Sukses

24 Manfaat Temu Lawak untuk Kecantikan dan Kesehatan, Kenali Lebih Jauh

Manfaat temu lawak untuk kecantikan dan kesehatan bisa dirasakan dengan mengonsumsi ramuan tradisionalnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat temu lawak untuk kecantikan dan kesehatan begitu menakjubkan. Temu lawak adalah tanaman herbal asli Indonesia yang termasuk dalam famili Zingiberaceae. Manfaat temu lawak untuk kecantikan baik mengatasi jerawat, menghaluskan, mencerahkan, menghilangkan noda hitam, sampai mencegah penuaan.

Sementara manfaat temu lawak untuk kesehatan lebih beragam. Kandungan kurkumin, tonikum, antiinflamasi, dan antioksidannya yang memainkan peran. Inilah mengapa manfaat temu lawak untuk kesehatan baik untuk sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, peradangan, mengontol kolesterol, dan masih banyak lagi.

Untuk merasakan manfaat temu lawak untuk kecantikan dan kesehatan, tanaman herbal satu ini harus dibuat ramuan. Aturan konsumsi ramuan jamu tradisional temu lawak baik dua kali dalam satu minggu. Aturan minum jamu temu lawak ini cocok untuk pekerja keras, sebagaimana dijelaskan Guru Besar Ilmu Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Erni Hernawati Purwaningsih.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat temu lawak untuk kecantikan dan kesehatan dari berbagai sumber, Selasa (4/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kecantikan

Mengatasi Jerawat

Manfaat temu lawak untuk kecantikan bisa mengatasi jerawat. Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disbebakan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah. Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga merusak penampilan.

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat di wajah ini kamu bisa menggunakan temulawak. Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Dapatkan manfaat temulawak untuk wajah ini dengan melakukan perawatan wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temu lawak untuk kecantikan adalah menghaluskan wajah. Kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar. Nah, kalau kulit wajah kamu menjadi halus, maka akan terlihat terawatt dan juga akan membuat makeup yang digunakan terlihat lebih sempurna.

Mencerahkan Wajah

Manfaat temu lawak untuk kecantikan adalah dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap.

Agar kulit menjadi lebih cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi dari manfaat temu lawak untuk kecantikan pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Nah, kamu bisa menjadikan temulawak ini sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi dan nikmati hasil kulit wajah cerah.

3 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kesehatan

Peradangan

Manfaat temu lawak untuk kesehatan baik mengatasi peradangan. Temulawak memiliki kandungan berupa kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya peradangan di tubuh.

Terutama bagi penderita ostheoarthiritis. Manfaat temu lawak untuk kesehatan sangat direkomendasikan. Temulawak ini dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Begitu juga dengan ekstrask temulawak. Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

Nafsu Makan

Memiliki masalah dengan nafsu makan, cocok diatasi dengan manfaat temu lawak untuk kesehatan. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak.

Oleh karena itu, orang tua dapat memberikan temu lawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar.

Manfaat temu lawak untuk kesehatan dapat dirasakan dengan menjadikannya minuman hangat, merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.

Stamina

Manfaat temu lawak untuk kesehatan bisa diandalkan untuk meningkatkan stamina karena kandungan tonikumnya. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini patut dicoba alih-alih mengonsumsi obat kimia.

Untuk merasakan manfaat temu lawak untuk kesehatan ini, campurkan kunyit dengan temu lawak untuk kemudian dikonsumsi. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat.

Pencernaan

Manfaat temu lawak untuk kesehatan bisa jaga saluran pencernaan. Temu lawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Hal ini kemudian akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Manfaat temu lawak untuk kesehatan juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Tak hanya cocok dijadikan jamu, tetapi juga tambahan obat herbal untuk penambah nafsu makan.

Fungsi Hati

Manfaat temu lawak untuk kesehatan baik menjaga fungsi hati. Temulawak memiliki khasiat yang baik untuk organ hati. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kurkuminnya. Kurkuminnya dapat mencegah sel-sel hati berlemak. Oleh sebab itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Tak heran jika kemudian, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

4 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kecantikan

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat temu lawak untuk kecantikan bisa untuk menyamarkan noda hitam. Ya, noda hitam pada wajah ini diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan. Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan semakin sulit untuk ditutupi.

Nah, agar noda hitam tak semakin parah, kamu bisa menyamarkannya dengan manfaat temu lawak untuk kecantikan dengan menjadikannya dan menggunakan masker secara rutin. Salah satu bahan masker yang bisa kamu gunakan adalah dari temulawak.

Kaya Antioksidan

Manfaat temu lawak untuk kecantikan adalah dapat menjadi antioksidan yang alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat dari radikal bebas yang mungkin menyerang kamu.

Melembapkan Kulit

Manfaat temu lawak untuk kecantikan bisa menjaga kelembapan kulit. Memiliki wajah yang lembap dan tidak kering merupakan salah satu kondisi wajah yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kulit wajah kamu menjadi kering alis tidak lembap. Misalnya saja sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

Nah, untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembap, kamu bisa menggunakan manfaat temu lawak untuk kecantikan. Cara membuat masker dari temulawak ini adalah dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Meremajakan Kulit Wajah

Bila gejala penuaan sudah terlanjur muncul, tak perlu khawatir. Kamu bisa meremajakan kulit dengan berbagai macam perawatan. Salah satunya adalah dengan manfaat temu lawak untuk kecantikan. Ya, kamu bisa menemukan manfaat temulawak untuk meremajakan kulit wajah.

Manfaat temu lawak untuk kecantikan ini tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, namun bisa juga membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga kamu akan terlihat lebih muda.

5 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kesehatan

Kurangi Lemak

Manfaat temu lawak untuk kesehatan adalah berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh.

Tumbuhan herbal ini mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, manfaat temu lawak untuk kesehatan bisa menjadi alternatif diet sehat agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap aman.

Sistem Imun

Temulawak bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antioksidannya. Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman. Jadi, mulailah rutin mengonsumsinya. Buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

Masuk Angin

Di Indonesia tentu mengenal sakit masuk angin. Masuk angin oleh orang Indonesia dipahami sebagai kondisi dimana perut terasa kembung, mual, bahkan kepala pusing. Manfaat temu lawak untuk kesehatan adalah membantu mengatasi masuk angin. Temu lawak dapat membantu mengurangi rasa mual yang terjadi saat masuk angin, serta membuat tubuh terasa lebih hangat.

Anti Jamur dan Bakteri

Manfaat temu lawak untuk kesehatan adalah sebagai antijamur dan antibakteri. Kandungan antijamur dan antibakteri dalam temulawak dipercaya mampu membasmi bakteri dan jamur secara efektif.

Kandungan antibakteri dalam temu lawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan senyawa antijamur dalam temulawak dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

6 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kecantikan

Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat temu lawak untuk kecantikan bisa mengecilkan pori-pori. Memiliki pori-pori wajah yang besar, memang menjadi salah satu masalah kecantikan yang serius bagi sebagian orang. Sebab memiliki pori-pori wajah yang besar biasanya dapat menimbulkan wajah berjerawat.

Untuk mengecilkan pori-pori, kamu dapat mengandalkan manfaat temu lawak untuk kecantikan dengan menggunakan masker temulawak secara rutin. Sifat astringent yang terkandung di temulawak bermanfaat mengecilkan dan menghambat minyak secara berlebih.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat temu lawak untuk kecantikan adalah menghilangkan bekas luka. Wajah menjadi salah satu pusat penampilan yang kerap diperhatikan orang lain. Oleh sebab itu menjaga kecantikan dan kebersihan wajah menjadi hak yang perlu diperhatikan.

Tapi, ada kalanya kulit wajah mengalami masalah, seperti bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa mengandalkan manfaat temu lawak untuk kecantikan dengan menggunakan masker temulawak secara rutin. Maka secara bertahap bekas luka pada wajah dapat tersamarkan.

Mengencangkan Kulit

Manfaat temu lawak untuk kecantikan adalah mengencangkan kulit wajah. Memiliki kulit yang kencang dan tak kendur adalah dambaan banyak orang. Tapi seiring bertambah usia, kulit semakin tidak kencang. Untuk menjaga kulit wajah tetap kencang secara alami, kamu bisa menggunakan temulawak. Penggunaan temulawak secara rutin dipercaya dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang. Kandungan antioksidan dalam temulawak memiliki peran dalam proses membantu mengencangkan kulit.

7 dari 7 halaman

Manfaat Temu Lawak untuk Kesehatan

Maag

Penyakit maag dapat diatasi dengan temulawak. Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen. Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya merasakan manfaat temu lawak untuk kesehatan ini, temu lawak diracik dengan diiris tipis-tipis lalu direbus menggunakan air. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.

Kanker

Temulawak memiliki sifat antiperadangan. Tak heran jika manfaat temu lawak untuk kesehatan dapat diandalkan untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker. Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi, sehingga tubuh akan terhindar dari kanker.

Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini dapat mencegah berbagai jenis kanker. Termasuk kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidan.

Kolesterol

Manfaat temu lawak untuk kesehatan bisa mengontrol kolesterol. Memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung. Jadi, mulai andalkan manfaat temu lawak untuk kesehatan agar kolesterol tetap seimbang. Mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat mengatasinya dengan efektif.

Kurangi Lemak

Manfaat temu lawak untuk kesehatan berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh.

Tumbuhan herbal ini mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi temulawak bisa menjadi alternatif diet sehat agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap aman.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan yang terjadi pada persendian. Sendi-sendi yang mengidap penyakit ini akan terasa sakit dan kaku. Untuk mengatasi atau mencegahnya, coba andalkan manfaat temu lawak untuk kesehatan.

Manfaat temu lawak untuk kesehatan terkait osteoarthritis juga pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan, efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.