Sukses

Viral Guru dan Staf Sekolah Dikunci di Luar Gerbang Akibat Terlambat, Tak Beda dengan Murid

Guru dan staf sekolah yang terlambat tetap harus menunggu di luar gerbang hingga upacara selesai.

Liputan6.com, Jakarta Proses belajar di tahun ajaran baru telah di mulai usai para siswa baru menjalani MPLS. Tak heran jika penerapan berbagai aturan mengenai sekolah juga telah dilakukan.

Tentunya, penerapan aturan di sekolah juga menjadi salah satu cara belajar para siswa mengenai perilaku disiplin. Salah satunya ialah soal jam masuk sekolah apalagi saat ada upacara di hari Senin. Biasanya, para siswa yang terlambat datang ke sekolah akan ditertibkan dan dilarang masuk ke sekolah selama beberapa waktu. Terlebih, saat adanya upacara para siswa diharuskan menunggu di luar pagar hingga upacara selesai dilakukan.

Namun, nyatanya penertiban tersebut tak hanya berlaku bagi para murid saja tapi juga guru. Diunggah oleh akun TikTok @bohay91830, pada Senin (24/7/2023) memperlihatkan sejumlah guru dan staf yang datang terlambat ke sekolah. Tak langsung dibiarkan masuk, para guru dan staf sekolah di SMK Negeri 4 Bangli, Bali ini diharuskan menunggu di luar pagar terlebih dahulu.

Momen saat para guru dan staf terkunci di luar pagar sekolah akibat terlambat ini pun menjadi sorotan. Bahkan, banyak pula netizen yang menyebut jika aturan tersebut sudah sepatutnya turut diterapkan bukan hanya bagi siswa tapi juga guru dan staf sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi contoh bagi siswa

Video berdurasi 50 detik yang diunggah oleh akun TikTok @bohay91830 berhasil mencuri perhatian. Dalam unggahan tersebut ia memperlihatkan adanya sejumlah guru dan staf yang terlambat ke sekolah dan harus rela menunggu di luar pagar.

"Guru datang terlambat ditutupi gerbang sekolah oleh siswa selama apel upacara bendera berlangsung" tulis keterangan pada awal video.

Bahkan, terlihat pula beberapa siswa yang menjadi anggota PKS atau Patroli Keamanan Sekolah tampak berjaga di depan gerbang. Dalam video juga dijelaskan jika tidak adanya toleransi meski terlambat 1 menit dari jam masuk sekolah. Tak hanya menunggu saja, rupanya para guru dan staf yang terlambat juga dicatat untuk dijadikan bahan laporan bagi sekolah.

"guru dan staf juga manusia,tempat kami salah tapi bukan sengaja..tidak semua yg bagus kami perlihatkan mengenai sekolah kami dan inilah salah satu pengamalan pancasila untuk membentuk karakter peserta didik yang kami terapkan disekolah,bahwa siapapun yang terlambat harus menghadapi konsekuensinya.maaf atas keterlambatan kehadiran kami,semoga kedisiplinan kedepannya bisa lebih ditingkatkan,sehingga bisa menjadi contoh dan panutan yang baik sebagai tenaga pendidik," tulis keterangan dalam video di akun @bohay91830.

3 dari 3 halaman

Bikin salut netizen

Viralnya video yang memperlihatkan sejumlah guru dan staf yang terlambat ke sekolah ini pun menarik perhatian netizen. Bahkan, banyak pula netizen yang salut karena para guru terlihat tertib menunggu dan tak melakukan protes.

Netizen di media sosial juga beranggapan jika aturan tersebut sudah sepatutnya dilakukan bukan hanya untuk murid tapi seluruh guru dan staf. Banyak pula yang berharap jika aturan tersebut bisa diterapkan di seluruh sekolah.

"bagus bagus aku SUKA ,KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA!" ujar akun @cherryyiana323.

"sya juga guru dan pernah mengalami hal ini, tpi sya terima konsekuensinya, disiplin itu tdk hnya untuk murid tpi guru pun juga HARUS DISIPLIN," ujar akun @tikaramdani128.

"patut dicontoh tuhhhh ,,, aturan sekolah bukan hanya untuk siswa-siswi tapi seluruh warga sekolah yang ada," tulis @kamuuntukaku70.

"sekolah aku juga gini, pernah kepala sekolah terlambat jdi tidak boleh masuk kemudian kepala sekolahnya pulang" ujar @nhega17

"yg jaga gerbang nya tegas nggak perduli guru pokoknya terlambat gerbang langsung di tutup.godjob" ujar @rotuasimanjuntak430.

@bohay91830

guru dan staf juga manusia,tempat kami salah tapi bukan sengaja..tidak semua yg bagus kami perlihatkan mengenai sekolah kami dan inilah salah satu pengamalan pancasila untuk membentuk karakter peserta didik yang kami terapkan disekolah,bahwa siapapun yang terlambat harus menghadapi konsekuensinya.maaf atas keterlambatan kehadiran kami,semoga kedisiplinan kedepannya bisa lebih ditingkatkan,sehingga bisa menjadi contoh dan panutan yang baik sebagai tenaga pendidik.#smk #guruterlambat #terlambatsekolah #keadilansosialbagiseluruhrakyatindonesia #pks #osis

♬ Tiara Andini Tega - Sadvibes🥀

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.