Sukses

5 Doa untuk Anak yang Ulang Tahun, Lengkap Contoh Ucapan Selamat

Penting bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak yang ulang tahun, agar anak mendapatkan selalu mendapatkan bimbingan dari Allah SWT sehingga dapat tumbuh menjadi anak yang shaleh.

Liputan6.com, Jakarta Membaca doa untuk anak yang ulang tahun tentu saja sangat bagi orang tua. Sebab doa merupakan bentuk rasa syukur karena kita bisa memenuhi amanat dari Allah SWT dalam bentuk anak, sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik hingga usianya saat ini.

Semakin bertambah usia anak, maka tantangan akan semakin bertambah dalam mengasuhnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak yang ulang tahun, agar anak mendapatkan selalu mendapatkan bimbingan dari Allah SWT sehingga dapat tumbuh menjadi anak yang shaleh. 

Selain membaca doa untuk anak yang ulang tahun, kita juga bisa memberikan ucapan selamat kepada anak secara langsung sebagai bentuk afirmasi positif yang dapat mendorong anak untuk berpikir dan bertindak secara positif pula. Saat membaca doa untuk anak yang ulang tahun, sangatlah penting untuk melakukannya dengan kesungguhan dan keyakinan penuh, serta merasakan setiap kata yang terucap dalam doa tersebut. Dengan demikian, doa yang dibacakan akan memiliki makna yang mendalam dan mampu memberikan kekuatan dan motivasi kepada anak.

Membaca doa untuk anak yang ulang tahun juga dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mempererat hubungan dan keakraban antara orang tua dan anak. Dengan berdoa bersama, orang tua dapat memberikan contoh tentang nilai-nilai kebaikan dan keagamaan, serta mengajarkan rasa syukur kepada seluruh anggota keluarga.

Bagi orang tua yang anaknya akan segera berulang tahun, berikut adalah sejumlah bacaan doa untuk anak yang ulang tahun, lengkap dengan ucapan ulang tahun yang sangat menyentuh, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa untuk Anak yang Ulang Tahun agar Menjadi Saleh

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang saleh. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak yang ulang tahun. Adapun  bacaan doa untuk anak yang ulang tahun adalah sebagai berikut,

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa.”

Di samping itu, kita juga bisa memberikan ucapa ulang tahun untuk anak, berikut di antaranya:

1. "Selamat ulang tahun, anakku yang tercinta. Semoga kamu tumbuh menjadi anak yang baik, cerdas, dan menjadi kebanggaan bagi ayah dan ibu. Kami sangat mencintaimu. Selamat ulang tahun, nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu, semakin kuatlah imanmu kepada Allah SWT, dan semoga Allah selalu merahmatimu."

2. "Putriku yang paling indah, semoga dengan bertambahnya usiamu ini, kamu semakin dewasa, cantik, dan taat kepada-Nya."

3. "Selamat ulang tahun yang ke [masukkan usia]! Kamu adalah anak yang luar biasa dan kami sangat bangga dengan semua prestasi yang telah kamu raih tahun lalu. Kami berharap impianmu menjadi kenyataan di tahun-tahun mendatang yang indah. Selamat ulang tahun!"

4. "Selamat ulang tahun, sayang. Tak terasa kamu semakin dewasa. Semoga dengan bertambahnya usiamu, kamu semakin baik dan bahagia. Bunda dan ayah berharap agar kamu menjadi anak yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, berbakti kepada kedua orang tua, dan memiliki persahabatan yang baik dengan teman-temanmu. Amin."

5. "Selamat ulang tahun, anakku yang tercinta. Semoga panjang umur, menjadi anak yang cerdas, dan berbakti kepada orang tua. Ibu akan selalu menyayangimu."

6. "Selamat ulang tahun, anakku yang tercinta, (nama). Selamat atas bertambahnya usiamu. Aku mendoakan agar hidupmu dipenuhi kebaikan dan berkah. Semoga kita tetap menjadi sahabat baik di dunia maupun di akhirat."

7. "Barakallah fii umrik, anakku. Tak terasa kamu semakin dewasa dan matang. Doaku khusus untukmu adalah agar kita selalu menjadi anak yang saleh. Amin."

8. "Semoga Allah memberkahi usiamu. Doa kami agar umurmu penuh berkah, membawa kebaikan bagi semua orang, dan menjadi kesempatan untuk lebih giat beribadah. Selamat ulang tahun, nak. Ayah dan ibu berharap engkau dapat menjadi seperti yang kami harapkan."

9. "Selamat ulang tahun, Nak! Semoga engkau menjadi pribadi yang lebih baik, lebih saleh, dan menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus dari ayah dan bunda selalu menyertaimu."

10. "Semoga Allah memberkahi anakku. Semoga keberkahan mengiringi setiap langkah hidupmu. Jadikan impian dan harapanmu sebagai motivasi untuk belajar dengan rajin. Doaku akan selalu mendampingi setiap langkahmu!

3 dari 6 halaman

Doa untuk Anak yang Ulang Tahun agar Panjang Umur

Panjang umur adalah hal yang umum diharapkan dalam sebuah perayaan ulang tahun. Oleh karena itu, membaca doa untuk anak yang ulang tahun agar panjang umur adalah sesuatu yang sebaiknya tidak boleh dilewatkan. Adapun bacaan doa untuk anak yang ulang tahun agar panjang umur adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya: “Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.”

Selain membaca doa untuk anak yang ulang tahuin agar panjang umur, kita juga bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun agar anak juga merasa senang. Berikut adalah sejumlah contoh ucapan ulang tahun untuk anak:

1. "Selamat ulang tahun, jagoan kecilku. Jadilah anak yang saleh, cerdas, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat mencintaimu. Selamat ulang tahun, Nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu, semakin bertambah pula ketakwaanmu kepada Allah SWT, dan semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang-Nya padamu."

2. "Semoga Allah memberkahi usiamu, Nak. Semoga Allah memberkahi sisa umurmu agar engkau dapat menjadi pribadi yang lebih baik, lebih saleh, dan lebih beruntung di tahun-tahun mendatang. Jangan lupa beribadah dan mendoakan ayah dan bundamu setiap waktu."

3. "Selamat ulang tahun untuk anak kesayangan papa dan mama. Meskipun kami tidak dapat memberikan hadiah fisik, kami akan selalu mendoakanmu. Kami berdoa agar Allah selalu melindungimu dan mewujudkan semua cita-citamu."

4. "Semoga Allah memberkahi anak tampanku. Semoga keberkahan selalu menyertai setiap tahapan hidupmu. Jadikan impian dan harapanmu sebagai motivasi untuk belajar dengan giat. Doa kami akan selalu mendampingi setiap langkahmu!"

5. "Selamat ulang tahun, Nak! Semoga engkau menjadi pribadi yang lebih baik, lebih sholeh, dan menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus dari ayah dan bunda selalu menyertaimu."

6. "Semoga Allah memberkahi usiamu, Sayang. Semoga hidupmu dipenuhi dengan berkah dan segala urusanmu dilancarkan."

7. "Selamat ulang tahun, Jagoan Bunda. Semoga engkau menjadi anak yang hebat, mendapatkan ilmu yang bermanfaat di sekolah, dan mencapai prestasi yang baik. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya agar engkau tetap menjadi anak yang sholeh."

8. "Semoga Allah memberkahi usiamu, anak papa dan mama! Semoga engkau selalu dianugerahi kebahagiaan dan kebaikan setiap hari di masa depan."

9. "Selamat ulang tahun, Nak. Maafkan ibu yang tidak dapat memberikan apapun untukmu. Mainan, makanan, atau kue, semuanya tidak ada pada hari spesial ini dalam hidupmu. Namun, ibu selalu mendoakan agar suatu hari nanti engkau dapat mewujudkan impianmu."

10. "Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami sebagai anak-anak yang saleh dan taat kepada-Mu, mencintai Rasul-Mu, dan berbakti kepada kedua orang tua mereka."

4 dari 6 halaman

Doa untuk Anak yang Ulang Tahun agar Diberi Tambahan Ilmu dan Keberkahan

Hidup yang penuh dengan keberkahan adalah kehidupan yang pastinya diinginkan banyak orang. Dengan kehidupan yang berkah, kita akan senantiasa merasakan kedamaian dalam hidup. Oleh karena itu penting juga bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak yang ulang tahun agar mereka mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

Selain membaca doa untuk anak yang ulang tahun, orang tua hendaknya juga mengucapkan selamat ulang tahun pada anak. Adapun contoh ucapannya sebagai berikut:

1. "Senyum dan kebahagiaanmu membuat kami semakin kuat. Dengan bertambahnya usiamu, semoga engkau semakin cerdas dan semakin membuat kami bahagia. Kami akan memberikan yang terbaik untukmu. Selamat ulang tahun untuk anakku."

2. "Barakallah fii umrik, anak ayah dan bunda yang paling tampan! Semoga pada hari yang penuh kebahagiaan ini, engkau selalu diberikan umur panjang, kesehatan, iman, dan taqwa. Semoga engkau kelak menjadi anak yang sholeh, berguna bagi agama, bangsa, dan negara."

3. "Selamat ulang tahun, Nak. Usiamu bertambah satu tahun. Bertambah pula tanggung jawabmu untuk belajar dengan lebih rajin lagi."

4. "Selamat milad, anakku. Semoga engkau dapat menjadi pribadi yang lebih bertakwa, diberikan rezeki yang berlimpah, dan selalu dilindungi di dunia dan akhirat."

5. "Selamat ulang tahun! Semoga di usiamu saat ini, engkau diberkahi dengan umur yang penuh berkah dan segala cita-citamu terwujud."

6. "Barakallahu fii umrik, semoga di usiamu saat ini, engkau diberkahi oleh Allah SWT. Selamat ulang tahun yang penuh berkah."

7. "Barakallah fii umrik, semoga Allah memenuhi hidupmu dengan momen-momen bahagia yang tak terhingga, kejutan indah yang tak terhitung, dan kesuksesan tanpa batas! Selamat ulang tahun."

8. "Selamat ulang tahun, pahlawan Ayah dan Bunda. Semoga engkau menjadi anak yang luar biasa. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya agar engkau selalu menjadi anak yang saleh."

9. "Selamat Milad, Putraku yang tampan. Semoga engkau menjadi pribadi yang lebih taqwa. Semoga engkau selalu diberkahi dengan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat."

10. "Engkau adalah seorang anak yang luar biasa dan kami sangat bangga dengan semua pencapaianmu tahun lalu. Di sini untuk tahun yang indah di masa depan, kami berharap semua impianmu menjadi kenyataan!"

5 dari 6 halaman

Doa untuk Anak yang Ulang Tahun agar Paham Agama

Sebagai orang tua dan sebagai muslim, tentunya kita mengharapkan anak yang paham dengan ilmu agama. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membaca doa untuk anak yang ulang tahun agar diberikan pemahaman terhadap ilmu agama. Adapun bacaan doa untuk anak yang ulang tahun agar paham agama adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an).” (HR.Bukhari)

Selain itu, sebagai orang tua kita juga bisa memberikan ucapak selamat ulang tahun secara langsung kepada anak. Berikut adalah contoh ucapan selamat ulang tahun kepada anak:

1. "Mabruk fi waladik annallaha yaj'aluhu waladan sholihan barron li walidayhi. Keberkahan untukmu, wahai anakku. Semoga Allah menjadikanmu anak yang saleh dan berbakti kepada orangtua."

2. "Selamat ulang tahun untuk bintang kecil di keluarga kami yang paling bersinar. Sejak engkau lahir, keluarga kita menjadi penuh cinta dan kebahagiaan. Selamat ulang tahun, anakku. Nikmatilah kebahagiaan di hari ini!"

3. "Selamat ulang tahun, sang buah hati. Semoga saat engkau tumbuh besar, engkau menjadi anak yang saleh, penuh kasih kepada orang tua, dan taat beragama."

4. "Tak terasa engkau semakin besar sekarang. Selamat ulang tahun kepada anak yang tampan dan cerdas. Papa dan Mama berharap engkau mampu mencapai cita-citamu. Semoga selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang. Selamat dalam segala hal."

5. "Ya Allah, berikanlah umur yang panjang dan penuh berkah bagi anak kami, dan jadikanlah dia manusia yang bermanfaat bagi umat yang banyak di masa yang akan datang."

6. "Barakallah fii umrik, anak papa dan mama! Semoga engkau selalu diberikan kebahagiaan dan kebaikan setiap hari di masa depan."

7. "Semoga dengan bertambahnya usia, engkau menjadi individu yang mulia, semakin dikasihi oleh Allah SWT, dan mencintai Allah SWT. Semoga umurmu penuh berkah, pahalamu bertambah, dan segala urusanmu dipermudah oleh Allah SWT."

8. "Selamat ulang tahun untuk anak Mama dan Papa yang berani. Teruslah menjadi anak yang selalu membuat kami bahagia dengan kehadiranmu di keluarga kecil kita. Kami akan berusaha terus membuatmu bahagia, Nak. Kami sangat mencintaimu, jagoan Mama dan Papa."

9. "Selamat ulang tahun. Hari yang bahagia. Semoga sukses dan tetap sehat selalu."

10. "Selamat merayakan hari ulang tahun, Sayang. Semoga tetap kuat, sabar, dan tabah dalam menghadapi kehidupan."

6 dari 6 halaman

Doa untuk Anak yang Ulang Tahun agar Menjadi Cerdas

Pemahaman terhadap ilmu agama memang sangat penting sebagai bekal di akhirat kelak. Akan tetapi, sebagai orang tua kita juga tidak boleh mengabaikan kehidupan anak di dunia. Untuk dapat menjalani kehidupan di dunia dengan baik, tentu anak perlu dibekali ilmu yang bermanfaat. Selain mempersiapkan rencana pendidikan terbaik,orang tua juga perlu membaca doa untuk anak yang ulang tahun agar menjadi cerdas. Berikut bacaannya,

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Selain itu, orang tua juga dapat memberikan ucapan selamat ulang tahun secara langsung kepada anak. Berikut contoh ucapannya:

1. "Barakallah fii umrik, Sayang. Semoga hidupmu penuh berkah dan segala urusanmu lancar."

2. "Selamat ulang tahun. Selamat berbahagia. Semoga hari ini menjadi awal perjalananmu yang membawa cita-cita setinggi langit."

3. "Putraku tercinta, Selamat ulang tahun. Semoga umur panjang, kesehatan sempurna, dan selalu taat pada perintah Allah SWT. Amin."

4. "Selamat ulang tahun anakku yang tampan. Ayah dan ibu berharap semakin bertambahnya usiamu, semakin matanglah kedewasaanmu. Tetaplah semangat dalam mengejar impian dan cita-citamu."

5. "Untuk putraku tersayang yang merayakan ulang tahun ini. Ibu memberikan hadiah terbaik untukmu dengan sengaja. Semoga kamu menyukainya. Harapan ibu adalah agar kamu semakin tampan, baik, dan cerdas dalam kehidupan ini."

6. "Sekarang usiamu kembali bertambah dan kamu menjadi pribadi yang lebih pintar. Semoga di usiamu yang sekarang, engkau selalu diberi kebahagiaan dan terus membanggakan keluarga."

7. "Anakku tercinta, hari ini engkau semakin dewasa. Jadilah bahagia setiap hari. Kami akan selalu menjaga dan mencintaimu sepanjang waktu. Selamat Ulang Tahun. Semoga engkau memiliki umur panjang."

8. "Selamat ulang tahun Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih saleh, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu."

9. "Barakallah anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar. Doaku menyertai setiap langkahmu!"

10. "Selamat ulang tahun jagoan Bunda, semoga kamu menjadi anak yang hebat, di sekolah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan prestasi yang baik. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya agar kamu senantiasa menjadi menjadi anak saleh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.