Sukses

Doa Sebelum Mengaji dan Setelahnya, Pahami Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Doa sebelum mengaji perlu kamu lafalkan agar amalan membaca Al-Quran makin berkah.

Liputan6.com, Jakarta Doa sebelum mengaji dan setelahnya penting dipahami umat Islam. Pasalnya, Al-Quran merupakan pedoman hidup yang paling utama bagi umat Islam, sehingga harus dibaca, dipahami, dan diamalkan secara rutin.

Al-Quran adalah adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia. Keutamaan mengaji atau membaca Al-Quran begitu besar bagi muslim.

Doa sebelum mengaji perlu kamu lafalkan agar amalan membaca Al-Quran makin berkah. Selain itu, ada pula doa setelah mengaji yang tidak kalah penting kamu lafalkan. Dengan begitu, amalan yang kamu laksanakan jadi makin diberkahi Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2023) tentang doa sebelum mengaji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memohon Hikmah dan Rahmat saat Mengaji

Doa sebelum mengaji dan setelahnya ini penting dipahami oleh setiap umat Islam. Berikut doa sebelum mengaji:

Doa sebelum mengaji tulisan Arab:

للّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Doa sebelum mengaji Latin:

Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi.

Arti doa sebelum mengaji: 

“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

3 dari 5 halaman

Jangan Lupa Juga Baca Doa Setelah Mengaji

Selain mengenal doa sebelum mengaji, kamu tentu perlu juga mengenali doa setelah mengaji. Berikut doa setelah mengaji:

Doa setelah mengaji tulisan Arab:

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Doa setelah mengaji Latin:

Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina.

Arti doa setelah mengaji:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

4 dari 5 halaman

Keutamaan Mengaji atau Membaca Al-Quran

Setelah mengenali doa sebelum mengaji, kamu tentu perlu memahami keutamaan membaca Al-Quran bagi umat Islam. Melansir laman Kemenag, Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam kitabnya, Riyaadhus-Shaalihiin, membuat bab khusus tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an. Berikut beberapa keutamaan mengaji atau membaca Al-Quran:

1. Menjadi Penolong di Hari Kiamat

Keutamaan mengaji atau membaca Al-Quran yang pertama, Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya. Hal ini berdasarkan sebuah hadis, yang artinya:

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim);

2. Orang yang Belajar dan Mengajar Al-Quran adalah Sebaik-baik Manusia

Keutamaan mengaji yang kedua yaitu orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Quran merupakan sebaik-baik manusia. Hal ini berdasarkan hadis berikut, yang artinya:

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi);

3. Bersama Malaikat yang Mulia

Keutamaan membaca Al-Quran selanjutnya, untuk orang-orang yang mahir membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat-Nya. Hal ini terdapat dalam suatu hadis, yang artinya:

Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim);

4. Tetap dapat Pahala Walau Masih Terbata-bata

Untuk umat Islam yang belum lancar dalam membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an, tidak boleh bersedih, sebab Allah SWT tetap berikan dua pahala. Hal ini terdapat dalam sebuah hadis, yang artinya:

Rasulullah bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim);

 

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Derajat di Mata Allah SWT

Keutamaan mengaji berikutnya yaitu Al-Qur’an dapat meningkatkan derajat kita di mata Allah SWT. Berikut hadis yang menjelaskan hal tersebut:

Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allah SWT. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim);

6. Mendapatkan Ketenangan, Rahmat, dan Pujian dari Allah SWT

Dalam literatur hadis lain, dijelaskan juga tentang keutamaan membaca Al-Qur'an. Antara lain, bahwa Allah akan menurunkan ketenangan, rahmat dan memuji suatu kaum yang melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an, serta malaikat akan melingkarinya.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

7. Khatam Al-Quran adalah Amal yang Paling Dicintai Allah SWT

Mengkhatamkan Al-Qur’an adalah amal yang paling dicintai Allah SWT. Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dijelaskan, yang artinya:

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi:2872, Sunan Tirmidzi, Bab maa jaa-a annal-Qur’an unzila ‘alaa sab’ati ahruf, juz 10, hal.202)

 

Demikian penjelasan tentang doa sebelum mengaji dan keutamaan mengaji itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.