Sukses

Cara Membuat Keju Mozzarella Asli yang Melar dan Enak, Hanya 20 Menit

Bahan utama cara membuat keju mozzarella asli adalah asam sitrat, rennet, dan susu.

Liputan6.com, Jakarta Apakah keju mozzarella asli bisa dibuat sendiri di rumah? Keju dengan tekstur lembut, kenyal, dan berwarna putih bersih sedikit kekuningan ini bisa dibuat sendiri.

Lalu bagaimana cara membuat keju mozzarella asli yang melar dan enak itu? 

Melansir dari The Kitchn, pada Selasa (22/2/2022) cara membuat keju mozzarella asli bisa diselesaikan dalam waktu 20 menit saja. Bahan cara membuat keju mozzarella paling utama adalah asam sitrat, rennet, dan susu.

“Hangatkan susu dengan asam sitrat, tambahkan rennet untuk memisahkan susu menjadi dadih dan whey, panaskan lagi, uleni regangan uleni, dan kemudian cara membuat keju mozzarella selesai,” dijelaskan.

Itu cara sederhana membuat keju khas Italia yang enak. Agar bisa lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bahan, alat, dan cara membuat keju mozzarella versi The Kitchn, Selasa (22/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Cara Membuat Keju Mozzarella

Bahan apa saja yang diperlukan cara membuat keju mozzarella? Bahan cara membuat keju mozzarella paling utama adalah asam sitrat, rennet, dan susu.

Dijelaskan, asam sitrat adalah bentuk bubuk dari asam yang ditemukan dalam lemon dan limau. Sementara rennet adalah protein dalam susu yang dapat membentuk dadih padat dan elastis.  

Bahan cara membuat keju mozzarela untuk susu, hampir semuanya cocok. Mulai dari susu utuh, susu kadar 2 persen, skim, sapi, kambing, mentak, organik, atau pasteurisasi.

“Satu-satunya aturan adalah menghindari susu yang telah dipasteurisasi dengan suhu ultra tinggi (UHT),” dijelaskan.

Ini bahan dan alat cara membuat keju mozzarella yang dibutuhkan:

- 1 1/4 cangkir Air

- 1 1/2 sendok the Asam sitrat

- ¼ rennet tablet atau 1/4 sendok teh rennet cair (Bukan Junket rennet, lihat catatan di bawah)

- 1 galon Susu, utuh atau 2%, tidak ultra-pasteurisasi*

- 1 sendok teh garam

Peralatan:

- 5 liter atau pot non-reaktif yang lebih besar

- Gelas dan sendok takar

- Termometer

- Pisau, spatula tidak terpasang, atau alat tipis serupa untuk memotong dadih

- Sendok berlubang

- Mangkuk microwave

- Sarung tangan karet

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Keju Mozzarella

1. Siapkan Asam Sitrat dan Rennet

Cara membuat keju mozzarella pertama, takar 1 gelas air. Aduk asam sitrat sampai larut. Ukur 1/4 cangkir air dalam mangkuk terpisah. Aduk rennet sampai larut.

2. Hangatkan Susu

Cara membuat keju mozzarella kedua, tuang susu ke dalam panci. Aduk larutan asam sitrat. Atur panci di atas api sedang-tinggi dan hangatkan hingga 90 ° F, aduk perlahan.

3. Tambahkan Rennet

Cara membuat keju mozzarella ketiga, angkat panci dari api dan aduk perlahan larutan rennet. Hitung sampai 30 detik. Berhenti mengaduk, tutup panci, dan diamkan selama 5 menit.

4. Potong Dadih

Cara membuat keju mozzarella keempat, setelah lima menit, susu seharusnya sudah mengeras, dan seharusnya terlihat dan terasa seperti tahu sutra yang lembut. Jika masih cair, tutup kembali panci dan biarkan selama lima menit lagi.

5. Potong Seragam

Cara membuat keju mozzarella kelima, setelah susu mengeras, potong menjadi dadih yang seragam. Buat beberapa potongan paralel secara vertikal melalui dadih dan kemudian beberapa potongan paralel secara horizontal, buat pola seperti kisi-kisi. Pastikan pisau mencapai semua bagian bawah panci.

6. Memasak Dadih

Cara membuat keju mozzarella keenam, letakkan panci kembali di atas kompor dengan api sedang dan hangatkan dadih hingga 105 ° F.

Cara membuat keju mozzarella selanjutnya, aduk perlahan saat dadih hangat, tetapi cobalah untuk tidak terlalu banyak memecahkannya. Dadih pada akhirnya akan menggumpal dan terpisah lebih lengkap dari whey kuning.

7. Hapus Dadih dari Panas dan Aduk

Cara membuat keju mozzarella ketujuh, angkat panci dari api dan terus aduk perlahan selama 5 menit.

8. Pisahkan Dadih dari Whey

Cara membuat keju mozzarella kedelapan, sendok dadih ke dalam mangkuk tahan microwave dengan sendok berlubang.

9. Microwave Dadih

Cara membuat keju mozzarella kesembilan, panaskan dadih selama satu menit. Tiriskan whey. Kenakan sarung tangan karet Anda dan lipat dadih beberapa kali. Pada titik ini, dadih masih akan sangat longgar dan seperti keju cottage.

10. Microwave Dadih hingga 135°F

Cara membuat keju mozzarella kesepuluh, panaskan dadih selama 30 detik lagi dan periksa suhu internalnya. Jika suhu telah mencapai 135°F, lanjutkan dengan meregangkan dadih.

Jika tidak, cara membuat keju mozzarella lanjutkan microwave dalam waktu 30 detik hingga mencapai suhu. Dadih perlu mencapai suhu ini agar dapat meregang dengan benar.

11. Regangkan dan Bentuk Mozzarella

Cara membuat keju mozzarella kesebelas, taburkan garam di atas keju dan remas dengan jari-jari Anda untuk menggabungkannya. Gunakan kedua tangan, cara membuat keju mozzarella regangkan dan lipat dadih berulang kali. Ini akan mulai mengencang, menjadi kencang, dan menjadi berkilau.

Ketika ini terjadi, mozzarella siap untuk dibentuk. Buat satu bola besar, dua bola kecil, atau beberapa bocconcini seukuran gigitan. Cobalah untuk tidak membuat mozzarella terlalu banyak bekerja atau tidak dipindah-pindah.

12. Menggunakan dan Menyimpan Mozzarella

Cara membuat keju mozzarella kedua belas, mozzarella dapat langsung digunakan atau disimpan di lemari es selama seminggu.

Untuk mendinginkan, tempatkan mozzarella dalam wadah kecil. Cara membuat keju mozzarella bagian akhir, campur satu sendok teh garam dengan secangkir whey dingin dan tuangkan di atas mozzarella. Tutup dan dinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.