Sukses

Send Artinya Mengirim, Pahami Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, send artinya merujuk pada tindakan mengirim sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, baik itu dalam bentuk pesan, barang, informasi, atau individu, dan penggunaannya dapat sangat bervariasi tergantung pada konteksnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata "send", yang merupakan kosakata dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, send artinya adalah mengirim.

Kata "send" dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang sangat umum digunakan dan memiliki berbagai makna tergantung pada konteksnya. Secara umum, send artinya merujuk pada tindakan mengirim sesuatu dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat mencakup berbagai tindakan, seperti mengirim pesan, barang, informasi, sinyal, atau bahkan orang.

Salah satu penggunaan paling umum kata "send" adalah untuk menggambarkan tindakan mengirim pesan atau surat. Ini bisa terjadi melalui berbagai media komunikasi, seperti email, pesan teks, surat pos, atau bahkan pesan instan.

Selain itu, send artinya juga merujuk pada tindakan mengirim barang atau paket. Ini bisa melibatkan penggunaan jasa pengiriman seperti pos atau kurir, atau seseorang bisa juga melakukan pengiriman barang secara pribadi.

Dari serangkaian penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa send artinya merujuk pada tindakan mengirim sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, baik itu dalam bentuk pesan, barang, informasi, atau individu, dan penggunaannya dapat sangat bervariasi tergantung pada konteksnya.

Untuk memahami lebih dalam mengenai send artinya apa, simak penjelasan selengkapnya berikut ini, termasuk contoh penggunaannya dalam kalimat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Definisi Send Berdasar Kamus Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, send artinya merujuk pada tindakan mengirim sesuatu dari satu tempat ke tempat lain. Dilansir dari Cambridge Dictionary, dalam bahasa Inggris, kosakata send adalah kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan tindakan mengirim sesuatu dari satu tempat ke tempat lain.

Ini adalah kata yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki beberapa makna dan penggunaan yang berbeda, yang dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori utama.

Pertama, kata "send" dapat digunakan dalam konteks pengiriman pesan atau surat. Ini mencakup tindakan mengirimkan informasi atau komunikasi tertulis kepada seseorang melalui berbagai media seperti email, pesan teks, surat pos, atau bahkan pesan instan.

Contoh: I'll send you an email with the details. (Saya akan mengirimkan sebuah pesan elektronik yang berisi rincian.)

Kedua, send artinya juga dapat merujuk pada tindakan mengirim barang atau paket dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini bisa melibatkan penggunaan jasa pengiriman seperti pos atau kurir, atau seseorang bisa juga melakukan pengiriman barang secara pribadi.

Contoh: I need to send this package to my friend in another city. (Saya perlu mengirimkan paket ini kepada temanku di kota lain.)

Ketiga, kata send artinya juga merujuk pada tindakan menyebabkan atau memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Ini bisa termasuk mengirim seseorang untuk tinggal dengan keluarga, mengirimkan bala bantuan, atau mengirimkan seseorang ke sekolah asrama.

Contoh: We're sending the kids to stay with my parents for a couple of weeks. (Kami mengirim anak-anak untuk tinggal bersama orang tua saya selama beberapa minggu.)

Dengan kata lain, "send" adalah kata kerja yang serbaguna dalam bahasa Inggris yang menggambarkan tindakan mengirim sesuatu, baik itu pesan, barang, informasi, atau individu, dari satu tempat ke tempat lain. Penggunaannya bervariasi tergantung pada konteks kalimatnya, namun dalam semua penggunaannya, kata "send" mengacu pada perpindahan atau pengiriman sesuatu dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

3 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Kata Send Berdasarkan Tenses

Kata kerja "send" dalam bahasa Inggris memiliki berbagai bentuk yang berbeda tergantung pada tense atau waktu dalam kalimat. Ini adalah bagian penting dari tata bahasa Inggris yang memungkinkan kita untuk mengungkapkan tindakan atau peristiwa dalam berbagai waktu. Berikut adalah bentuk kata kerja send tergantung tenses:

1. Simple Present Tense

Dalam Simple Present Tense (Tense Sederhana Sekarang), bentuk dasar "send" (untuk subjek I, you, we, they, dan orang ketiga jamak) dan "sends" (untuk subjek he, she, it, dan orang ketiga tunggal) digunakan untuk menggambarkan tindakan yang terjadi secara rutin atau kebiasaan pada waktu sekarang. Contohnya adalah, "She sends an email every morning" yang berarti dia mengirim email setiap pagi.

2. Simple Past Tense

Dalam Simple Past Tense (Tense Sederhana Lampau), bentuk lampau "sent" digunakan untuk merujuk pada tindakan yang terjadi di masa lampau dan sudah selesai. Sebagai contoh, "He sent a birthday card last week" artinya dia mengirimkan kartu ulang tahun minggu lalu.

3. Present Continuous Tense

Dalam Present Continuous Tense (Tense Sedang Sekarang), bentuk "sending" digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung pada waktu sekarang. Misalnya, "They are sending the package today" berarti mereka sedang mengirimkan paket hari ini.

4. Present Perfect Tense

Dalam Present Perfect Tense (Tense Kini Sempurna), bentuk "have/has sent" digunakan untuk mengindikasikan tindakan yang dimulai di masa lalu dan memiliki relevansi dengan masa sekarang. Contoh kalimatnya adalah, "She has sent the documents to the client" yang berarti dia telah mengirimkan dokumen-dokumen kepada klien dan tindakan itu masih memiliki dampak pada masa sekarang.

5. Future Simple Tense

Dalam Future Simple Tense (Tense Sederhana Masa Depan), bentuk "will send" digunakan untuk merujuk pada tindakan yang akan terjadi di masa depan. Sebagai contoh, "I will send you a message tomorrow" artinya saya akan mengirim pesan kepadamu besok.

6. Future Continuous Tense

Dalam Future Continuous Tense (Tense Sedang Masa Depan), bentuk "will be sending" digunakan untuk menggambarkan tindakan yang akan sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa depan. Contoh kalimatnya adalah, "At this time tomorrow, they will be sending out the orders" yang berarti pada saat ini besok, mereka akan sedang mengirimkan pesanan-pesanan.

7. Future Perfect Tense

Dalam Future Perfect Tense (Tense Kini Sempurna Masa Depan), bentuk "will have sent" digunakan untuk menggambarkan tindakan yang akan selesai di masa depan sebelum titik waktu tertentu. Misalnya, "By the end of the week, we will have sent all the reports" berarti pada akhir minggu, kita akan telah mengirim semua laporan.

Pemahaman tentang berbagai bentuk kata "send" dalam berbagai tense adalah kunci untuk berbicara dan menulis dengan benar dalam bahasa Inggris dan memungkinkan kita untuk mengungkapkan tindakan atau peristiwa dalam konteks waktu yang tepat.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Send dalam Bahasa Inggris

  1. I send emails to my colleagues every day. (Saya mengirim email kepada rekan-rekan saya setiap hari.)
  2. She sent a birthday card to her grandmother last week. (Dia mengirimkan kartu ulang tahun kepada neneknya minggu lalu.)
  3. They are sending invitations for the party tonight. (Mereka sedang mengirimkan undangan untuk pesta malam ini.)
  4. He has sent his resume to several companies for job applications. (Dia telah mengirimkan CV-nya ke beberapa perusahaan untuk melamar pekerjaan.)
  5. Will you send a message to John to let him know about the meeting? (Akankah kamu mengirim pesan kepada John untuk memberitahunya tentang pertemuan?)
  6. By the time we arrived, they had already sent out the press release. (Pada saat kami tiba, mereka sudah mengirimkan siaran pers.)
  7. We will send a gift to our friend who is celebrating their graduation. (Kami akan mengirimkan hadiah kepada teman kami yang merayakan kelulusannya.)
  8. The company is sending a team of experts to investigate the issue. (Perusahaan ini mengirimkan tim ahli untuk menyelidiki masalah ini.)
  9. She sends her regards and best wishes for your success. (Dia mengirim salam dan ucapan terbaiknya untuk kesuksesanmu.)
  10. If you send your payment today, we can process your order right away. (Jika kamu mengirim pembayaranmu hari ini, kami dapat segera memproses pesanamu.)
  11. I'll send you a postcard from my vacation in Europe. (Aku akan mengirimkan kartu pos kepadamu dari liburanku di Eropa.)
  12. The teacher sent the students to the library for research. (Guru itu mengirimkan siswa-siswa ke perpustakaan untuk penelitian.)
  13. The sudden noise sent the birds flying from the trees. (Kebisingan tiba-tiba itu membuat burung-burung terbang dari pohon-pohon.)
  14. The announcement of the promotion sent excitement throughout the office. (Pengumuman promosi itu membuat kegembiraan merata di kantor.)
  15. They will be sending a rescue team to help those affected by the natural disaster. (Mereka akan mengirimkan tim penyelamat untuk membantu mereka yang terdampak bencana alam.)
  16. She sent her son away to a prestigious boarding school. (Dia mengirimkan anaknya ke sekolah asrama bergengsi.)
  17. Please send a copy of the report to the client as soon as possible. (Mohon kirimkan salinan laporan kepada klien sesegera mungkin.)
  18. The astronaut sent a message back to Earth from the space station. (Astronot itu mengirim pesan kembali ke Bumi dari stasiun luar angkasa.)
  19. The email server is currently sending out automated responses to customer inquiries. (Server email saat ini sedang mengirimkan respons otomatis kepada pertanyaan pelanggan.)
  20. After a long day of hiking, the breathtaking view from the mountaintop sent shivers down our spines. (Setelah seharian panjat tebing, pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung membuat bulu roma kami berdiri.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.