Sukses

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Alami dan Tindakan Medis

Bahan alami sebagai penunjang cara menghilangkan bekas jerawat bisa didapatkan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas jerawat cukup mudah, asal dilakukan dengan benar. Namun, meskipun banyak sekali cara menghilangkan bekas jerawat yang diklaim ampuh, tetap saja jika kondisinya sudah parah diperlukan bantuan dari dokter.

Sebenarnya cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa dilakukan dengan bantuan bahan alami. Tapi perlu diingat, jika penggunaan bahan alami hanya ampuh apabila bekas jerawat tidak terlalu parah. Beberapa bahan alami sebagai penunjang cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa didapatkan secara mudah.

Bahan tersebut antara lain jeruk nipis, madu, tomat, mentimun serta lidah buaya. Sejak dahulu bahan-bahan tersebut dikenal sangat ampuh untuk mengatasi berbagai bekas jerawat yang cukup membandel.

Selain bahan alami, cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa dengan menggunakan bantuan pasta gigi. Mungkin jarang yang menyadarinya, padahal pasta gigi sangat efektif untuk mengatasi bekas jerawat tersebut.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami atau cara medis tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, perhatikan dengan seksama, Minggu (9/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tomat dan Mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami bisa dengan menggunakan tomat dan mentimun. Kedua bahan ini dipercaya ampuh dalam mengatasi bekas jerawat yang masih belum terlalu parah. Untuk memanfaatkan tomat dan mentimun ini, bisa menggunakan dua metode, yaitu dengan cara dijadikan masker atau dengan rutin mengonsumsinya.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bantuan tomat dan mentimun sebagai masker, caranya dengan menghaluskan kedua bahan ini secara bersamaan. Setelah itu, oleskan racikan tersebut secara merata pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit.

jika dirasa sudah cukup, bilas masker yang menempel pada wajah dengan air bersih. Supaya hasilnya masimal, maka Anda bisa mempraktikkan cara menghilangkan bekas jerawat ini secara rutin tiga kali seminggu.

Nah, sedangkan metode kedua yaitu dengan mengonsumsi tomat dan timun secara teratur. Cara ini selain ampuh menghilangkan bekas jerawat, juga dianggap ampuh untuk menjadikan kulit wajah menjadi lebih halus, karena adanya kandungan baik vitamin dan mineral di dalamnya.

3 dari 8 halaman

2. Jeruk Nipis dan Madu

Setelah itu, cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya dengan menggunakan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan alami ini dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Cara membuat ramuan jeruk nipis dan madu sangat mudah, yaitu dengan menggunakan satu sendok makan madu dan campur dengan satu sendok perasan air jeruk nipis.

Aduk rata kedua bahan tersebut lalu oleskan ke seluruh wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan terlebh dahulu masker jeruk dan madu tersebut selama kurang lebih 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4 dari 8 halaman

3. Lidah Buaya

Lidah buaya selain baik bagi kesehatan rambut, juga sangat baik bagi kesehatan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang efektif Anda bisa mengupas kulit lidah buaya dan mengoleskan cairan jel ke bagian yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 30-50 menit hingga mengering. Lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa membilasnya dengan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin.

5 dari 8 halaman

4. Teh Hijau

Lalu ada teh hijau, yang merupakan tanaman dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan flavonoid dan tanin membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Antioksidan dalam teh hijau yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG) terbukti mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaannya bisa dengan langsung sebagai kompres jerawat. Cukup dengan menyeduh sekantung teh hijau, dinginkan dan tempelkan pada kulit berjerawat. Gunakan air teh hijau hasil seduhan untuk semprotan wajah agar peradangan berkurang. Atau Anda juga bisa membuat masker teh hijau dengan menumbuk teh hijau hingga halus lalu dicampur sedikit air dan oleskan ke wajah.

6 dari 8 halaman

5. Pasta Gigi

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya bisa menggunakan bantuan dari pasta gigi. Pastikan pasta gigi yang digunakan tidak memiliki kandungan mint dan fluoride. Jangan juga menggunakan jenis pasta gigi yang mengandung deterjen.

Apliksinya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada area kulit bekas jerawat sebelum tidur dan biarkan semalaman hingga mengering. Kandungan silica yang ada pada pasta gigi tersebut yang sangat berguna dalam mengeringkan bekas jerawat.

7 dari 8 halaman

6. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah teknik penyembuhan bekas jerawat dengan menggunakan cairan asam untuk mengangkat sel kulit mati. Target pengelupasannya ada pada lapisan kulit luar. Selain membuat kulit tampak lebih muda dan mengurangi kerutan pada wajah, chemical peeling juga dapat membantu menghilangkan bercak kehitaman akibat paparan sinar matahari serta bekas jerawat.

8 dari 8 halaman

7. Skin Needling

Dermaroller atau skin needling adalah jenis alat penggulung kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya dengan dengan menjalankan roller di atas kulit yang akan merusak jaringan kulit mati agar segera terbentuk kulit yang baru.

Ukuran jarum yang digunakan tergantung dari kedalaman bekas luka yang terdapat pada wajah. Semakin dalam bekas jerawat, maka semakin panjang pula jarum yang akan digunakan agar hasilnya maksimal. Cara menghilangkan bekas jerawat ini sangat populer karena biayanya yang sangat murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini