Sukses

10 Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak, Bikin Lebih Fokus

Tingkatkan fungsi kognitif dengan minuman ini.

Liputan6.com, Jakarta Otak merupakan organ paling penting dari tubuh. Adanya masalah pada otak bisa menimbulkan kekacauan pada tubuh. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerjanya.

Otak yang sehat akan memiliki fokus, memori, dan produktivitas yang berkualitas. Ini sebabnya peningkatan fungsi kognitif sangat diperlukan. Mengonsumsi nootropik jadi salah satu pilihan untuk meningkatkan fungsi otak.

Nootropik adalah kelas senyawa alami atau sintetis yang dapat meningkatkan fungsi otak. Nootropik bisa ditemukan pada banyak suplemen yang dijual bebas. Selain suplemen, nootropik bisa ditemukan secara alami dalam minuman tertentu.

Minuman-minuman yang dapat meningkatkan kesehatan otak ini mengandung antioksidan atau probiotik yang dapat mendukung fungsi otak. Minuman ini tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa, mulai dari jus buah hingga minuman herbal.

Berikut 10 minuman yang dapat meningkatkan kesehatan otak, dilansir Liputan6.com dari Healthline, Senin(5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Teh hijau

Teh hijau mengandung dua senyawa nootropik, - l-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG). Studi menunjukkan bahwa l-theanine dapat meningkatkan relaksasi, serta l-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan perhatian.

Sementara EGCG dapat memasuki otak melalui sawar darah-otak. Ini bisa memberikan efek menguntungkan pada otak hingga memerangi penyakit neurodegeneratif.

Teh herbal

Tak cuma teh hijau, berbagai jenis teh herbal juga bisa bermanfaat bagi otak. Teh gingko biloba misalnya, dapat meredakan gejala penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif ringan.

Teh sage dapat mendukung memori dan suasana hati. Teh ginseng memiliki sifat pelindung saraf dan untuk meningkatkan fungsi otak. Ginseng India dapat melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Teh rhodiola dapat membantu meningkatkan kelelahan mental dan fungsi otak.

3 dari 6 halaman

Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya dibuat dari teh hijau atau hitam, ditambah buah atau bahan herbal lainnya. Manfaat kombucha untuk kesehatan otak ada pada kandungan probiotiknya.

Secara teoritis, kesehatan usus yang baik dapat meningkatkan fungsi otak melalui poros otak-usus. Ini merupakan jalur komunikasi dua arah antara usus dan otak.

Kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Kefir dapat mengandung hingga 61 mikroorganisme yang berbeda. Ini menjadikannya sumber probiotik yang jauh lebih kuat daripada banyak produk susu fermentasi lainnya.

Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi yang dikemas dengan probiotik. Kefir dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Kefir merupakan sumber kalsium, protein dan vitamin B.

4 dari 6 halaman

Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Jus jeruk

Jus jeruk kaya vitamin C yang bisa bermanfaat sebagai pelindung saraf. Satu ulasan menemukan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi memiliki tingkat perhatian, memori, dan bahasa yang lebih baik. Selain mengonsumsi jus jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi buah jeruk utuh. Buah utuh lebih rendah kalori dan gula, serta lebih tinggi serat.

Jus hijau

Tak cuma buah-buahan, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan otak dengan jus hijau. Jus hijau menggabungkan buah-buahan dan sayuran hijau. Sayur dan buah yang bisa dimasukkan seperti sayuran hijau tua seperti kale atau bayam, timun, apel hijau, rempah segar seperti serai. Minuman ini sangar kaya akan vitamin C dan antioksidan bermanfaat lainnya.

5 dari 6 halaman

Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Jus bit

Bit merupakan jenis umbi merah tua yang kaya nitrat secara alami. Jus bit meningkatkan produksi oksida nitrat. dapat Ini bisa meningkatkan oksigenasi sel dan meningkatkan aliran darah. Pensinyalan oksida nitrat memainkan peran di area otak yang bertanggung jawab untuk bahasa, pembelajaran, dan pengambilan keputusan tingkat lanjut.

Jus Blueberry

Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat peningkatan otak. Antosianin dalam blueberry sangat berperan dalam fungsi otak. Konsumsi jus blueberry bisa meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik. Anda juga bisa mengonsumsi blueberry utuh yang lebih rendah gula dan memberikan manfaat serupa.

6 dari 6 halaman

Minuman untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Kunyit

Minuman untuk tingkatkan kesehatan otak selanjutnya adalah kunyit. Rempah serbaguna ini tak hanya bisa menyedapkan masakan tapi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif. Kunyit mengandung antioksidan kurkumin yang dapat meningkatkan produksi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

BDNF rendah dikaitkan dengan defisit mental dan gangguan neurologis. Jadi peningkatan kadar BDNF dapat meningkatkan fungsi otak. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk susu kunyit, teh kunyit, atau aneka jamu seperti kunyit asam.

Kopi

Kopi adalah minuman nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Kafein di dalam kopi merupakan zat utama yang berperan dalam kesehatan otak. Kafein dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori. Kopi juga dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer. Selain kafein, kandungan asam klorogenat antioksidan dalam kopi juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.