' Agar Mirip Peri Lagi Ngetren, Diklaim Wajah Terlihat Lebih Tirus

Tren telinga 'peri' disebut memberi efek wajah lebih tirus.

Liputan6.com, Jakarta Setiap budaya di berbagai negara memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan, tak sedikit pula standar kecantikan seseorang akan berbeda antara satu negara dan negara lainnya.

Memiliki telinga yang lebih menonjol dibandingkan orang lain sering kali dianggap sebagai kekurangan fisik. Namun, hal berbeda justru terjadi di Tiongkok. Pasalnya, kini masyarakat Tiongkok tengah mengikuti sebuah tren yang tak biasa, yakni memiliki telinga 'elf' atau peri.

Tren ini sendiri bermula pada 2021 lalu saat seorang influencer Tiongkok mengunggh foto sebelum dan sesudah menjalani operasi telinga di Weibo. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Sabtu (4/5/2024), influencer bernama Chen Jianan tersebut membuat telinganya menjadi lebih terlihat jika difoto dari arah depan.

Bahkan, dirinya juga mengungkapkan perubahan kecil pada bagian telinganya mampu mengubah wajahnya menjadi lebih kecil. Hal ini pun membuat banyak netizen Tiongkok rela menjalani operasi plastik demi mendapatkan telinga peri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalani operasi plastik hingga memakai selotip khusus

Meski tampak unik, nyatanya telinga 'elf' ini tengah digemari oleh masyarakat. Bahkan, berbagai cara bisa dilakukan demi mendapatkan telinga peri ini. Salah satu cara yang paling tidak invasif adalah dengan menyuntikkan asam hialuronat di belakang cuping telinga untuk membuatnya menempel ke samping. Akan tetapi cara ini hanya bersifat sementara dan telinga akan kembali ke bentuk aslinya.

Metode yang dilakukan untuk mendapatkan hasil permanen ialah dengan melakukan bedah plastik. Dokter bedah plastik akan memasukkan sepotong tulang rawan di belakang telinga demi mendapatkan telinga peri. Tentu saja untuk mendapatkan hal tersebut kamu harus merogoh kocek cukup dalam.

Akan tetapi, bagi seseorang yang tak memiliki ekonomi berlebih ada pula produk kosmetik yang bisa dilakukan. Yaitu dengan menggunakan selotip khusus dan mendorong telinga ke arah luar.

3 dari 3 halaman

Berbagai prosedur kecantikan

Memiliki telinga bak peri tentu cukup aneh bagi sebagian orang. Namun, memiliki telinga menonjol bak peri bukanlah satu-satunya jenis prosedur kecantikan yang paling aneh di Tiongkok. Ada pula istilah calfblocking’ dimana para perempuan muda yang memiliki saraf 'kurang penting' pada bagian kaki akan dipotong melalui prosedur pembedahan. Hal ini agar otot betis mengalami atrofi permanen sehingga kaki bagian bawah terlihat lebih langsing dan lurus.

Tentu saja, prosedur kecantikan ini langsung menjadi sorotan netizen di media sosial. Akan tetapi tak sedikit pula yang mengaku penasaran mengenai telinga peri tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.