Sukses

10 Tips Merawat Kucing yang Baik dan Benar untuk Pemula

Tips merawat kucing yang baik dan benar dilakukan dengan menyiapkan segala kebutuhannya, menjaga kesehatannya, hingga memilih makanan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Tips merawat kucing yang baik dan benar perlu dipahami, terutama bagi pemula. Kamu yang baru pertama kali memelihara kucing tentunya perlu mengenali hal-hal yang harus diperhatikan saat merawat kucing. Tidak hanya itu, tips merawat kucing ini perlu dipahami oleh semua pencinta kucing.

Bagi kamu yang memelihara kucing, namun belum maksimal dalam perawatannya tentu juga perlu mengenali tips merawat kucing ini. Meski kucing adalah hewan yang mudah dipelihara, merawat kucing masih membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang.

Tips merawat kucing  yang baik dan benar dilakukan dengan menyiapkan segala kebutuhannya, menjaga kesehatan, hingga memilih makanan yang tepat. Kamu tentunya ingin hewan peliharaanmu selalu sehat dan beraktivitas dengan gembira setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/8/2023) tentang tips merawat kucing yang baik dan benar untuk pemula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Siapkan ruang aman atau rumahnya

Tips merawat kucing yang pertama adalah menyiapkan ruang aman atau rumahnya. "Ruang Aman" tidak harus berupa ruangan terpisah tetapi bisa berupa lemari kosong, sudut kamar tidur dengan tirai pelindung, atau kamar mandi yang jarang digunakan. Ruang aman ini adalah tempat yang bisa disebut "rumah", di mana kucing bisa menyendiri dan beristirahat. Ruang aman biasanya dicari kucing yang baru masuk ke sebuah rumah.

2. Cek kesehatan pertama

Kunjungan dokter hewan pertama pada kucing baru adalah yang paling penting. Kamu pasti ingin memastikan kesehatannya yang baik. Dari cek kesehatan pertama ini kamu bisa mengetahui apa yang dibutuhkan kucing. Setelahnya, tips merawat kucing yaitu dengan menjadwalkan kunjungan dokter hewan secara teratur. Kunjungan teratur memberi kesempatan kepada dokter hewan untuk mendeteksi penyakit kucing potensial pada tahap awal, memberikan vaksin, dan membersihkan gigi kucing.

3 dari 6 halaman

3. Memberikan makanan bernutrisi dan air bersih untuk minum

Makanan kucing di awal kehidupannya akan menentukan kecepatan untuk kesehatan dan kesejahteraannya seumur hidup. Lakukan riset tentang makanan dan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kucing. Daging sapi yang dimasak, ayam, dan kalkun sangat cocok untuk kucing. Selain itu, kamu perlu menghindari daging mentah atau busuk agar kucing tidak sakit.

Sebagai tips merawat kucing, kamu harus meninjau selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan ke depan untuk mengetahui kecocokan makanan. Air bersih dan segar juga sangat penting untuk kesehatan kucing. Pastikan kucing mendapat cukup hidrasi. Selain itu, pastikan tempat minumnya mudah dijangkau dan terlihat dengan mudah.

4. Sediakan kotak pasir

Tips merawat kucing berikutnya yaitu menyediakan kotak pasir. Selain makanan dan air, kotak pasir sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan kucing. Kamu mungkin khawatir kucing akan buang air sembarangan.

Tapi, selama kamu menjaga kebersihan kotak pasir kucing dan memilih pasir yang tidak membuat mereka iritasi, sebagian besar kucing akan dengan senang hati menggunakan kotak kotorannya secara konsisten. Lakukan perawatan kotak pasir seperti menyendok, membuang kotoran, dan mencuci kotak pasir.

4 dari 6 halaman

5. Menjaga kebersihan tubuhnya secara rutin

Tips merawat kucing yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihannya secara rutin. Kamu harus rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Spot-spot ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.

Selain itu, Sikat bulu kucing secara rutin. Hal ini dapat menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu. Sementara itu, ketika bulu kucing mulai berbau, kamu dapat memandikannya dengan air suhu biasa. Air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

6. Menjaga kebersihan lingkungannya

Selain menjaga kebersihan tubuhnya, tips merawat kucing berikutnya adalah menjaga kebersihan lingkungannya, seperti tempatnya tidur serta kotak pasir. Secara rutin, cucilah tempat aman kucing atau rumahnya agar tidak ada kotoran dan bakteri. Kuman dan bakteri bisa menyebabkan kucing lebih rentan sakit. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotak pasirnya setiap hari.

5 dari 6 halaman

7. Melakukan vaksinasi dan perawatan rutin ke dokter

Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan. Kamu perlu membawanyanya secara rutin ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi kucing kesayangan kamu. Hal ini dilakukan agar bisa mendeteksi jika kucing memiliki penyakit.

8. Pertimbangkan sterilisasi

Selain itu, tips merawat kucing selanjutnya adalah melakukan pertimbangan untuk sterilisasi. Sebagai pemilik kucing, kamu bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kucing akan disteril atau tidak. Sterilisasi penting untuk mencegah overpopulasi pada kucing. Ini juga membuat kucing lebih sehat dan panjang umur. Mensterilkan akan membantu mencegah masalah seperti perilaku agresif pada kucing jantan atau melolong pada kucing betina ketika mereka sedang berahi.

6 dari 6 halaman

9. Ajak bermain

Tips merawat kucing untuk pemula lainnya yaitu mengajaknya bermain. Kucing suka bermain dan ahli dalam menciptakan permainan mereka sendiri. Bermain dengan kucing adalah pengalaman ikatan yang luar biasa. Sebelum kamu membeli mainan kucing mahal, bereksperimenlah dengan hal-hal yang ditemukan di sekitar rumah.

Contohnya, kucing sangat suka dengan kantong plastik, atau kotak kardus. Kamu bisa bermain dengan benda-benda ini bersama kucing.

10. Mengajarkan kebiasaan sehari-hari yang baik

Salah satu tips merawat kucing untuk pemula yang penting diketahui adalah mengajarkannya kebiasaan sehari-hari. Kamu bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.