Sukses

8 Keutamaan Menghafal Al Quran Untuk Dunia dan Akhirat, Simak Apa Saja

Keutamaan menghafal Al Quran menjadi ganjaran yang banyak diincar oleh seorang Muslim.

Liputan6.com, Jakarta Menghafal Al Quran menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi seorang Muslim. Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al Quran memiliki fungsi sebagai pegangan dan dasar petunjuk kehidupan bagi umat Muslim. Keutamaan menghafal Al Quran menjadi ganjaran yang banyak diincar oleh seorang Muslim.

Membaca, mendengarkan, mempelajari, dan mengamalkan Al Quran adalah amalan yang akan mendapatkan kemuliaan tersendiri dari Allah SWT, termasuk menghafalnya. Keutamaan menghafal Al Quran menjadi tujuan utama dari ibadah ini. Dalam QS Al-Hajr ayat 9, dijelaskan bahwa menjaga kemurnian Al Quran merupakan keutamaan bagi setiap Muslim. Menjadi hafidz atau penghafal Al Quran adalah salah satu bentuk upaya untuk menjaga kemurnian kitab suci umat Islam tersebut.

Tidak hanya memberikan keutamaan bagi kehidupan di akhirat nanti, menghafal Al Quran juga berdampak pada kehidupan seorang Muslim di dunia. Penghafal Al Quran akan merasakan manfaat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari mereka.  Berikut keutamaan menghafal Al Quran yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Golongan Manusia Mulia dan Terbaik

Menjadi penghafal Al-Quran memberikan penghormatan dan derajat yang tinggi di mata Allah SWT. Hal ini ditegaskan dalam hadis dari HR. Bukhari Muslim yang menyatakan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang mempelajari dan mengamalkan Al-Quran. Menghafal Al-Quran tidak hanya menjadi sebuah pencapaian yang mulia, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan dan kesungguhan dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Penghafal Al-Quran yang menghargai nilai dan keagungan Al-Quran dijuluki dengan "Ahlullah," yang berarti keluarga Allah atau orang yang dekat dengan Allah.

Dari sahabat Anas bin Malik RA Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘’Sesungguhnya bagi Allah ada orang yang terdekat dengannya.’’ Kemudian, sahabat bertanya ‘’Siapa mereka ya Rasul?’’ Nabi menjawab, “Mereka adalah ahlul Qur’an. Mereka itulah keluarga Allah dan orang-orang yang terdekat dengan-Nya.’’

2. Mengukuhkan Jiwa

Menghafal Al Quran memberikan manfaat besar bagi jiwa seseorang. Al Quran adalah sumber inspirasi dan pedoman hidup yang mengarahkan manusia untuk hidup dengan penuh ketenangan dan kekuatan batin. Dalam hadis HR. Tarmidzi, orang yang jiwanya diisi dengan Al Quran akan memiliki kestabilan emosional dan kekuatan mental yang kuat, sebagaimana rumah yang kokoh.

3 dari 4 halaman

3. Mendapatkan Syafaat

Salah satu keutamaan menghafal Al Quran adalah mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Allah SWT. Penghafal Al Quran selalu berusaha kembali kepada Al Quran untuk mencari solusi atas permasalahan hidupnya. Allah SWT berjanji untuk memberikan pertolongan bagi setiap hamba-Nya yang terus menghadapkan diri kepada-Nya.

4. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Penghafal Al Quran akan meraih ridha Allah SWT karena mereka dengan penuh dedikasi mempelajari dan menghafal firman-Nya. Allah akan memuliakan mereka dan memberikan jubah kehormatan di dunia dan akhirat. Penghafal Al Quran akan menjadi orang yang disayangi Allah, dan pahala akan ditambahkan atas setiap ayat Al Quran yang mereka baca.

5. Membahagiakan Kedua Orang Tua

Menghafal Al Quran menjadi sumber kebahagiaan bagi kedua orang tua. Kedua orang tua akan merasa bangga dan bahagia melihat anaknya mampu menghafal dan memahami Al Quran. Keutamaan ini tak hanya berlaku di dunia, tetapi juga memberikan pahala khusus dari Allah SWT bagi kedua orang tua di akhirat kelak.

6. Ditempatkan Bersama Para Malaikat

Manfaat penghafal Al Quran adalah mendapatkan tempat yang mulia bersama para malaikat. Dalam hadis HR. Al-Bukhari disebutkan bahwa orang yang membaca dan menghafal Al Quran akan ditempatkan bersama para malaikat yang mulia. Penghafal Al Quran akan merasakan kebahagiaan luar biasa karena bisa bersama makhluk-makhluk yang suci di sisi Allah SWT.

 

4 dari 4 halaman

7. Mendapatkan Pahala yang Berlipat

 

Menghafal Al Quran memberikan pahala yang berlipat-lipat. Setiap huruf Al Quran yang dibaca memberikan pahala, dan Allah SWT telah menjanjikan pahala 10x lipat bagi setiap huruf Al Quran yang dibaca. Penghafal Al Quran berkesempatan untuk mengumpulkan banyak pahala karena mereka secara terus-menerus mengulang dan menghafal ayat-ayat-Nya.

8. Doanya Dikabulkan

Allah SWT akan mengabulkan doa-doa dan keinginan penghafal Al Quran. Menghafal Al Quran adalah bentuk mengingat Allah SWT dalam segala situasi. Ketika seseorang senantiasa mengingat Allah dan berdoa dengan hati yang tulus, maka doanya akan mendapatkan keistimewaan dari Allah, dan doa-doa tersebut berpeluang besar untuk dikabulkan-Nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.