Sukses

30 Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Haji dan Doanya Sesuai Sunnah

Ucapan doa untuk orang berangkat haji merupakan ungkapan tulus dari orang-orang terdekat.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan doa untuk orang berangkat haji perlu disampaikan oleh orang-orang terdekat. Pasalnya, haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang sangat penting. Haji merupakan Rukun Islam yang kelima.

Menurut bahasa, pengertian haji adalah berkunjung ke tempat yang agung. Sementara secara istilah, haji adalah menyengaja berkunjung ke Baitullah, di Makkah untuk melakukan ibadah pada waktu dan cara tertentu serta dilakukan dengan tertib. 

Ucapan doa untuk orang berangkat haji merupakan ungkapan tulus dari orang-orang terdekat. Kamu juga bisa mendoakan orang yang berangkat haji dengan doa yang dilafalkan oleh nabi Muhammad SAW. Jadi, tidak hanya sekadar memberi ucapan, kamu juga bisa mendoakan orang yang berangkat haji.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/7/2023) tentang ucapan doa untuk orang berangkat haji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Berangkat Haji

Sebelum mengenali ucapan doa untuk orang berangkat haji, kamu perlu mengenali doanya terlebih dahulu. Ucapan doa untuk orang berangkat haji tentu perlu dipahami oleh umat Islam. Pasalnya, ucapan doa untuk orang berangkat haji ini pernah dilafalkan Rasulullah SAW saat ada seseorang yang berangkat haji. Berikut ucapan doa untuk orang berangkat haji yang dilafalkan oleh Nabi Muhammad SAW:

Doa untuk orang berangkat haji Arab:

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Doa untuk orang berangkat haji Latin: 

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Arti doa untuk orang berangkat haji:

“Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.” 

Ucapan doa untuk orang berangkat haji tersebut dibaca Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:

“Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

3 dari 4 halaman

Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Haji

Berikut beberapa ucapan doa untuk orang berangkat haji:

1. Bismillahirahmanirrahim, Ya Allah karuniakanlah haji yang mabrur teruntuk saudaraku dan semoga dosa-dosa terampuni.

2. Selamat menjalankan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, Aamiin.

3. Semoga Allah memberimu keselamatan dan kekuatan untuk melakukan haji dengan sempurna tanpa membuat dosa. Aku berdoa semoga berkat-Nya akan membimbingmu. Haji Mubarok!

4. Selamat menunaikan ibadah haji pak, semoga istiqomah, dilancarkan, dan diberi kesehatan selalu. Aamiin.

5. Selamat menjalankan ibadah haji. Semoga Allah selalu memudahkan langkahmu sehingga bisa menjalankan rangkaian ibadah di Tanah Suci dengan khusyuk dan tidak ada halangan satupun juga.

6. Selamat menunaikan ibadah haji, Pak. Semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah, tetap sehat selama di Tanah Suci, begitu juga kembalinya ke Tanah Air. Aamiin YRA.

7. Semoga selamat, sehat, dan lancar dalam menjalankan ibadah hajinya bu, titip doa agar saya dan keluarga selalu diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah umroh dan haji seperti ibu lakukan dengan keluarga aamiin.

8. Semoga Allah menerima hajimu, semoga Allah mengampuni dosamu dan memberi ganti untuk biaya perjalananmu.

9. Bismillahirahmanirrahim, selamat menunaikan ibadah haji. Semoga senantiasa dilimpahkan kemudahan di setiap perjalanan ke Tanah Suci. Semoga mendapat ibadah yang makbul dan penuh hidayah.

10. Aku mengucapkan selamat menjalankan  rukun Islam yang kelima. Semoga ibadah hajimu ini menjadi penyempurna ibadahmu yang lain. Dan semoga sepulang dari ibadah haji, kamu memperoleh haji mabrur, kebahagiaan dan kelimpahan rezeki.

11. Selamat karena telah dipilih Allah SWT untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Selalu bersyukur dan berdoa agar ibadah yang penuh dengan keberkahan ini bisa berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

12. Selamat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT.

13. Bismillahirahmanirrahim, selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah senantiasa memudahkan langkah sehingga dapat menjalankan ibadah ke Tanah Suci dengan khusyuk dan tiada halangan apapun.

14. Selamat berhaji. Pahala menunaikan ibadah haji dengan segala syaratnya tidak lain adalah surga! Semoga selamat sampai pulang ke tanah air dan lancar semuanya. Haji Mubarok!

15. Selamat menunaikan ibadah haji buat ibu, semoga perjalanan pulang pergi akan selalu sehat dan kuat.

4 dari 4 halaman

Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Haji untuk Orang Terdekat

Berikut beberapa ucapan doa untuk orang berangkat haji:

16. Bismillahirahmanirrahim, selamat untuk Bapak dan Ibu sekalian, karena Allah telah memberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang sungguh mulia. Semoga ibadah haji yang Bapak dan Ibu laksanakan diterima oleh Allah. Amin ya rabbal alamin.

17. Selamat menunaikan ibadah haji Pak. Semoga dapat menjalankannya penuh kekhusyukan, menjadi amal salih untuk bapak dan sekeluarga.

18. Ya Allah, karuniakanlah haji yang mabrur yang barokah dan dosa-dosanya dileburkan. Amin. Selamat ibadah haji.

19. Selamat berangkat haji! Semoga pelaksanaan Rukun Islam yang kelima ini menjadi awal yang penuh berkah dan barokah dalam kehidupan. Semoga Allah menjadikan haji yang mabrur.

20. "Selamat berangkat haji! Semoga segala doa-doa yang dipanjatkan di Tanah Suci bisa diijabah oleh Allah Swt."

21. "Selamat menjalankan ibadah haji orang tuaku tercinta, selamat sampai tujuan dan semoga Allah selalu melindungi Ayah dan Ibu di sana."

22. "Barakallah, selamat menjalankan ibadah haji, saudaraku, semoga setelah kepulangan nanti Allah melindungimu dan mengijabah doamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya."

23. "Selamat berangkat haji! Semoga pelaksanaan rukun Islam yang kelima ini menjadi awal yang penuh berkah dan barokah dalam kehidupan. Semoga Allah Swt. menjadikan haji yang mabrur.”

24. "Selamat menunaikan ibadah haji, Ayah dan Ibu, semoga keberangkatan ke Tanah Suci berjalan lancar dan Allah selalu memberikan kemudahan serta kesehatan, aamiin."

25. "Selamat menunaikan ibadah haji, semoga keberangkatan ke Tanah Suci berjalan lancar dan Allah selalu memberikan kemudahan serta kesehatan, aamiin."

26. "Selamat atas keberangkatannya ke Tanah Suci, semoga segala doa-doa yang dipanjatkan di sana diijabah oleh Tuhan yang Maha Kuasa, dan mendapat lindungan dari Allah."

27. "Selamat berangkat ke Kota Makkah ya, selamat haji, Insyaallah keberangkatanmu akan memperoleh amalan yang berlimpah dan mabrur, serta mendapat rida dari-Nya baik di dunia ataupun akhirat."

28. "Dari doa anak-anakmu, umi dan abi, hati-hati di jalan saat menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi jamaah yang mabrur. Selamat berangkat haji."

29. "Selamat menunaikan ibadah haji, semoga selalu mendapatkan amalan yang banyak dan menjadi Hajah yang mabrur, Allah pasti akan mencintaimu."

30. "Ibadah haji adalah ibadah yang sangat diimpikan oleh semua orang. Selamat, sahabatku, Allah sangat menyayangimu sehingga bisa dapat ke Tanah Suci."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.