Sukses

Dinilai Kebiasaan Buruk, Ini 7 Manfaat Ngemil bagi Tubuh

Manfaat ngemil bagi tubuh sangat banyak dan sayang jika dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ngemil bagi tubuh ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun, jenis camilan yang harus dikonsumsi juga perlu menjadi perhatian. Dari berbagai jenis camilan yang dijual di pasaran, selalu usahakan memilih camilan yang sehat.

Dilansir dari situs medlineplus.gov, meskipun ngemil memiliki citra yang cukup buruk, namun ada beberapa manfaat ngemil bagi tubuh yang bisa didapatkan. Beberapa manfaat ngemil bagi tubuh tersebut antara lain, dapat memberikan energi di tengah hari saat beraktivitas, atau ketika berolahraga. Selain itu, manfaat ngemil bagi tubuh di antara waktu makan, juga mampu mengurangi rasa lapar dan mencegah dari makan berlebihan.

Mungkin Anda cukup penasaran dengan apa saja manfaat ngemil bagi tubuh yang bisa didapatkan lebih jauh. Untuk menjawab rasa pensaran tersebut, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum berbagai macam manfaat ngemil bagi tubuh tersebut dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Melengkapi Kebutuhan Gizi

Manfaat ngemil bagi tubuh yang pertama yaitu dapat melengkapi kebutuhan gizi Anda. Namun, agar kebutuhan gizi Anda dapat dipenuhi dengan optimal, Anda perlu mengonsumsi jenis camilan sehat seperti buah-buahan yang memiliki banyak kandungan serat, mineral, vitamin, serta nutrisi penting lainnya.

Hal tersebut sebenarnya tidak lepas dari makanan berat yang dikonsumsi, dimana belum tentu mengandung semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Itulah mengapa mengonsumsi camilan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3 dari 8 halaman

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat ngemil bagi tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh ini menjadi sangat penting, sebab tubuh dengan metabolisme yang baik akan lebih optimal untuk memproses makanan menjadi energi, serta akan meningkatakan pembakaran lemak pada tubuh.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan, manfaat ngemil bagi tubuh ini hanya bisa diperoleh apabila jenis camilan yang dikonsumsi merupakan camilan bergizi serta selalu diperhatikan dari jumlah sajiannya, tentu agar tidak berlebihan.

4 dari 8 halaman

3. Kendalikan Napsu Makan (Binge Eating)

Lalu, kebiasaan ngemil juga akan mencegah perut menjadi terlampau lapar. Sebab, ketika perut dalam kondisi yang terlalu lapar atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘binge eating’ ini, pada akhirnya hanya akan membuat Anda ingin mengonsumsi makanan secara berlebihan dan hal tersebut hanya akan berujung pada kenaikan berat badan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan kebiasaan mengonsumsi camilan sehat agar perut senantiasa terasa penuh. Ketika perut sudah mulai terasa penuh, maka napsu makan Anda dapat lebih terkendali. Jenis camilan yang akan sangat membantu untuk mencegah rasa lapar berlebih antara lain seperti buah, pudding, dan berbagai jenis makanan berserat.

5 dari 8 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Hingga saat ini, citra buruk dari kebiasaan ngemil adalah menjadi penyebab kenaikan berat badan. Ya, bisa saja hal ini terjadi, namun tidak sepenuhnya benar. Kebiasaan ngemil mampu menjadi biang kenaikan berat badan apabila jenis makanan yang dikonsumsi tidak dalam kategori sehat, dan justru mengandung banyak lemak, gula serta karbohidrat.

Padahal, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi baik, akan membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini tidak terlepas dari dua poin sebelumnya, dimana mengonsumsi camilan yang memiliki nutrisi baik akan meningkatkan metabolisme. Serta, dengan mengonsumsi camilan yang kaya akan serat, dapat menekan napsu makan, dan dapat berujung pada penurunan berat badan.

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Konsentrasi

Supaya segala tugas dan aktivitas dapat berjalan lancar, maka tubuh perlu asupan makanan sebagai sumber energi agar meningkatnya konsentrasi. Dengan mengonsumsi camilan secara rutin dan teratut, dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi tersebut.

Jenis camilan yang cocok untuk meningkatkan konsentrasi ini bisa didapatkan dari jenis camilan seperti dark chocolate, alpukat, pisang, mangga, bluberi, serta berbagai jenis makanan sehat lainnya. Tapi ingat, tetap konsumsi sewajaranya dan hindari makan berlebihan.

7 dari 8 halaman

6. Kontrol Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, utamanya diabetes tipe-2 (diabetes melitus), melakukan kebiasaan ngemil sangat efektif untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Kendati demikian, selalu pastikan jika jenis camilan yang dikonsumsi merupakan camilan sehat dan tidak memiliki banyak kadnungan glukosa. Jenis camilan yang baik bagi penderita diabetes seperti buah-buahan atau oatmeal. Namun khusus untuk buah-buahan, konsumsi dalam jumlah terbatas, mengingat buah memiliki kandungan gula yang tidak baik jika dikonsumsi berlebih.

8 dari 8 halaman

7. Mengendalikan Emosi

Mengonsumsi camilan juga mampu mengendalikan perubahan suasana hati atau mood. Dengan mengonsumsi camilan, maka nutrisi dapat tersebar merata dan mampu menstabilkan level insulin serta energi dalam tubuh. Keseimbangan ini yang akan membuat mood atau emosi menjadi lebih stabil.

Memang manfaat ngemil bagi tubuh ini bisa didapatkan dari jenis makanan yang mungkin menjadi favorit Anda. Namun usahakan camilan tersebut memiliki gizi yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini