Sukses

Jumlah Pemain Rounders Masing-Masing Regu adalah 9 Orang, Kenali Cara Bermainnya

Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang yang berada di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah suatu hal yang perlu dipahami sebelum memainkannya. Kebanyakan orang Indonesia mungkin masih asing dengan permainan bola kecil yang mirip dengan kasti, baseball, atau softball ini.

Rounders adalah salah satu jenis permainan memukul bola yang dimainkan oleh dua tim. Rounders merupakan permainan tim yang melibatkan kegiatan memukul bola kecil, keras, dan berselubung kulit menggunakan tongkat kayu, plastik, atau logam yang ujungnya bulat. Para pemain mencetak angka dengan berlari di sekitar empat marka (base) di lapangan.

Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang yang berada di lapangan. Tersedia juga tim cadangan yang nantinya dapat menggantikan pemain yang ada di dalam lapangan. Setiap orang memiliki tugas masing-masing dalam permainan rounders.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/4/2023) tentang jumlah pemain rounders masing-masing regu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Pemain Rounders Masing-Masing Regu adalah 9 Orang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang. 9 orang ini yang akan berada di dalam lapangan untuk mengikuti permainan melawan 9 orang tim lawan. Setiap orang memiliki tugas masing-masing dalam permainan rounders.

Tersedia juga tim cadangan yang nantinya dapat menggantikan pemain yang ada di dalam lapangan. Biasanya, jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 15 maksimal, jika ditambah dengan pemain cadangan. Selain itu, jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah sekurang-kurangnya 6 pemain.

Rounders adalah salah satu jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri dari 9 (sembilan) orang pemain. Salah satu tim menjadi tim pemukul dan tim lainnya menjadi tim penjaga. Tujuan permainan rounders adalah untuk mendapatkan poin dan memenangkan pertandingan.

Rounders berasal dari Inggris, dan telah dimainkan sejak zaman Tudor (sekitar abad ke-16). Olahraga ini tercatat dalam buku anak-anak A Little Pretty Pocket-Book pada tahun 1744 dengan sebutan Base-Ball. Nama baseball (bisbol) kemudian digantikan oleh rounders di Inggris, sementara penyesuaian lain olahraga ini yang dimainkan di tempat lain tetap menggunakan nama bisbol.

Permainan ini populer di kalangan anak-anak sekolah Inggris dan Irlandia, terutama di kalangan anak perempuan. Pada tahun 2015 rounders tercatat dimainkan oleh tujuh juta anak di Inggris. Di Indonesia, permainan ini terkadang dimainkan di kalangan anak-anak Sekolah Dasar.

3 dari 4 halaman

Teknik Dasar Permainan Rounders

Setelah memahami jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang, kamu juga perlu mengenali teknik dasarnya. Adapun teknik-teknik dasar yang bisa dilakukan pada saat permainan rounders dibagi menjadi 3, yaitu melempar bola, memukul bola, dan menangkap bola.

1. Melempar Bola

Sebelum melempar bola, kamu harus memahami cara memegang bola dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar bola tidak jatuh dari telapak tangan saat kamu sudah menyiapkan lemparan. Adapun teknik melempar bola dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu melempar bola dari atas ke bawah dengan mengayunkan bola tersebut, melempar menggunakan pergelangan tangan dengan hanya satu pukulan, dan melempar bola dari samping ke bawah.

2. Memukul Bola

Adapun tiga elemen gerakan saat memukul bola, yaitu mengayunkan tongkat, memegang tongkat, dan melanjutkan gerakan. Dalam sebuah teknik memukul bola sendiri, kamu bisa mengenali adanya tiga teknik, yaitu memukul bola secara horizontal, melambung, dan memukul bola di lantai.

3. Menangkap Bola

Teknik untuk menangkap bola dalam jenis permainan rounders yaitu dapat diikuti dari arah di mana tim penyerang sedang memukul bola. Teknik menangkap bola adalah membiarkan bola tersebut berguling di lantai, menangkap bola ke arah yang lurus, menangkap bola melambung, menangkap bola bawah, menangkap bola mendatar, dan menangkap bola dengan cara memantul.

Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang, dan setiap orang tersebut bisa memilih perannya, sebagai pelempar, pemukul, atau penangkap bola.

4 dari 4 halaman

Cara Bermain Rounders

Cara bermain rounders tidak begitu sulit. Pertama-tama, bola dilemparkan oleh pelempar atau pelambung bola. Pihak pemukul akan memukul bola menggunakan tongkat pemukul atau stick. Cara pelambung melemparkan bola adalah menggunakan lemparan dari bawah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pergantian antara regu penyerang dan regu penjaga (bertahan) terjadi apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain.

Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang. Lamanya permainan rounders adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapatkan giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu penjaga juga sebanyak 7 kali.

Cara memperoleh nilai dalam permainan rounders adalah apabila pemukul, baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan temannya berhasil kembali ke home plate dengan selamat. Pemain tersebut memperoleh nilai 1 (satu). Jumlah pemain rounders masing-masing regu adalah 9 orang, dan semuanya memiliki peran masing-masing yang sangat penting. Ditambahlagi dengan adanya pemain cadangan yang dapat membantu kapan saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.