Sukses

Jumlah Pemain dalam Permainan Softball Satu Regunya Adalah Sembilan Orang

Permainan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya adalah salah satu pertanyaan yang kerap kali muncul pada latihan soal Penjaskes. Permainan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim.

Secara umum, permainan softball adalah olahraga bola beregu yang dimainkan dengan menggunakan bola softball kemudian dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Dalam permainan olahraga ini, terdapat jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya yang perlu diketahui. Jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya adalah sembilan orang. Pemain-pemain ini dibagi menjadi beberapa posisi, mulai dari pitcher, catcher, infielders, dan outfielders.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Softball

Softball adalah permainan beregu yang pertama kali lahir di Amerika Serikat. Permainan ini pertama kali diciptakan oleh George Hancock yang berasal dari kota chicago pada tahun 1887. Permainan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Softball merupakan pengembangan dari olahraga bisbol (baseball) atau hardball. Secara umum, permainan softball adalah olahraga bola beregu yang dimainkan dengan menggunakan bola softball kemudian dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diterbitkan oleh Yudhistira Ghalia Indonesia, menjelaskan bahwa softball disebut juga dengan indoor baseball, termasuk permainan yang dapat dikelompokkan ke dalam permainan bola pukul.

Permainan softball mirip dengan permainan baseball. Di Indonesia, permainan softball mirip dengan permainan bola kasti. Cara memainkan softball adalah dengan memukul bola menggunakan alat pemukul atau stick yang dilemparkan oleh pitcher.

3 dari 5 halaman

Jumlah Pemain dalam Permainan Softball Satu Regunya Adalah

Jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya adalah sembilan pemain. Lamanya bermain adalah 7 inning yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu bertahan sebanyak 7 kali. Berikut ini tugas dari masing-masing jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya adalah sembilan pemain:

  1. First Baseman (penjaga base pertama)
  2. Second Baseman (penjaga base kedua)
  3. Third Baseman (penjaga base ketiga)
  4. Short stop (menjaga bola pendek posisi di antara base kedua dan ketiga)
  5. Pitcher (pelempar bola)
  6. Catcher (menangkap bola yang posisinya di belakang pemukul)
  7. Batter (pemukul bola)
  8. Left/Right Fielder (menjaga pukulan bola di daerahnya)
  9. Center Fielder (menjaga wilayah tengah lapangan dan mengarahkan ke tempat left/right fielder)

Terjadinya pergantian antara regu penyerang dengan regu bertahan apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak tiga pemain. Sedangkan cara memperoleh nilai adalah apabila pemukul atau batter, baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan temannya berhasil kembali ke homeplate dengan selamat, maka pemain tersebut memperoleh nilai satu.

Permulaan permainan dimulai dengan lemparan pitcher atau pelambung dengan melempar bola dengan putaran kepada pemukul atau batter dengan menggunakan pemukul atau bat. Dua regu tersebut satu menjadi regu berjaga atau defense dan yang lain menjadi regu memukul atau offense. Tiap regu berlomba mengumpulkan angka dengan cara memutari tiga base atau tempat hinggap, pelari harus menyentuh masing-masing base sampai kembali ke homeplate.

4 dari 5 halaman

Jenis Permainan Olahgraga Softball

Berikut ini terdapat beberapa jenis permainan olahraga softball adalah:

1. Fast Pitch Softball

Fast pitch softball yaitu permianan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan baseball. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

2. Modified Pitch Softball

Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di softball seperti strike zone, jarak antara markah, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.

3. Slow Pitch Softball

Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

5 dari 5 halaman

Peraturan Dasar Permainan Softball

Dikutip dari buku Softball dan Baseball: Teori dan Praktik oleh Anggi Setia Lengkana, menjelaskan bahwa ada beberapa peraturan dasar dari permainan softball adalah sebagai berikut ini:

  1. Jumlah pemain dalam permainan softball satu regunya adalah sembilan pemain.
  2. Regu yang mendapat giliran memukul pertama atau terakhir dalam suatu inning, ditentukan dengan undian memakai koin atau cara yang telah disetujui oleh regu yang bertanding.
  3. Permainan dianggap sah jika terjadi dari tujuh inning.
  4. Inning adalah bagian dari permaianan di mana satu regu mengalami menjadi regu pemukul dan regu bertahan. Dan terjadi tiga out untuk masing-masing regu.
  5. Baik dengan pemukul sendiri atau tidak seorang pelari yang dapat masuk ke ruang bebas dengan selamat mendapat nilai 1.
  6. Lapangan softball terdiri dari home plate, tiga bases (pertama, kedua, ketiga), dan outfield. Sedangkan, jarak antara bases umumnya adalah 60 kaki (18,44 meter).
  7. Pemain dapat keluar (out) karena beberapa alasan, seperti ketika bola ditangkap sebelum menyentuh tanah, ketika pemain tidak dapat mencapai bases dengan aman, atau ketika pemain mendapat tiga lemparan (strikes).
  8. Bola dianggap mati ketika pemain di lapangan membuat kesalahan atau pemain batter mendapat empat lemparan bola yang dianggap buruk.
  9. Bola dianggap hidup apabila pemain  batter berhasil memukul bola dan berlari ke bases.
  10. Diperbolehkan adanya pergantian pemain (substitusi) selama permainan berlangsung.
  11. Bola yang dianggap fair, yaitu berada di dalam garis batas lapangan, dianggap masih dalam permainan. Bola yang dianggap foul, yaitu melewati garis batas, biasanya dianggap tidak dalam permainan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.