Sukses

Pemakaman di Klaten Dicat Warna-Warni Agar Tak Seram, Ini Potretnya

Pengecatan makam dilakukan dalam rangka sadranan menyambut ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Segera memasuki bulan Ramadan, masyarakat mulai melakukan berbagai persiapan. Tak hanya memperbaiki masjid atau mushola saja, namun ada pula yang menyambut Ramadhan dengan berbagai tradisi unik lain.

Salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh masyarakat Klaten ialah Sadranan. Tradisi sadranan merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun-temurun. Sadranan atau nyadran kerap dilakukan pada Bulan Ruwah dalam penanggalan Jawa. Tradisi nyadran juga sebagai bentuk syukur dalam menyambut bulan Ramadhan.

Salah satu yang dilakukan dalam tradisi sadranan oleh masyrakat di Klaten, Jawa Tengah ialah dengan pengecatan pemakaman. Dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @aloysiusjarot, Rabu (6/3/2024) memperlihatkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang telah dicat warna-warni.

Tentu saja pengecatan pemakaman ini tak lepas dari sorotan netizen. Bahkan, video yang memperlihatkan makam warna-warni ini menjadi viral di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengecetan makam sambut tradisi nyadran

Pengecatan makam denagn berbagai warna ini diketahui dilakukan oleh warga Dukuh Jetis, Desa Bakungan, Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah. Hal ini dilakukan setiap Bulan Ruwah untuk menyambut tradisi Sadranan.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @aloysiusjarot, memperlihatkan kompleks pemakaman yang dicat warna-warni. Pada video tersebut tampak pula puluhan makam yang dicat dengan warna kuning, biru, hijau, merah dan lainnya bak pelangi. Tak hanya itu saja, pengecatan makam juga dilakukan untuk membuat TPU tidak memiliki kesan yang menyeramkan.

"Pengecatan warna warni pada batu nisan makam itu untuk menghilangkan kesan seram," tulis keterangan dalam video.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Video yang memperlihatkan makam dengan cat warna-warni ini langsung menarik perhatian netizen. Bahkan, video tersebut telah ramai oleh komentar netizen. Terlebih, banyak pula netizen yang justru ikut berkomentar memesan warna untuk pemakaman kelak.

"yg seram bukan makamnya tapi isinya kalau keluar" tulis akun @alpukat.

"tanpa disadari, banyak yang ngomen, dan berpesan untuk permintaan rumah terakhir nya yang ingin dihiasi dengan warna favorit " ujar akun @bunga.luthfia.

"ini konsepnya kuburan paud ya bund," tulis @gkadana_782.

"makamnya warna warni untung ga jadi tempat wisataaaa," tulis akun @ikvanaaaa.

@aloysiusjarot

pengecatan warna warni pada batu nisan makam itu untuk menghilangkan kesan seram. #makam #warnawarni #cat #unik #viral #klaten #wisataklaten #wisatajogja #videoviral #video #videotiktok #news #horor #fyp #fypシ #desawisata #wisatadesa #wisatasolo #jogja #batu #nisan #jalanjalan

♬ suara asli - aloysiusjarot - Aloysius Jarot Nugroho

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.