Sukses

Contoh Undangan Khitanan Modern dan Formatnya yang Benar

Undangan khitanan modern bisa dibuat untuk dicetak ataupun dikirim melalui pesan dan WhatsApp saja.

Liputan6.com, Jakarta Undangan khitanan modern perlu dikenali formatnya oleh orang tua. Pasalnya, dalam mengundang orang-orang terdekat dan juga tetangga untuk syukuran atas anak yang sudah disunat ini tentu harus dengan sopan dan baik.

Khitanan atau sunatan adalah pelaksanaan (upacara) memotong kulup. Kulup merupakan kelopak kulit yang menutupi ujung kemaluan laki-laki sebelum dikhitan. Bagi orang tua, hal paling penting dalam acara khitanan yaitu melaksanakan syukuran atas anak yang telah disunat, berbagi kebahagiaan dengan sesama muslim, dan mendoakannya agar menjadi seorang muslim yang selalu memegang teguh agamanya.

Undangan khitanan modern bisa dibuat untuk dicetak ataupun dikirim melalui pesan dan WhatsApp saja. Hal ini tentunya lebih simpel dan memudahkan orang tua dalam membuatnya. Jadi, orang tua tidak perlu repot-repot lagi mencetak bila hanya ingin dikirimkan melalui WA saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka dan berbagai sumber lainnya, Selasa (8/8/2023) tentang undangan khitanan modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Undangan Khitanan Modern yang Umum

Contoh undangan khitanan modern ini bisa menjadi pilihan kamu. Berikut undangan khitanan modern yang umum digunakan:

 

Kepada Yth.

Bapak /Saudara :…

di….

Dari sahabat Abi Malik Ra. dari ayahnya bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Khitan itu sunnah bagi orang laki-laki dan suatu kebaikan bagi orang perempuan” (HR. Ahmad & Baihaqi)

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT. Kami bermaksud menyelenggarakan acara Walimatul Khitan anak kami yang Insya Allah dilaksanakan pada:

Hari:

Tanggal:

Tempat:

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, apabila Bapak / Saudara berkenan hadir untuk memberikan do’a restu. Atas kehadiran dan do’a restunya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

 

Keluarga Bapak/Ibu….

3 dari 5 halaman

Undangan Khitanan Modern yang Sederhana

Contoh undangan khitanan modern ini cukup sederhana dan mudah dibuat. Berikut undangan khitanan modern yang sederhana:

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan memohon rahmat dan Ridho Allah SWT. Kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Saudara/I untuk berkenan hadir dalam acara Khitanan anak kami: (Nama anak)

Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari        :  

Tanggal :  

Waktu   : ……………WIB s.d selesai

Tempat :

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagian bagi kami sekeluarga apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan do’a. Atas kehadiran dan do’anya kami ucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

4 dari 5 halaman

Undangan Khitanan Modern yang Dikirim Melalui WhatsApp

Contoh undangan khitanan modern ini bisa dikirim melalui WhatsApp. Berikut undangan khitanan modern:

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan rahmatnya dan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, kami bermaksud mengundang Bapak/IbuSaudara/i untuk menghadiri acara syukuran khitan putra kami :

*Muhammad Anshori*

yang insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari : *Rabu 5 Desember 2022*

Alamat : *Jalan Kenanga Tahunan Umbulharjo Yogyakarta*

Waktu : *08.00 s/d Slesai*

Menjadi sebuah kesan yang mendalam akan terukir di hati kami, serta diiringi ucapan doa dan terima kasih yang tulus, apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada putra kami.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Kami yang Berbahagia

 

Kel. Bpk. Bambang & Ibu Siwi

5 dari 5 halaman

Doa Khitanan untuk Anak

Setelah mengenali undangan khitanan modern, kamu tentunya perlu mengetahui doa-doanya. Doa-doa khitan ini bukan hanya untuk anak yang dikhitan, tetapi juga bagi orang tua dan undangan yang datang, agar mendoakan anak yang khitanan.

Doa saat Seseorang akan Dikhitan

Sebagai sebuah perintah agama, kewajiban khitan sangat baik jika diawali dengan doa. Dalam Kitab Hilyatun Nufus lil ‘Aris wal ‘Arus, tertulis sebuah doa ketika seseorang akan dikhitan yakni:

Allāhumma hādzihī sunnatuka wa sunnatu nabiyyika, shalawātuka ‘alayhi wa ālihī, wat tibā‘un minnā li nabiyyika, bi masyī’atika, wa irādatika, wa qadhā’ika li amrin aradtahū, wa qadhā’in hatamtahū, wa amrin anfadztahū, wa adzaqtahū harral hadīdi fī khitānihī wa hijāmihī bi amrin anta a’rafu bihī minnī.

Artinya:

Ya Allah, ini adalah sunnah-Mu dan sunnah nabi-Mu. Semoga rahmat tercurah padanya dan keluarganya. Dan kami mengikuti nabi-Mu dengan kehendak-Mu dan qadha-Mu. Karena suatu hal yang Engkau inginkan. Karena suatu hal ketentuan yang Engkau tetapkan. Karena suatu perkara yang Engkau laksanakan, dan Engkau merasakan padanya panasnya besi dalam khitan dan bekamnya karena suatu perkara yang Engkau lebih tahu dari aku.

 

Doa untuk Orang yang Dikhitan

Berikut doa orang tua dan juga undangan untuk anak yang telah dikhitan:

Allāhumma fa thahhirhu minadz dzunūb, wa zid fi umrihī, wadfa‘il āfāti ‘an badanihī wal awjā‘i ‘an jismihī, wa zidhu minal ghinā, wadfa‘ ‘anhul faqra, fa innaka ta‘lamu wa lā na‘lamu.

Artinya:

Ya Allah, maka sucikanlah dia dari dosa-dosa. Tambahlah umurnya. Jagalah tubuhnya dari penyakit. Dan tambahlah kekayaan padanya dan jauhkan dari kefakiran. Maka sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara kami tidak mengetahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.