Sukses

5 Jenis Tempat yang Tak Bisa Ditambahkan ke Google Maps, Perlu Diketahui

Sudah berusaha mencari tapi tak kunjung ditemukan, mungkin itu termasuk tempat yang tidak bisa ditambahkan ke Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan abad ke-21 ini, kemajuan dunia semakin pesat dengan teknologi canggih. Seiring berjalannya waktu, manusia juga semakin bergantung pada teknologi yang diciptakan. Termasuk ponsel genggam atau yang sekarang disebut sebagai ponsel pintar (smartphone).

Pada kenyataannya, smartphone yang sudah dimiliki oleh sebagian besar manusia di muka bumi membawa kemudahan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Tidak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh, ponsel zaman sekarang juga dilengkapi dengan fitur-fitur keren, salah satunya Google Maps.

Saat tidak tahu arah jalan dan malu bertanya pada orang lain, kita hanya perlu melihat Google Maps. Namun, rupanya tidak semua tempat bisa ditambahkan ke Google Maps. Karena itu, kadang saat mencarinya, kita tidak bisa menemukan tempat tersebut. Jadi, pembagian waktu lebih diarahkan ke tempat-tempat yang tidak bisa ditambahkan ke dalam peta.

Ada beberapa jenis tempat yang tidak bisa ditambahkan ke peta berdasarkan Google Support. Diantaranya yang telah dilansir Liputan6.com dari Siakap Keli berikut ini, Sabtu (21/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lokasinya tidak tetap

Biasanya lokasi yang tidak tetap ini terjadi ketika seorang pedagang atau penjual berpindah ke daerah lain karena keadaan yang tidak dapat dihindari. Jika suatu bisnis tutup 'sementara' selama lebih dari dua minggu, bisnis tersebut juga tidak dapat ditambahkan ke peta. Sebab, bisa menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Berikutnya, bisnis ilegal di negara atau negara bagian tertentu. Pengedar menjual barang-barang yang tidak boleh dijual ke masyarakat seperti narkoba. Perlu diperhatikan juga, seseorang tidak dapat menambahkan area di peta jika itu adalah tempat untuk disewakan atau dijual.

Peta hanya digunakan untuk memberikan petunjuk arah kepada usaha yang masih berjalan. Oleh karena itu, usaha musiman tanpa lokasi tetap dan berulang tidak diperbolehkan untuk ditambahkan ke dalam peta.

Selain itu, Google Maps juga tidak mengizinkan layanan hiburan dewasa (jika ilegal di negara tersebut) untuk ditambahkan ke peta.

3 dari 6 halaman

2. Daftar tidak permanen

Kategori ini lebih fokus pada event atau bisnis musiman yang berulang namun tidak memiliki lokasi tetap. Jika hal ini terjadi, maka individu dianjurkan untuk menyewa tempat yang terkenal karena lebih mudah.

Tidak hanya toko yang tidak dapat ditambahkan, tetapi jalan berlubang tidak dapat ditempatkan di peta lanjutan, ini adalah daftar tidak permanen. Karena, hari itu mungkin jalan berlubang, tapi besok mungkin sudah ditambal pihak berwenang.

4 dari 6 halaman

3. Tidak ada keberadaan fisik

Jika berbicara tentang tempat fisik, hal ini sering kali berkaitan erat dengan bisnis online. Jadi, bisnis online tidak dapat ditambahkan jika tak ada keberadaan fisiknya, kecuali disebutkan tempat tersebut mempunyai toko fisik.

Perusahaan yang tidak memiliki lokasi fisik antara lain: pusat panggilan dan bisnis online, seperti yang ditunjukkan oleh Google Support.

5 dari 6 halaman

4. Daftar dan tempat milik pribadi

Kategori ini membahas tentang tempat pribadi seperti rumah selebriti dan bahkan rumah Anda. Tidak dipermasalahkan untuk mencantumkan alamat rumah, namun menyebutkan secara spesifik seperti 'Rumah Lady Gaga' di peta tidak diperbolehkan. Jika ingin ke rumah selebritis tersebut, ketik saja alamat rumahnya.

6 dari 6 halaman

5. Bukan untuk umum (non-publik)

Rincian tentang militer atau tempat-tempat sensitif seperti pangkalan amunisi, depot rudal, barak militer, atau pembangkit listrik tenaga nuklir tidak diketahui publik atau tidak dapat ditemukan di situs web resmi atau pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.