Sukses

5 Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah Singkat yang Menarik

Contoh cerita pengalaman liburan sekolah mungkin perlu dikenali oleh para siswa.

Liputan6.com, Jakarta Contoh cerita pengalaman liburan sekolah mungkin perlu dikenali oleh para siswa. Pasalnya, setelah liburan sekolah usai, biasanya guru meminta kamu untuk menuliskan cerita tentang pengalaman liburan. Namun, tak sedikit orang yang bingung menulis cerita liburan sekolah ini.

Liburan sekolah tentunya menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah. Pasalnya, setelah sibuk bersekolah setiap harinya untuk belajar dan berkutat dengan tugas-tugas sekolah, kamu pada akhirnya bisa bebas bermain dan bersantai di rumah.

Liburan bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Hal ini tidak melulu harus berkaitan dengan liburan ke luar kota atau pergi berbelanja dengan anggota keluarga. Kamu juga bisa melakukan banyak hal menyenangkan dengan teman atau keluarga pada masa liburan sekolah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023) tentang contoh cerita pengalaman liburan sekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah ke Pantai

Contoh cerita pengalaman liburan sekolah biasanya bercerita tentang kegiatan pergi ke tempat wisata. Seperti contoh cerita pengalaman liburan sekolah di bawah ini, yang berjudul Liburan ke Pantai.

Liburan ke Pantai

Liburan akhir tahun bulan Desember saat ini telah tiba. Tentunya sekolah mendapatkan jatah libur dalam waktu dua minggu.  Untuk mengisi hari libur, ayah dan ibu mengajakku liburan bersama dan memutuskan untuk pergi dan menginap di pantai.

Kebetulan lokasi rumahku dengan pantai membutuhkan perjalanan yang cukup panjang sekitar sembilan jam menggunakan mobil.  Demi mengejar pemandangan alam yang bagus, ayah memutuskan untuk pergi pada malam hari dengan harapan sampai pantai pagi hari dan dapat menikmati sunrise.

Pantai yang akan kamu kunjungi yaitu pantai Menganti. Lokasi pantai tersebut berhiaskan pasir putih dengan air laut yang jernih. Sesampainya di pantai pada pagi hari ayah dan ibu memutuskan untuk mendirikan tenda untuk beristirahat. Pemandangan matahari terbit pantai yang indah kamu nikmati dengan penuh bahagia.  Seluruh keluargaku tampak senang dan antusias menikmati waktu bersama untuk liburan akhir tahun ini.

3 dari 6 halaman

2. Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah Merawat Kucing

Contoh cerita pengalaman liburan sekolah juga bisa bercerita tentang kegiatan di rumah. Seperti contoh cerita pengalaman liburan sekolah di bawah ini, yang berjudul Merawat Kucing.

Merawat Kucing

Awal liburan menjadi kesedihan bagiku karena tiga kucingku sakit mulai dari saat liburan hingga sekarang saat masuk sekolah. Awalnya kucing muntah dan tidak mau makan dan minum. Setelah itu aku bawa ke dokter. Kata dokter, kucingku sakit. Ibu yang tau nama penyakit si kucing.  Akhirnya kucing itu ku bawa pulang dengan beberapa obat yang harus dikasih saat kucing makan.

Kasihan sekali kucingku, ia tidak berdaya. Lalu beberapa hari kemudian, dua kucing lainnya terlihat lemas dan tidak bersuara. Ternyata dua-duanya juga sakit. Lalu aku kembali membawa kucing ke dokter dan diberikan obat lagi. Sampai saat ini kucingku masih terlihat lemas tidak mau diajak bermain. Aku selalu mengusap badan mereka dan memberikan makanan serta minuman dan obat.

4 dari 6 halaman

3. Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah Membantu Ibu

Contoh cerita pengalaman liburan sekolah tentang kegiatan di rumah lainnya yaitu dengan membantu ibu di rumah. Seperti contoh cerita pengalaman liburan sekolah di bawah ini, yang berjudul Membantu Ibu di Rumah.

Membantu Ibu di Rumah

Liburan semester akhir tahun lalu kebetulan saya dan keluarga tidak bepergian kemana-mana. Sehingga, selama dua minggu itu saya melakukan kegiatan di rumah maupun sekitar rumah dengan bermain bersama teman-teman kompleks. Meski tidak kemana-mana, namun momen liburan yang lalu cukup menyenangkan untuk saya. Selain dapat bermain bersama teman-teman sekitar, saya setiap hari membantu ibu saya di rumah. Setiap pagi setelah bangun tidur saya membantu ibu saya menyirami tanaman dan menyapu halaman. Setelahnya, saya membantu ibu mencuci beberapa piring dan peralatan di dapur.

Dari semua kegiatan itu, yang paling menyenangkan untuk saya adalah saat membuat kue. Di akhir tahun, ibu saya membuat beberapa jenis kue karena akan ada saudara yang datang dari jauh. Saya pun membantu ibu seharian di dapur menyiapkan adonan. Saya membantu ibu mencetak kue-kue kering menjadi bentuk-bentuk hati yang lucu.

Ketika memanggang pertama kali, ternyata saya lupa menaruh kacang mete di atas adonan. Jadilah cetakan pertama kue tidak diberi kacang mete. Ibu pun menasehati saya agar jangan lupa lagi. Akhirnya, kue cetakan pertama yang tidak ada kacang metenya saya yang menghabiskan sembari memanggang kue selanjutnya. Kuenya sangat enak, saya sangat suka membantu membuat kue bersama ibu karena saya bisa sekalian mencicipi kue-kue yang baru dipanggang.

5 dari 6 halaman

4. Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah Memancing Bersama Ayah

Berikut contoh cerita pengalaman liburan sekolah yang berjudul Memancing Bersama Ayah.

Memancing Bersama Ayah

Saya mengisi waktu libur dengan pergi memancing ikan bersama ayah. Ayah mengajak saya pergi memancing bersamanya di sungai pada hari minggu pagi. Sungai itu terbentang membelah kebun kelapa sawit milik kami. Kami sarapan dulu di rumah dan kemudian berangkat sangat pagi dengan menggunakan sepeda motor.

Saat kami sampai di kebun kami, ayah saya memarkir motor itu di bawah pondok. Dia memintaku untuk mengumpulkan beberapa kayu kering dan rumput atau daun kering. Ketika saya sudah mengumpulkan kayu dan daun kering yang cukup, ayah saya menyalakan api di tengah tungku. Dia bilang bahwa asap dari api tersebut akan menakuti beberapa hewan berbahaya seperti beruang dan babi hutan untuk mendekat ke pondok sehingga hal itu akan membuat kami lebih aman.

Setelah membersihkan beberapa rumput liar di sekitar pondok, ayah memberi saya sebuah cangkul dan meminta saya untuk menggali tanah untuk mencari cacing. Saat sudah memiliki jumlah cacing yang cukup, saya membawanya ke ayah dan kami langsung pergi ke sungai.

Kami memasang cacing di kail sebagai umpan untuk menangkap ikan. Sebagai pemancing pemula, saya tidak bisa memasang cacing pada kail dengan benar, dan terlihat seakan-akan itu hampir jatuh dari kail, tapi ayah bilang itu tidak apa apa. Ayahku baik sekali mau mengajarkanku dengan sabar hingga pada akhirnya aku bisa dengan sendirinya memancing serta mendapat hasil tangkapan berupa udang. Pada akhirnya saya sudah mengerti caranya dan berhasil menangkap udang yang banyak. Kemudian sebelum kami pulang ke rumah, kami memasak udang itu di pondok dan menyantapnya bersama.

6 dari 6 halaman

5. Contoh Cerita Pengalaman Liburan Sekolah Bermain Kembang Api

Berikut contoh cerita pengalaman liburan sekolah yang berjudul Bermain Kembang Api.

Bermain Kembang Api

Saat liburan sekolah ayahku membelikanku kembang api. Pada malam harinya kami menyalakannya di depan rumah. Ketika Ayahku mulai menyalakan kembang api tersebut, tiba-tiba terdengar suara keras yang berbunyi duarrrr. Aku sedikit kaget, begitu juga dengan satpam kompleks yang tidak jauh dengan kamin pada saat itu.

Oo ternyata, ayahku keliru. Ayahku membeli sebuah petasan, bukanlah kembang api. Pada akhirnya satpam kompleks tersebut pun menghampiri kami dan menegur kami karena telah membuat kegaduhan di tengah perumahan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.