Sukses

Viral Kakek Ditipu Pembeli Dibayar dengan Uang Mainan, Dapat Bantuan Netizen

Videonya viral, sang kakek dapat bantuan dari netizen.

Liputan6.com, Jakarta Beragam kisah haru hingga inspiratif sering kali viral di media sosial. banyak dari deretan video viral tersebut yang mengetuk hati netizen sampai merasakan pilu dan ingin memberikan bantuan.

Sering terdengar kisah seorang lansia yang ditipu pembelinya, mulai dari pembayarannya kurang hingga dibayar menggunakan uang mainan. Pandangan yang sudah kabur atau ingatan yang sudah tidak tajam membuat penjual lansia sering kena tipu pembeli.

Belum lama ini viral di TikTok kisah seorang kakek yang ditipu pembeli, yang di mana dagangan sang kakek dibayar menggunakan uang mainan. Penjual lansia tersebut tahu bahwa ia dibayar pakai uang mainan setelah menanyakan uang yang diterimanya kepada orang lain.

Merasa tidak tega dengan sang kakek, beberapa netizen pun membantu dengan berdonasi. Tak sedikit netizen yang merasa kesal dengan sikap tak terpuji pembeli yang sudah menipu penjual lansia dengan uang mainan.

Kisah penjual lansia yang ditipu pembelinya dengan dibayar pakai uang mainan ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @rizkimaolani, Selasa (3/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjual Lansia Ditipu Dibayar dengan Uang Mainan

@rizkimaolani

Tega banget sumpaahhh yang ngasih,, kakek nya bukan tinggal di daerah aku yaa beliau dari jauh dagang jalan kaki🥹 Laris manis ya kek😔

♬ suara asli - justme - justme

Dalam video tersebut terlihat sang kakek yang bertanya kepada orang lain seusai menerima uang Rp 50 ribu dari pembeli gula arennya. Setelah dicek, sang pembeli membayar gula aren yang dibelinya sebanyak 4 bungkus dengan uang palsu.

Dijelaskan dalam video, sang kakek merasa bahwa uang yang diterimanya ada yang aneh. Namun sang pembeli langsung kabur dan ngebut, sehingga sang kakek tak bisa mengejar pembeli yang telah menipunya.

Nasi sudah menjadi bubur dan tidak bisa berbuat apa-apa, sang kakek hanya bisa melamun sembari memegang uang palsu ditangannya dengan ekspresi sedih yang bikin ikut netizen terharu.

“Tega banget sumpaahhh yang ngasih,, kakek nya bukan tinggal di daerah aku yaa beliau dari jauh dagang jalan kaki🥹 Laris manis ya kek😔,” tulis sang pemilik akun dalam keterangan unggahannya.

3 dari 4 halaman

Dapat Bantuan dari Netizen

Banyak yang membubuhkan komentar dan ungkap ingin membantu, sang pemilik akun pun membuka donasi. Dengan didampingi pihak kepolisian setempat dan keluarga, sang pemilik akun TikTok @rizkimaolani memberikan hasil langsung hasil donasi kepada kakek di kediamannya.

Diperlihatkan langsung hasil donasi kepada sang kakek dan netizen, total donasi terkumpul sekitar Rp 3 juta. Terlihat sang kakek tak kuasa menahan haru saat menerima donasi tersebut dari sang pemilik akun yang telah amanah mengumpulkan dan menyalurkan donasi tersebut.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video pertama yang diunggahnya pada 25 September 2023 viral dan telah ditonton lebih dari 2 juta kali. Sementara video keduanya ditonton lebih dari 48 ribu dan ada ratusan komentar yang dibubuhkan.

“Yaallah kakek.. smoga kakek stelah ini diberikan rezeki yg berkali2 lipat ya kek 🥹 sehat2 terus kakek 🙏,” tulis netizen yang mendoakan sang kakek dapat rezeki berkali lipat.

Ya Allah abah😭😭😭😭 semoga rejekinya dilipat gandakan, semoga ketemu orang baik jg yang bener bener mau bantu abahnya 😭😭😭😭," tambah netizen yang lainnya.

“Allah mengirim hal yg tidak baik untk si mbah mungkin untk memberi hal yg terbaik untk si mbah 🥰,” timpal netizen yang percaya bahwa Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

“Gk punya otak. Ntr yg nipu bkln kena tipu berjuta2 kali lipat . Abah sabar yah.. Aku doain mdh2n abah nya selalu sehat lncr trs rezekinya aamin yrb,” imbuh netizen yang kesal dengan penipunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.