Sukses

14 Contoh Cerita Fantasi, Karangan dengan Daya Imajinasi Berbagai Kisah

Contoh cerita fantasi, elemen dan karakteristik yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Fantasi adalah genre sastra yang menampilkan unsur magis dan supernatural yang tidak ada di dunia nyata. Meskipun beberapa penulis mencoba untuk menyandingkan latar dunia nyata dengan unsur-unsur fantastik. Cerita fantasi bersifat spekulatif, serta tidak terikat dengan kenyataan atau fakta ilmiah. Contoh cerita fantasi bisa Anda jumpai dalam novel, film, dan masih banyak lagi.

Ada banyak pembaca ketika membaca fiksi sastra, mampu memberikan pelarian yang sangat dibutuhkan sehingga mereka dapat menanggung kesulitan kehidupan sehari-hari. Hal itu bisa Anda jumpai, ketika karakter sulap menghuni dunia yang dapat dikenali dan berbicara dengan kondisi manusia, di mana cerita fiksi dapat menarik pembaca keluar dari kepala mereka sendiri. Contoh cerita fantasi membuat pembaca dapat menciptakan dunia mereka sendiri.

Cerita fantasi membuat pengarang mengandalkan apa yang ada dalam angan-angannya, untuk kemudian dituangkan menjadi sebuah cerita. Tujuan dari teks cerita fantasi adalah untuk menghibur dan meningkatkan imajinasi para pembaca. Untuk lebih jelas, maka pembaca harus lebih memahami pengertian teks cerita fantasi dari para ahli, ciri-ciri, struktur hingga contoh cerita fantasi. 

Berikut ini contoh cerita fantasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Sejarah Cerita Fantasi

Fantasi modern dimulai pada abad kesembilan belas, mengikuti periode romansa Eropa yang sopan dan kisah-kisah yang unsur-unsur fantastiknya masih dianggap agak dapat dipercaya. Penulis Skotlandia George MacDonald, yang novelnya Phantastes (1858) menampilkan seorang pemuda yang ditarik ke dunia mimpi di mana ia memiliki serangkaian petualangan, dikreditkan dengan menulis fantasi fiktif pertama untuk orang dewasa.

Orang Inggris William Morris, yang dikenal dengan fantasi abad pertengahan dan khususnya novelnya The Well at the World's End (1896), kemudian membuat terobosan dalam genre ini dengan sepenuhnya menciptakan dunia fantasi yang ada di luar dunia yang dikenal.

Dalam dekade berikutnya, fantasi terus berevolusi, terdiversifikasi, dan semakin populer, dengan The Sword of Shannara (1977) karya Terry Brooks menjadi novel fantasi pertama yang muncul di daftar buku terlaris perdagangan The New York Times; Novel Harry Potter karya J. K. Rowling (1997-2007) menjadi seri buku terlaris sepanjang masa; dan Hollywood mengadaptasi banyak cerita fantasi menjadi film-film hits dan acara televisi.

Unsur-unsur fantastis selalu menjadi bagian dari penceritaan, sebagaimana dibuktikan oleh para dewa, binatang buas, dan sihir yang ditemukan dalam mitologi kuno, cerita rakyat, dan teks-teks keagamaan di seluruh dunia. Fantasi sebagai genre sastra jauh lebih baru dan berbeda dari pendahulunya karena pengarangnya dikenal dan baik mereka maupun penontonnya memahami karya tersebut sebagai fiktif.

 

3 dari 6 halaman

Genre Cerita Fantasi

Terdapat beberapa sub genre penting dari fantasi:

1. Fantasi tinggi atau epik

Terletak di lingkungan magis yang memiliki aturan dan hukum fisiknya sendiri, plot dan tema sub genre ini memiliki skala yang lebih besar, dan biasanya berpusat pada satu pahlawan yang berkembang dengan baik atau sekelompok pahlawan, seperti Frodo Baggins dan rekan-rekannya di J. R. R. Tolkien's Penguasa Cincin (1954).

2. Fantasi rendah

Fantasi rendah mencakup elemen magis tak terduga yang mengejutkan karakter, seperti patung-patung plastik menjadi hidup di The Indian in the Cupboard (1980) karya Lynne Reid Banks.

3. Realisme magis

Meskipun mirip dengan fantasi rendah, karakter realisme magis menerima elemen fantastik seperti levitasi dan telekinesis sebagai bagian normal dari dunia realistis mereka, seperti dalam film klasik One Hundred Years of Solitude (1967) karya Gabriel García Márquez.

4. Pedang dan sihir

Sebuah subset dari fantasi tinggi, ini berfokus pada pahlawan yang menggunakan pedang, seperti barbar tituler dalam cerita fiksi pulp Conan karya Robert E. Howard.

5. Fantasi gelap

Menggabungkan unsur fantasi dan horor, tujuannya adalah untuk menakut-nakuti dan menakut-nakuti pembaca, seperti raksasa, monster dunia lain di alam semesta H. P. Lovecraft.

6. Fabel

Menggunakan hewan yang dipersonifikasikan dan supranatural, fabel memberikan pelajaran moral, seperti cerita dalam Fabel Aesop dan Malam Arab.

7. Dongeng

Ditujukan untuk anak-anak, dongeng dan cerita rakyat ini biasanya berlatar di dunia magis yang jauh (dengan permulaan seperti "Dahulu kala, di negeri yang jauh, jauh sekali...") di mana troll, naga, penyihir, dan karakter supernatural lainnya adalah menerima kebenaran, seperti dalam Dongeng Grimm Brothers Grimm (1812).

8. Fiksi pahlawan super

Tidak seperti cerita di mana seorang pahlawan memperoleh kemampuan khusus melalui cara ilmiah, seperti paparan radiasi, kekuatan protagonis ini adalah supranatural.B

 

4 dari 6 halaman

Elemen dan Karakteristik Cerita Fantasi

Sebelum mengetahui contoh cerita fantasi, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui elemen serta karakteristiknya. Dalam cerita fantasi, ada elemen pendukung cerita, yang terbagi menjadi: 

1. Baik dengan jahat

2. Pencarian heroik (atau jahat) untuk kekuasaan atau pengetahuan

3. Tradisi dan perubahan

4. Individu dengan masyarakat

5. Manusia dan alam

6. Manusia dan dirinya sendiri

7. Kedewasaan

8. Cinta

9. Pengkhianatan

10. Perjalanan epik

Melansir dari laman Master Class, Adapun perbedaan antara cerita fantasi dengan cerita horor dan ilmiah adalah: 

a. Fantasi adalah genre biasanya tidak memiliki dasar fakta ilmiah atau spekulasi, serta mencakup elemen supernatural dan magis yang tidak masuk akal, seperti penyihir dari seri Harry Potter karya J. K. Rowling, atau naga, raksasa, dan White Walkers dari A Game of Thrones karya George R. R. Martin.

b. Fiksi ilmiah adalah cerita menampilkan teknologi dan skenario alam atau teknologi yang saat ini mungkin atau mungkin secara realistis menjadi mungkin di masa depan. Misalnya, dalam cerita pendeknya, “Burning Chrome” (1982) dan novel Neuromancer (1984), penulis sci-fi William Gibson menciptakan frase “cyberspace” dan menulis tentang jaringan kompleks database komputer yang berbagi informasi, memprediksi internet.

c. Berbeda dengan dua genre lainnya, yang mungkin mengandung unsur-unsur mengerikan, horor terutama berfokus pada suasana hati. Tujuan dasarnya adalah untuk menciptakan suasana yang meresahkan dan memberikan pembaca rasa takut dan takut. 

 

5 dari 6 halaman

Contoh Cerita Fantasi

1. Pensil Ajaib

Laila adalah seorang gadis miskin yang pandai. Sebagian waktunya ia gunakan untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Laila juga suka menghabiskan waktunya untuk menggambar.

Sayangnya, kini ia tidak dapat menggambar lagi karena pensil yang dimilikinya sudah hampir habis dan sangat pendek sehingga tidak dapat digunakan lagi. Laila juga tidak bisa membeli pensil baru karena tidak memiliki cukup uang.

Dalam kesehariannya, Laila membantu orang tuanya memunguti plastik yang ada di jalan. Saat mengambil plastik, Laila menemukan ada sebuah pensil yang tergeletak di jalan. Laila mengambilnya dengan senang karena akan dapat menggambar lagi sepulang mencari plastik.

Saat di rumah, Laila mulai mengeluarkan pensil yang ia temukan tadi di jalan. Laila mencoba menggambar bunga di kertasnya. Alangkah kagetnya ketika selesai menggambar, tiba-tiba menjadi bunga sesungguhnya dan tergeletak di atas kertas tempat ia menggambar.

Laila merasa kaget dan tidak percaya. Ia mulai menggambar ayam untuk memastikan apakah yang ia lihat memang nyata. Sesaat setelah ia menggambar ayam, alangkah kagetnya tiba-tiba di hadapannya ada seekor ayam hidup yang berkokok sangat kencang.

Kini ia menyadari bahwa ia memiliki sebuah pensil ajaib. Dengan sigap ia segera menggambar berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh keluarganya. Ia menggambar beras, makanan, lauk-pauk, uang, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Saat orang tua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia kebutuhan mereka dapat tercukupi.

Meski begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. Ia tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.

2. Batu Menangis

Ada seorang anak perempuan yang sangat manja. Ia suka membeli barang-barang mewah padahal ibunya hanyalah seorang penjual kayu bakar. Meski begitu, jika ia tidak dituruti kemauannya, ia akan marah. Ia akan mulai merajuk dan menangis hingga ibunya menuruti segala permintaannya.

Ia selalu meminta dibelikan ini itu tanpa memikirkan apakah ibunya memiliki uang atau tidak. Ibunya selalu berusaha sabar, meskipun untuk mengumpulkan uang saja, ia harus berjalan sangat jauh dari hutan ke kota untuk menjual kayu bakarnya.

Suatu ketika, anak perempuan tersebut meminta ibunya menemani membeli baju baru di kota. Ia membeli baju sangat banyak dan meminta ibunya untuk membawakan semua barang belanjaannya. Ia memperlakukan ibunya seperti layaknya seorang pembantu.

Saat sedang perjalanan pulang, ada seseorang yang memanggil gadis itu. "Hai, gadis cantik, sungguh cantik parasmu. Sedang bersama ibumu kah dirimu?" tanya pemuda tersebut.

Gadis tersebut merasa malu untuk mengakui ibunya yang berpakaian lusuh. Gadis itu berkata, "Bukan, dia adalah pembantuku".

Mendengar pernyataan tersebut, ibunya sangat kecewa dan sedih. Tanpa terasa sang ibu berdoa kepada Tuhan, "Ya Tuhan, aku sangat kecewa. Aku marah mempunyai anak yang hatinya keras bagaikan batu. Lebih baik jadikan dia batu saja".

Ibunya berkata demikian sembari meninggalkan anaknya sendirian. Ibu itu berlari pulang dengan hati yang sangat kecewa.

Tiba-tiba langit menggelegar dan gadis itu berubah menjadi batu. Batu tersebut menangis dan mengeluarkan air mata, "Huhuhuh, Ibu maafkan aku", begitu tangisnya. Tangisnya membesar dan membuatnya menjadi danau dengan patung anak perempuan di sampingnya. Ia dikutuk menjadi batu menangis selamanya.

6 dari 6 halaman

Contoh Cerita Fantasi Lainnya

Selain contoh di atas, beberapa contoh cerita fantasi yang terkenal sepanjang masa di antaranya adalah:

1. Alice in Wonderland (1865) oleh Lewis Carroll

2. The Hobbit (1937) oleh J. R. R. Tolkien

3. The Lord of the Rings (1954–1955) oleh J. R. R. Tolkien

4. Sang Singa, Sang Penyihir, dan Lemari (1950) oleh C. S. Lewis

5. Seratus Tahun Kesunyian (1967) oleh Gabriel García Márquez

6. Pengantin Putri (1973) oleh William Goldman

7. The Dark Tower: The Gunslinger (1982) oleh Stephen King

8. Kompas Emas (1995) oleh Philip Pullman

9. A Game of Thrones (1996) oleh George R. R. Martin

10. Harry Potter dan Batu Bertuah (1997) oleh J. K. Rowling

11. Mati Sampai Gelap (2001) oleh Charlaine Harris

12. American Gods (2001) oleh Neil Gaiman

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.