Sukses

7 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi, Kisah Orang Beriman yang Bisa Diteladani

Ada banyak sekali keutamaan membaca Surat al-Kahfi, salah satu di antaranya adalah dapat menghindarkan dari fitnah Dajjal.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak sekali keutamaan membaca Surat al-Kahfi, salah satu di antaranya adalah dapat menghindarkan dari fitnah Dajjal. Keutamaan membaca Surat al-Kahfi adalah kita dapat mengetahui kisah orang-orang beriman yang dapat menjadi contoh bagi kita semua.

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dalam mushaf Alquran dan terdiri dari 110 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan ayat Makkiyah, yang berarti diturunkan pada periode sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Nama "Al-Kahfi" atau "Al-Khaf" merujuk pada arti penghuni gua atau gua, dan dinamai demikian berdasarkan kisah Ashabul Kahfi yang ada dalam surat ini. Keutamaan membaca Surat al-Kahfi adalah kita dapat mempelajari empat tema utama dalam surat ini, yaitu iman, harta, ilmu, dan kekuasaan. Selain itu, keutamaan membaca Surat al-Kahfi juga terdapat pesan moral penting bahwa tindakan manusia hanya akan membawa manfaat jika dilakukan semata-mata karena Allah.

Untuk memahami apa saja keutamaan membaca Surat al-Kahfi, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Anjuran Membaca Surat al-Kahfi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keutamaan membaca Surat al-Kahfi, penting bagi kita untuk memahami anjuran membaca surat ini. Diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri, ia berkata, “Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, maka Allah SWT akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan rumah yang penuh dengan keindahan.” (Sunan Ad-Darimi, 3273).

Membaca surah Al-Kahfi di malam atau hari Jumat adalah amalan sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Sebab ada banyak keutamaan membaca Surat al-Kahfi.

Salah keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah memberikan perlindungan dari fitnah. KH. Nasaruddin Umar menjelaskan tentang rahasia dan keutamaan yang dimiliki surah Al-Kahfi.

Fitnah merupakan salah satu masalah yang sangat menakutkan karena kejinya dan bahayanya. Fitnah ini bahkan dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagai "fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan."

Selain terhindar dari fitnah, masih ada banyak lagi keutamaan membaca Surat Al-Kahfi, yang ada dijelaskan di bagian selanjutnya berikut ini.

3 dari 6 halaman

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah dapat membuat pembacanya terhindar dari fitnah Dajjal. Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

Selain itu, di dalam kitab Al-Mukhtarah karya Al-Hafiz Ad-Diyaul Maqdisi disebutkan dari Abdullah ibnu Mus’ab, dari Manzur ibnu Zaid ibnu Khalid Al-Juhani, dari Ali ibnul Husain, dari ayahnya, dari Ali secara marfu’, yaitu:

“Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.

2. Diterangi Cahaya Kebaikan

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah pembacanya akan diterangi cahaya kebaikan. Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Seorang Muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan mendapatkan berlimpah pahala, terang cahaya kebajikan, dan akan diberkahi dengan syafaat (pengantaraan) di hari pembalasan. Hal ini serupa dengan saat seorang Muslim membaca surat Ar-Rahman.

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi ini akan dianugerahkan Allah SWT kepada hamba-Nya di hari kiamat. Cahaya dari amalan ini akan bersinar dari kedua telapak kakinya hingga mencapai langit, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Hadid ayat 12 yang artinya,

Artinya: "(yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): 'Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.'"

4 dari 6 halaman

3. Diampuni Dosanya

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi berikutnya adalah diampuni dosanya. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya,

“Barang siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR Abu Bakr bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA).

4. Dilindungi dari Godaan Setan

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah dapat membuat pembacanya dilindungi dari godaan setan. Setan senantiasa berusaha merusak iman manusia dan mengajaknya menuju jalan kesesatan. Setan merupakan musuh terbesar bagi manusia, terutama saat manusia berupaya melakukan perbuatan baik dan beribadah. Membaca surat Al-Kahfi memiliki manfaat luar biasa, karena dapat menjauhkan seseorang dari godaan setan ini.

Sebuah hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa “Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.”

5 dari 6 halaman

5. Peringatan Akan Datangnya Hari Kiamat

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah terdapat peringatan datangnya hari kiamat. Surat Al-Kahfi ayat 47 mengingatkan tentang kedatangan hari kiamat yang suatu saat akan tiba. Pada hari itu, manusia akan menyaksikan gunung-gunung bergerak dan terangkat. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang pun yang tertinggal di bumi.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Artinya: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka."

6. Mudah Mendapatkan Ridha Allah SWT

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah dapat memudahkan mendapat rida Allah SWT. Manfaat membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang mendapat cahaya keberkahan. Juga menghindarkan seseorang dari perasaan gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Rasullullah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad)

6 dari 6 halaman

7. Kisah-Kisah dalam Surat Al-Kahfi

Seperti yang telah dijelaskan di bagian awal, keutamaan membaca surat Al-Kahfi adalah kita dapat mengetahui sejumlah kisah orang-orang beriman yang bisa kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Keutamaan membaca surat Al-Kahfi menjadi tidak lengkap tanpa memahami isinya, yang terdiri dari beberapa kisah menarik, antara lain:

a. Kisah Ashabul Kahfi

Terdapat pada ayat 1-26, menceritakan tentang tujuh pemuda dan seekor anjing yang tidur selama 309 tahun dalam gua. Mereka menolak menyembah berhala dan dikejar untuk disiksa, sehingga bersembunyi di gua hingga akhirnya bangun setelah 309 tahun.

b. Kisah Si Kaya dan Si Miskin

Kisah dua manusia yang kaya dan miskin. Salah satunya adalah mukmin yang bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah, sementara yang lainnya sombong dan merasa berhak atas kekayaan tersebut.

c. Kisah Musa dan Al-Khidr

Kisah ini menceritakan tentang orang-orang berilmu, Allah memberikan banyak pelajaran melalui kisah ini mengenai bagaimana Dia melindungi orang-orang yang benar dan menahan siksaan bagi orang-orang kafir.

d. Kisah Dzulqarnain dengan Yajuj Majuj

Kisah ini menunjukkan pentingnya pemimpin yang diberikan kekuasaan dan sumber daya oleh Allah untuk menggunakan kekuasaan tersebut untuk memberikan keadilan dan melindungi orang yang tertindas. Allah mengilhami pemimpin untuk menemukan solusi jangka panjang untuk masalah-masalah mendesak melalui bimbingan Ilahi.

Dari keseluruhan isi surat ini, umat Islam dapat mengambil banyak pelajaran tentang keimanan, syukur, adil dalam kepemimpinan, dan pengakuan bahwa kekuatan sejati berasal dari Allah. Surat Al-Kahfi memuat kisah-kisah yang penuh hikmah dan menjadi sumber inspirasi bagi para penganut Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.