Sukses

25 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat, Mudah Dilakukan

Berikut ini cara memerahkan bibir secara alami dan cepat dan sudah pasti bebas dari bahan kimia berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Cara memerahkan bibir secara alami dan cepat memang biasa menjadi hal yang dicari-cari oleh banyak orang, terutama para wanita yang ingin menambah daya tarik dari segi penampilannya. Selain lebih aman, cara memerahkan bibir secara alami dan cepat ini juga cukup murah untuk diikuti. Sebab bahan yang digunakan memang sangat mudah didapatkan dan bukan merupakan bahan yang langka. 

Rasanya cukup wajar ketika cara memerahkan bibir secara alami dan cepat ini dijadikan sebuah alternatif pengganti lipstik. Sebab, pada beberapa orang, menggunakan lipstik yang kurang tepat dapat menyebabkan kering dibibir dan berbagai masalah lainnya. Selain itu, harga lipstik juga cenderung cukup mahal, terutama yang terbukti memiliki kandungan yang aman.

Tapi, apakah cara memerahkan bibir secara alami dan cepat dapat benar-beanr efektif? Pada dasarnya, segala hal yang berasal dari bahan alami tidak serta merta merubah baik dari bentuk, warna dan berbagai hal lainnya begitu saja, semudah membalikkan telapak tangan.

Dibutuhkan proses yang diperlukan kesabaran dan konsisten dengan prosesnya. Bahkan, hampir di seluruh anggota tubuh yang menggunakan perawatan alami juga membutuhkan proses ketika untuk mencapai hasil. Salah satunya ketika ingin memutihkan kulit, memutihkan gigi, melebatkan dan mengkilaukan rambut, hingga menumbuhkan brewok pada para pria.

Jika Anda penasaran bagaimana sebenarnya cara memerahkan bibir secara alami dan cepat tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber, apa saja cara memerahkan bibir secara alami dan cepat yang bisa Anda praktikkan, Senin (20/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat

1. Lemon

Cara memerahkan bibir secara alami dan cepat pertama bisa menggunakan bantuan dari buah lemon. Buah lemon sangat baik untuk menghilangkan warna gelap pada bibir dan meningkatkan warna merah merona pada bibir secara alami.

2. Jeruk nipis

Layaknya buah lemon, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengoleskan buah ini pada area bibir dapat membantu untuk mengangkat sel kulit yang mati, sehingga kulit bibir dapat regenerasi dengan optimal.

3. Madu

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang sangat baik untuk merangsang epidermis agar tercipta kolagen baru. Hal tersebut yang akan membuat warna merah bibir dapat muncul caranya cukup mencampur madu dengan gula lalu gosok pada bibir agar kulit mati terangkat.

4. Air mawar

Air mawar merupakan bahan alami yang membantu untuk melembapkan kulit, dan manfaat tersebut bisa membantu dalam melembapan kulit di area bibir yang bisa menjadi penyebab bibir merah.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu beri dua tetes air mawar dengan enam tetes madu. Oles ramuan ini antara tiga hingga empat kali sehari. Penggunaan ramuan ini bisa menjadi pengganti dari lip balm.

5. Kelopak mawar

Selain dari air mawar, Anda juga bisa menggunakan kelopak mawar yang diberi campuran susu untuk memerahkan bibir secara alami dan cepat. Hal ini karena kelopak mawar dipercaya mengandung minyak dan gula alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, adanya kandungan susu yang dicampur tersebut juga dapat berfungsi untuk sebagai melembapkan bibir secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat alami dari kelopak mawar bagi bibir, Anda cukup menyiapkan 1/2 cangkir susu yang digunakan untuk merendam 5-6 kelopak mawar selama satu malam. Lalu, pada pagi hari, saring kelopak mawar dan hancurkan. Ramuan kelopak mawar yang sudah jadi bisa diaplikasikan menjadi pasta ke seluruh bibir.

3 dari 6 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat

6. Kunyit

Selanjutnya, Anda bisa memerahkan bibir secara alami dengan kunyit. Cara aplikasinya juga cukup mudah seperti beberapa bahan sebelumnya, yaitu dengan menumbuk halus 2 ruas jari kunyit, dan selanjunya tinggal oleskan ke bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Susu murni

Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan susu. Pengunaan susu ternyata cukup baik untuk memerahkan bibir secara alami. Kandungan asam laktat pada susu cukup efektif untuk mencerahkan bibir Anda.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan susu murni pada bibir dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, jangan lupa bilas bersih agar tidak amis. Penggunaan susu ini baik untuk regenerasi sel-sel kulit mati pada bibir.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal akan kandungan vitamin E dan vitamin K yang sangat baik untuk menutrisi kulit dan memerahkan bibir secara alami. Untuk menggunakannya hanya dengan mengoleskannya saja secara rutin di setiap hari ketika malam atau pagi hari sebelum beraktivitas.

9. Minyak almond

Masih dari jenis minyak, cara memerahkan bibir secara alami dan cepat bisa menggunakan bantuan dari minyak almond. Sebabnya, minyak almond memiliki kandungan properti emollient yang bisa meremajakan dan menghaluskan kulit bibir agar warna pada bibir yang biasnya terlihat kusam dapat merah merona.

10. Minyak kelapa

Biasanya, minyak kelapa digunakan untuk merawat kulit tubuh. Penggunaan minyak kelapa ini akan sanagt baik untuk membuat bibir menjadi merah merona, serta regenerasi kulit mati di bibir akan menjadi lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat

11. Minyak jarak

Fungsi dan hasil dari jenis minyak jarak ini sama dengan beberapa jenis minyak di atas. Penggunaannya juga sebenarnya sama-sama dioles dengan rata. Namun, minyak jarak cukup popular digunakan sebagai pemerah bibir.

12. Gula

Di awal tadi, penggunaan madu yang dibantu gula bisa mengangkat sel kulit mati. Namun sebenarnya dengan gula itu sendiri, sangat baik dalam mengangkat kulit mati dan akan menjadikan bibir menjadi terlihat merah merona.

13. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan berupa antioksidan dan vitamin alami yang sangat baik bagi kesehatan dari kulit, baik tubuh maupun bibir. Untuk mendapatkan manfaat alpukat tersebut, terutama dalam memerahkan bibir, Anda bisa menghaluskan daging alpukat secukupnya, setelah itu oleskan pada bibir dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

14. Stoberi

Cara memerahkan bibir secara alami dan cepat dengan stroberi sebenarnya sama dengan memanfaatkan kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Selain memiliki kandungan vitamin C, stroberi juga memiliki kandungan antioksidan yang menjadi pemerah dari warna stroberi itu sendiri.

Warna dari stroberi tersebut cukup menempel di bibir ketika digunakan sebagai pemerah alami. Caranya cukup dengan mengoleskan buah stroberi yang sudah di belah menjadi dua bagian, lalu oleskan ke bibir.

15. Delima

Buah delima memiliki kandungan polifenol yang merupakan anti oksidan tinggi dan mampu menangkal radikal bebas. Untuk memerahkan bibir dengan buah delima, Anda cukup menghaluskan buah tersebut lalu oleskan ke bibir hingga rata dan diamkan selama beberapa menit.

5 dari 6 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat

16. Mentimun

Mentimun merupakan jenis bahan makanan yang memiliki kandungan berupa air yang sangat tinggi. Kandngan air tersebut termasuk berbagai nutrisi yang ikut larut di dalamnya. Dengan kandungan air yang tinggi, maka Anda bisa membuat bibir menjadi segar dan cerah serta merah alami.

17. Daun mint

Selain memberi rasa segar dan dingin, kandungan daun mint berupa vitamin dan mineral, sangat baik bagi kesehatan kulit bibir dan mampu menjadi cara memerahkan bibir secara alami dan cepat.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan 2 lembar daun mint lalu oleskan pada bibir dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas bersih.

18. Kentang

Selain menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Hal ini dapat membantu kulit bibir Anda menjadi sehat dan warna merah alaminya akan muncul bertahap.

19. Lidah buaya

Selain baik untuk menjaga kesuburan dan kelebatan dari rambut, lidah buaya sangat berguna dalam memerahkan bibir. Hal ini tidak lepas dari kandungan berbagai macam vitamin dan mineral di dalamnya, sehingga mampu menutrisi kulit bibir agar sehat dan merah alami.

Carany cukup mudah, yaitu dengan memotong-motong lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu ambil bagian gel yang kental tersebut, dan oleskan ke bibir. Diamkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas dengan air hingga bersih.

20. Pasta gigi

Selain praktis dan mudah untuk digunakan, pasta gigi yang kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya ini sangat baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit pada bibir.

Anda cukup mengaplikasikan pasta gigi pada bibir dengan cara dioles sedikit demi sedikit hingga rata. Tidak perlu terlalu tebal dalam menggunakannya. Setelah itu, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

6 dari 6 halaman

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Cepat

21. Es batu

Es batu? Mungkin bahan ini cukup aneh, karena bisa dibilang bukan merupakan bahan yang memiliki kandungna vitamin dan mineral penting. Namun, ternyata menggunakan es batu bisa berguna dalam membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah pada bibir akan menjadi lebih besar. Inilah mengapa, bibir akan menjadi tampak merah merona sesaat menggunakan es batu sebagai olesan.

22. Daun ketumbar

Daun ini mungkin umum dikenal sebagai rempah masakan. Namun, daun ketumbar ternyata baik untuk memunculkan warna merah pada bibir. Kandungan senyawa umbelliferone dalam ketumbar dapat membantu mengurangi pigmentasi. Maka, dengan menggunakan masker bibir yang terbuat dari daun ketumbar secara teratur sangat dipercaya untuk membantu bibir mendapatkan warna merah secara alami.

Anda bisa menggunakan daun ketumbar ini cukup dengan menyiapkan 5 lembar daun ketumbar yang dihancurkan hingga membentuk pasta. Lalu, Anda bisa mengoleskan pasta tersebut langsung ke bibir dan diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, maka bilas hingga bersih dengan air hangat, lalu keringkan dengan sempurna.

23. Cuka apel

Dengan mencampurkan cuka apel dengan lemon dan madu, ternyata cukup efektif dalam memerahkan bibir dan membuat bibir lebih cearah dari biasanya. Caranya tentu sangat mudah, dimana Anda hanya perlu mencampur cuka apel dengan madu serta perasan lemon, lalu oleskan merata dan tunggu 20 menit sebelum dibilas bersih.

24. Minyak wijen

Salanjutnya, Anda bisa memanfaatkan minyak wijen untuk memerahkan bibir. Kandungan minyak wijen yang disebut sesamol sangat dipercaya untuk menghambat biosintesis melanin. Itulah mengapa minyak wijen dipercaya mampu mengatasi bibir yang menghitam bahkan membuat merah dari bibir dapat muncul secara alami.

25. Daun sirih

Masyarakat di beberapa daerah Indonesia sejak zaman dulu memiliki salah satu kebiasaan untuk mengunyah sirih. Cara memerahkan bibir secara alami dan cepat dengan bahan ini cukup mudah, Anda tidak perlu mengunyahnya. Cukup tumbuk daun sirih yang diberi air sedikit. Lalu gunakan perasan dari daun sirih tersebut untuk dijadikan olesan di bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.