Sukses

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil dengan Mudah dan Cepat

Menyengatnya aroma asap rokok di kabin mobil bisa membuat tidak nyaman, ini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil, mungkin bau timbulnya bau tak sedap di dalam kabin menjadi salah satu masalah yang paling sering muncul. Bagaimana tidak, asap rokok memang memiliki aroma yang sangat kuat dan perlu mempraktikkan cara menghilangkan bau rokok di mobil yang benar.

Aroma kuat dari asap rokok juga akan menempel di berbagai bagian dalam mobil, seperti jok, langit-langit mobil, setir, dan berbagai bagian dalam mobil lainnya. Apabila sudah begitu, biasanya bisa menimbulkan tidak nyaman baik bagi pengemudi maupun penumpang. Bahkan kebiasaan merokok di dalam mobil, juga akan menyebabkan timbulnya berbagai bercak kuning hingga kehitaman di bagian interior.

Mungkin beberapa dari Anda pernah mencoba beberapa cara menghilangkan bau rokok di mobil namun belum berhasil. Benar saja, karena ada beberapa cara menghilangkan bau rokok di mobil yang khusus untuk dilakukan, dan tidak bisa menggunakan cara yang sama seperti membersihkan mobil pada umumnya.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menghilangkan bau rokok di mobil yang tepat dan tentunya cepat. Sehingga kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil tetap terjaga, Kamis (27/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Buka kaca sembari berkendara

Cara menghilangkan bau rokok di mobil yang paling umum dilakukan mungkin dengan membuka kaca sembari digunakan untuk berkendara. Memang hal ini bisa mengurangi kuatnya aroma rokok yang ada di dalam kabin mobil. Sebab udara di dalam mobil akan berganti dengan udara baru, dan aroma rokok bisa keluar dari kabin terbawa angin.

Biasanya durasi yang dilakukan agar aroma rokok bisa hilang dilakukan selama 5-10 menit saja. Tapi pastikan jika kondisi lalu lintas ketika kaca mobil dibuka tidak terlalu ramai. Salah-salah justru membuat berbagai asap dari kendaraan masuk ke dalam kabin dan bisa juga membahayakan kesehatan pernapasan.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan pengharum mobil

Setelah dilakukan cara menghilangkan bau rokok di mobil pada poin sebelumnya, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari pengharum mobil. Sebenarnya kehadiran pengharum tersebut sudah sangat umum di kalangan pemilik mobil. Adanya pengharum mobil tersebut dapat menghilangkan dan menetralkan bau yang tidak sedap dalam kabin mobil.

Tentunya, selain membantu dalam mengurangi bau tidak sedap akibat asap rokok, adanya pengahrum di dalam mobil juga bisa menambah kenyamanan dalam berkendara karena menimbulkan kesan sejuk, bersih, serta mood akan menjadi semakin baik.

4 dari 6 halaman

3. Pakai bantuan bahan alami

Apabila mempraktikkan kedua cara di atas masih belum terlalu bagus hasilnya, maka Anda bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Dari beberapa bahan alami yang bisa membantu dalam mengurangi aroma rokok di dalam mobil, Anda cukup menggunakan salah satunya saja lalu cukup letakkan di salah satu sudut kabin.

Berikut ini beberapa bahan alami tersebut:

a. Bubuk kopi

Cara menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau rokok pada mobil yaitu dengan menyebarkannya di dalam kabin mobil, seperti di bawah karpet atau jok. Lalu biarkan bubuk kopi tersebut di dalam kabin mobil semalaman.

b. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis memiliki aroma yang kuat dan sangat berguna untuk membuat kabin mobil lebih wangi. Cara penggunaannya, Anda cukup mencampurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Lalu aduk hingga rata dan letakkan di wadah seperti bekas kaleng permen yang memiliki penutup. Lalu lubangi bagian atasnya sebagai jalan udara dan letakkan di salah satu sudut kabin.

c. Bubuk vanilla

Tidak dapat dipungkiri jika bubuk vanilla memiliki keunggulan di aromanya yang kuat, mampu menyerap bau tak sedap, serta memberi aroma wangi pada kabin mobil.

Pengaplikasiannya cukup dengan membungkus bubuk vanilla tersebut menggunakan kain tipis. Lalu kain tipis tersebut letakkan di bawah kursi atau di sudut kabin yang aman.

d. Baking soda

Bahan ini bisa dikatakan salah satu bahan serbaguna. Bahkan selain ampuh membersihkan berbagai macam alat dapur, baking soda juga ampuh menghilangkan bau rokok di kabin mobil.

Cara menggunakan bahan satu ini cukup siapkan sebuah kotak yang dilubangi atau hanya dengan menyebarnya pada kabin mobil. Kemudian diamkan selama beberapa hari, lalu bersihkan.

5 dari 6 halaman

4. Vacuum dan lap Interior

Sudah menggunakan cara menghilangkan bau rokok di mobil di atas namun masih saja bau rokok terlalu kuat? Mungkin sudah saatnya Anda meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan tiap bagian kabin dengan menggunakan vacuum cleaner hingga ke sela-sela terkecil, seperti di bawah karpet dan dekat tuas transmisi. Lalu, Anda bisa juga lap interior mobil dengan cairan pembersih, mulai dari jok, kaca bagian dalam, dashboard hingga bagian langit-langit.

6 dari 6 halaman

5. Pergi ke salon mobil

Tapi, jika Anda merasa cukup malas dan tidak ada waktu yang cukup banyak untuk menghilangkan aroma rokok dari dalam kabin, maka cara menghilangkan bau rokok di mobil yang terakhir yaitu dengan menggunakan jasa salon mobil.

Selain tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dan pengerjaan di salon yang cukup cepat, hasil yang didapatkan juga sangat optimal dan bisa dikatakan efektif. Mobil tidak hanya akan menjadi wangi, namun seluruh bagian mobil akan menjadi bersih dan juga rapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini