Sukses

5 Komplikasi Ambeien yang Harus Diwaspadai, Simak Cara Mencegah dan Mengatasinya

Komplikasi ambeien umumnya disebabkan benjolan yang mengalami perdarahan, terjepit, dan terinfeksi.

Liputan6.com, Jakarta Ambeien atau wasir terjadi karena ada pelebaran pembuluh darah di sekitar anus dan memunculkan benjolan. Benjolan inilah yang berisiko menyebabkan komplikasi ambeien. Apalagi jika masalah sembelit kerap terjadi dan memicu benjolan membengkak lebih besar lagi.

Ada dua jenis ambeien, yakni ambeien dalam dan ambeien luar. Dari kedua jenis ambeien ini, ambeien dalam yang kerap terlambat mendapat penanganan hingga sebabkan komplikasi ambeien. Ambeien dalam lebih sulit dikenali karena tidak terlihat, sedangkan ambeien luar bisa dirasakan karena timbul keluar. 

Komplikasi ambeien umumnya disebabkan karena benjolan ambeien yang mengalami perdarahan, terjepit, dan terinfeksi. Hingga pada akhirnya memicu masalah anemia, gumpalan darah, prolaps, dan kematian jaringan. Ketika mengalami, penderita ambeien akan merasakan gatal, nyeri, perih, kemerahan, dan bengkak di sekitar anus.

Berikut Liputan6.com ulas komplikasi ambeien dari berbagai sumber, Kamis (29/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gumpalan Darah

Komplikasi ambeien bisa menyebabkan terjadinya gumpalan darah. Apalagi ambiem yang terjadi di luar. Ambeien luar berisiko menyebabkan pecahnya benjolan dan terbentuklah gumpalan darah.

Jika gumpalan darah terjadi, biasanya rasa gatal parah di sekitar anus akan terjadi. Tak hanya gatal, beberapa penderita juga ada yang merasakan nyeri luar biasa. Nyerinya mirip seperti sedang ditusuk-tusuk jarum.

Memang tidak begitu menyakitkan, tetapi kondisi seperti ini bisa mengganggu aktivitas lainnya. Duduk, mengangkat barang, bergerak aktif menjadi tidak terasa nyaman. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengempeskan dan mengeringkan gumpalan darahnya.

 

3 dari 7 halaman

Prolaps

Prolaps adalah komplikasi ambeien dalam yang cukup membahayakan. Kondisi ini bisa terjadi ketika ambeien dalam tak segera mendapat penanganan. Tepatnya ketika benjolan ambeien dalam keluar dari anus.

Jika benjolan tidak bisa dimasukkan kembali, maka bahaya lain ikut mengintai. Ketika duduk, penderita akan merasa tidak nyaman. Rasa nyeri juga timbul ketika buang air besar dan duduk. Pada beberapa kasus, prolaps memicu terbentuknya gumpalan darah.

Ketika pasien sudah mengalami komplikasi ambeien ini, pengobatan pita karet, koagulasi, dan penyuntikan cairan dijadikan pilihan. Ligasi pita karet dilakukan untuk menghambat sirkulasi darah agar benjolan ambeien menyusut. Bisa juga dengan koagulasi dan penyuntikan cairan untuk mengempiskan.

4 dari 7 halaman

Infeksi

Infeksi termasuk komplikasi ambeien yang harus diwaspadai. Infeksi biasanya terjadi pada ambeien luar. Ambeien luar lebih berisiko mengalami pecah benjolan karena letaknya di luar. Benjolan yang pecah pada akhirnya akan membentuk luka, mengundang bakteri, dan menyebabkan infeksi.

Kondisi ini ditandai dengan wasir yang tiba-tiba mengalami perdarahan dan terasa perih karena luka pecahannya. Tak hanya perih, tetapi nyeri luar biasa hebat terutama ketika dibarengi dengan buang air besar yang berdarah. Jika mengalami, pengobatan harus segera dilakukan.

Ketika infeksi bakteri sudah terjadi, biasanya beberapa gejala akan mengikuti. Anus akan terasa lebih gatal dari biasanya. Terlihat kemerahan, bengkak, dan tubuh mengalami demam. Penanganan yang tidak benar dan mengalami keterlambatan bisa sampai sebabkan abes atau benjolan ambeien berisi nanah.

5 dari 7 halaman

Anemia

Anemia bisa terjadi pada penderita ambeien. Tepatnya ketika ambeien tidak segera diobati dan menyebabkan komplikasi ambeien. Masalah anemia berisiko terjadi pada ambeien dalam dan luar yang pecah dan mengalami perdarahan.

Ketika anemia terjadi, maka kekurangan sel darah merah sehat akan terjadi. Hal ini sudah pasti akan menghambat darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanda anemia yang bisa dikenali adalah kelelahan, pusing, dan sesak napas.

6 dari 7 halaman

Strangulasi Ambeien

Stangulasi adalah komplikasi ambeien yang cukup menyakitkan. Kondisi ini terjadi ketika suplai darah ke benjolan ambeien terputus. Akibatnya rasa sakit yang tak tertahankan akan timbul dan berisiko ganggu aktivitas keseharian.

Stangulasi bisa disebut dengan istilah penyumbatan aliran darah. Tak hanya sakit, tetapi pembengkakan bisa terjadi. lalu pengerutan pembuluh darah oleh otot sfingter di sekitar anus.

Apalagi jika suplai darah ke ambeien dalam yang terputus karena terjepit. Ambeien yang seperti ini akan sangat terasa menyakitkan hingga menyebabkan kematian jaringan. Penanganan medis juga harus segera dilakukan.  

7 dari 7 halaman

Gejala dan Pengobatan Ambeien Ringan

Gejala Ambeien

Gejala umum yang bisa menjadi tanda Anda terkena ambeien, seperti:

- Feses bercampur dengan darah

- Sulit BAB atau BAB keras

- Timbul rasa nyeri dan sakit ketika duduk, berdiri, dan berjalan

- Mengalami pembengkakan di area anus

- Timbulnya benjolan menyerupai bisul di sekitar anus.

Pengobatan Ambeien Ringan

- Rendam dengan air hangat

Berendam air hangat tidak hanya bisa mengendurkan dan merilekskan otot punggung, tapi juga pada otot-otot yang tegang di sekitar anus. Air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak.

Anda bisa mencampurkan air hangat dengan 1 sendok makan garam untuk membantu menyempitkan ambeien.

- Jangan duduk terlalu lama

Apabila pekerjaan Anda mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk berjalan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan ambeien. Hindari juga olahraga yang mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama seperti yoga dan bersepeda.

- Cukupi asupan serat

Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga bisa melakukan pengobatan dari dalam. Dengan cara apa? Dengan rutin mengonsumsi buah yang kaya kandungan serat.

Selalu sediakan buah seperti pepaya dan pisang dalam kulkas agar ambeien bisa dengan cepat teratasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan untuk bantuan ekstra mengatasi ambeien.

- Tiduran

Setelah seharian bekerja, berbaringlah untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan membantu penyembuhan ambeien. Berbaring sambil menekuk kaki Anda selama kurang lebih setengah jam dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area belakang dan pada akhirnya dapat membantu mengecilkan benjolan yang timbul akibat ambeien.

- Minum obat

Jika cara-cara di atas belum juga meringankan rasa sakit akibat ambeien, maka minum obat khusus ambeien akan bisa membantu Anda. Konsultasikan pada dokter tentang obat apa yang direkomendasikan untuk mengatasi ambeien. Biasanya, dokter akan memberikan dua pilihan, yakni obat minum atau obat yang dioleskan pada anus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.