Sukses

5 Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu untuk Praktik di Sekolah

Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu berisi tentang kisah-kisah Rasulullah SAW yang menginspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu bisa menjadi referensi saat kamu bertugas melakukannya. Biasanya, saat sekolah mungkin saja kamu ditunjuk untuk berpidato di kelas ataupun di depan seluruh murid dan guru di lapangan.

Maulid Nabi atau peringatan hari kelahiran nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah. Memperingat Maulid Nabi Muhammad SAW adalah bentuk cinta dan penghormatan umat Islam kepada Rasulullah SAW.

Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu berisi tentang kisah-kisah Rasulullah SAW yang menginspirasi. Selain itu, pidato Maulid Nabi Muhammad SAW tentunya juga memberikan pembelajaran bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Dream dan berbagai sumber lainnya, Jumat (10/11/2023) tentang pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu

Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu tentunya berkaitan dengan perayaan salah satu hari penting bagi umat Islam ini. Berikut pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu:

 

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, assholatu wassalamu ‘ala ashrafil anbiya’i wal mursalin, wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluh. Amma ba’du.

Sebagai hamba yang beriman, marilah kita panjatkan puja dan syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita iman lahir dan batin, kesehatan dan kekuatan, sehingga kita masih bisa bertatap muka.

Sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan kita tidak akan menjadi umat yang bakhil akan sholawatnya.

Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang budiman, peringatan Maulid Nabi bukanlah hal yang baru. Bahkan Maulid Nabi sudah menyebar dan meluas di seluruh dunia dan Tanah Air. Hendaknya bukan hanya kegiatan yang bersifat lahiriah saja, tetapi lebih dari itu. Dalam peringatan ini hendaknya kita memahami secara mendalam dan meresapi arti dan makna lahirnya seorang Nabi yang membawa petunjuk dari Allah Yang Maha Agung.

Perlu diketahui, di antara orang-orang yang bertakwa adalah orang yang menghormati hari lahirnya Rasulullah SAW. Jika kita mengaku sebagai hamba yang beriman, dan hamba yang amat cinta kepada beliau SAW, maka hendaknya kita mengadakan peringatan-peringatan yang mengandung makna dan arti dari kehidupan beliau.

Tetapi jangan berlebihan! Karena Allah SWT tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mengagungkan hari kelahiranku, niscaya aku akan memberinya manfaat kepadanya di hari akhirat kelak. Dan barangsiapa mendermakan satu dirham dalam memperingati hari kelahiranku, maka seakan-akan dia mendermakan satu gunung emas di jalan Allah SWT.”

Hadis di atas memberi pengertian bahwa betapa pentingnya kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. dengan memperingati hari yang mulia ini, mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya dan perlindungan di hari akhir nanti.

Saudara seiman dan seperjuangan!

Oleh sebab itulah setiap tanggal 12 Rabiul Awal seluruh umat Islam di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW. Dengan harapan akan mendapatkan syafaat dan manfaatnya di hari akhirat nanti.

Hadirin yang dimuliakan Allah!

Mengapa peringatan Maulid Nabi ini diselenggarakan setiap tahunnya? Tentu ada tujuan yang memang dianggap bermanfaat, di antaranya sebagai berikut:

Yang pertama, menambah rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW.

Yang kedua, menyadarkan kita untuk meneladani sikap dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari.

Yang ketiga, sebagai sarana untuk mendakwahkan Islam.

Oleh sebab itu, saya mengajak saudara-saudaraku semua untuk memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW setiap momennya. Dan janganlah kita hanya memperingatinya saja tanpa menjadikan contoh dan uswatun hasanah.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Kepada Allah saya mohon ampun.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

3 dari 6 halaman

2. Pidato Maulid Nabi SAW Singkat

Berikut pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu:

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in amma ba’du.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan taufik, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dalam keadaan sehat walafiat. Selawat dan salam mari kita panjat kepada Nabi Muhammad saw. semoga beliau senantiasa ditempatkan oleh Allah di sisi-Nya sebagai umat yang memperoleh derajat paling tinggi di akhirat. Amin.

Bicara tentang peringatan Maulid Nabi yang sedang kita rayakan hari ini, tentu tidak terlepas dari perintah Allah Swt. kepada setiap hamba-Nya untuk senantiasa memuliakan dan mencintai Nabi Muhammad saw. Hal ini telah dalam Surat Al A’raf ayat 157 yang artinya:

"(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka.

Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), mereka itulah orang-orang beruntung."

Oleh karena itulah, kita harus senantiasa mengingat Nabi Muhammad saw. dan melaksanakan segala anjuran yang beliau perintahkan kepada kita sebagai umat muslim. Dengan begitu, Insyaallah kita akan menjadi umat terpilih yang berada dengan beliau di surga nanti. Aamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 6 halaman

3. Pidato Maulid Nabi SAW Tentang Meneladani Rasulullah

Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu berikutnya berkaitan dengan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari. Setiap muslim tentunya perlu benar-benar menghayati pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu ini. Berikut pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu:

 

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Hamdan wa syukran lillah, sholatan wasalaman 'ala rasulillah. La haula wala quwwata illa billah. Amma ba'du.

Pertama dan yang paling utama, mari kita panjatkan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, atas rahmat dan hidayah serta nikmat yang tak terkira kepada kita semua. Alhamdulillah.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada seorang tokoh, the best and the first man, pemimpin tak bergaji, direktur tak berdasi, guru tanpa sertifikasi. Beliau adalah kekasih Allah, berpangkat Rasulullah, bertitel habibullah, putranya Abdullah dan Aminah. Tak lain dan tak bukan ialah Nabi Besar Muhammad Shallallahu alaihi wasalam.

Dalam kesempatan kali ini, izinkanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang Maulid Nabi yaitu menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh dalam kehidupann kita sehari-hari.

Bulan ini merupakan bulan Rabiul Awwal. Istimewanya dari bulan ini ialah karena adanya hari kelahiran Nabi akhiru zaman, Muhammad SAW tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awwal atau 20 April 571 Masehi. Kelahiran putra Abdullah ini menjadi tonggak sejarah kebangkitan Islam di dunia. Sejak masih muda ia sudah menampakkan kepribadian yang luhur.

Hadirin sekalian, Nabi Muhammad SAW merupakan uswatun hasanah, yaitu suri tauladan yang baik bagi manusia. Allah berfirman dalam Surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya:

“Sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu orang yang mengharapkan rahmat Allah dan hari kiamat, banyak menyebut nama Allah.”

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah merupakan teladan yang baik. Beliau merupakan satu-satunya yang patut dijadikan contoh seluruh umat akhir zaman. Seluruh perbuatan, perkataan dan ketetapan selalu benar dan dibenarkan oleh Allah SWT.

Hadirin yang dirahmati Allah, Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah memiliki sifat-sifat yang patut diteladani yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Dalam Al-Quran Allah berfirman melalui surat Al-Qalam ayat 4 yang artinya:

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

Dari ayat tersebut, ternyata pujian akhlak Nabi SAW bukan hanya dari manusia, melainkan juga dari Allah. Selain itu, sisi kehidupan Rasulullah dipotret dari segala sisi, bagaimana Rasulullah tidur, makan, berhubungan dengan sesama makhluk, bagaimana cara beliau menyelesaikan masalah, hingga persoalan tentang mandi dan buang air. Kita bisa mempelajari hal-hal tersebut melalui hadis-hadis beliau.

Demikian pidato singkat tentang Maulid Nabi yang dapat saya sampaikan. Kesimpulannya Nabi Muhammad SAW meurpakan uswatun hasanah, yaitu merupakan suri tauladan yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah adalah orang yang baik secara fisik dan akhlaknya.

Semoga kita termasuk umat Nabi Muhammad SAW yang selalu berusaha mempelajari dan menjalankan sunnahnya. Semoga kita tidak tergolong umat yang ingkar. Dan kita mendapat hidayah Allah SWT dan syafaat Rasulullah SAW.

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

5 dari 6 halaman

4. Pidato Maulid Nabi SAW Tentang Amalan yang Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Berikut pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu lainnya:

 

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan serta pada hadirin yang telah hadir pada kesempatan ini.

Mari bersama-sama kita ucapkan syukur dan puji kepada Allah SWT atas nikmat sehat, iman dan islam yang sampai saat ini kita rasakan.

Tak lupa ucapan syukur dan terimakasih juga kita panjatkan pada junjungan kita semua Nabi besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan umat islam sejak zaman jahiliyah.

Selanjutnya yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi pada kesempatan ini adalah mengenai amalan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh Nabi.

Amalan apakah itu? Amalan tersebut adalah Nabi SAW tidak pernah melepaskan jabat tangan sebelum sahabat beliau yang melepaskan terlebih dahulu.

Mengapa begitu? Sebab, menurut para ulama, berjabat tangan adalah salah satu cara untuk merontokkan dosa atau amalan buruk yang telah kita perbuat kepada seseorang.

Oleh sebab itu, marilah bapak dan ibu semuanya, jangan sampai kita memutus tali silaturahmi atau berjabat tangan dalam perayaan Maulid Nabi pada tahun ini. Mungkin cukup dahulu dari saya.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

6 dari 6 halaman

5. Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu di Sekolah

Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu selanjutnya bisa kamu praktikkan di sekolah. Berikut Pidato Maulid Nabi SAW singkat dan lucu:

 

Bismillahi rahmanirahim. Assalamu 'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaa-i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli wa sallim wa barik ala Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala Sekolah

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru beserta segenap Karyawan

Serta teman-temanku yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang telah memberikan banyak nikmat berupa kesehatan dan keimanan. Dialah Tuhan yang memberikan kenikmatan baik di kala sempat maupun sempit, kita masih bisa bernapas, tersenyum, berbahagia, serta bisa berkumpul dalam acara yang semoga penuh berkah, yaitu dalam ranga peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah tahun 2022.

Sholawat berlantun salam kita sampaikan kepada nabi sekaligus rasul akhir zaman, yaitu Nabi Agung Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bersholawat kita bakal mendapat syafaat beliau di hari kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-temanku yang dirahmati Allah!

Apa sih Maulid Nabi itu? Maulid Nabi adalah momentum bersejarah nan bahagia atas lahirnya seorang Rasul terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Beliau lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah alias 20 April 571 Masehi, dan pada hari ini kita kembali memetik momentum Kelahiran Nabi.

Peringatan Maulid Nabi bukan sekedar hingar bingar gelaran acara, melainkan sebagai pengingat agar kita kembali belajar dan memetik hikmah dari perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW.

Apa hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari kisah Nabi Muhammad saw.? Sungguh banyak sekali, dan satu di antaranya adalah akhlak beliau. Sebagaimana hadis yang mengatakan bahwa 'Akhlak Rasulullah adalah Al-Quran' maka kita sebagai pelajar bisa mengenal Rasul lebih dekat serta meneladan akhlak beliau dengan cara mempelajari Al-Quran dan hadis. Apakah hal tersebut cukup? Tentu tidak.

Teman-teman yang saya banggakan!

Sebagai seorang murid, kita dituntut untuk menjadi seorang yang berakhlak mulia agar nanti bisa bermanfaat bagi diri, keluarga, bahkan nusa dan bangsa. Akhlak mulia adalah bekal bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses merengkuh takwa.

Tidak terkecuali, di sekolah pula demikian. Hal yang tidak boleh kita kesampingkan adalah akhlak kepada guru. Sebagai seorang siswa, kita dituntut untuk mau dan mampu patuh dan hormat kepada guru di sekolah.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Bukanlah di kalangan umatku mereka yang tidak memuliakan orang yang lebih tua, mereka yang tidak menyayangi anak-anak kecil, dan mereka yang tidak memberikan hak kepada guru kami." (HR. Ahmad)

Dari hadis tersebut, kita bisa memetik pelajaran bahwa seseorang akan dicintai oleh Rasulullah ketika mereka mau memuliakan orang yang lebih tua, menyayangi anak kecil, juga hormat dan patuh kepada guru.

Maka itu, marilah kita manfaatkan momentum maulid Nabi Muhammad saw. di era pandemi ini untuk memperbaiki dan menata akhlak supaya menjadi insan yang dicintai oleh Nabi Muhammad.

Walau kegiatan maulid Nabi Muhammad saw. hanya dilakukan setahun sekali, bukan berarti semangat beribadah kita juga hanya meninggi di hari ini,  melempem di esok hari.

Mari kita sama-sama meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, senantiasa berselawat kepada nabi serta berusaha untuk meneladan akhlak mulia ala Nabi Muhammad saw. karena sesungguhnya Rasulullah adalah suri teladan kita semua.

Bapak, Ibu, serta teman-teman seperjuangan yang dirahmati Allah!

Demikian itulah pidato Maulid Nabi di sekolah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi diri saya pribadi. Banyak maaf atas segenap kesalahan dan kepada Allah mari kita sama-sama bermohon ampun.

Wassalamu 'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.