Sukses

7 Manfaat Konsumsi Madu Sebelum Tidur, Jaga Kesehatan

Manfaat konsumsi madu sebelum tidur bisa kamu terapkan setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat konsumsi madu sebelum tidur ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan. Apalagi, madu memang terkenal sebagai pemanis alami yang lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur dengan porsi yang sesuai untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Tidak hanya sehat, madu juga memiliki rasa yang juga enak dan disukai banyak orang. Walaupun begitu, kamu tetap harus mengenali batas konsumsinya agar tetap berkhasiat bagi kesehatan. Jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Manfaat konsumsi madu sebelum tidur bisa kamu terapkan setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur. Membiasakan konsumsi madu sebelum tidur dapat membuat kamu terhindar dari berbagau macam penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/7/2020) tentang manfaat konsumsi madu sebelum tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Insomnia dan Menghindari Depresi

Mengatasi Insomnia

Salah satu manfaat konsumsi madu sebelum tidur yang sangat baik adalah dapat membuat kamu tidur nyenyak. Hal ini tentunya sangat baik buat kamu yang sering mengalami insomnia. Manfaat ini bisa didapatkan karena madu mengandung tryptophan yang membuat kamu lebih rileks dan memberikan sinyal pada tubuh untuk segera tidur.

Selain itu, terkadang seseorang bangun di tengah malam. Ini terjadi karena selama tidur otak kita membutuhkan zat yang disebut glikogen, serta menginduksi kelenjar adrenalin yang terletak di ginjal untuk mengeluarkan adrenalin dan kortisol.

Untungnya, madu juga mengandung glikogen, jadi mengkonsumsinya sebelum tidur akan membantu kamu untuk menghindari adrenalin dan memastikan tidur malam yang nyenyak.

Menghindari Depresi

Depresi merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang sulit tidur. Madu mengandung polifenol, bahan kimia organik yang membantu melawan depresi. Jika kamu ingin menjaga kesehatan psikologis dan bangun tidur dengan penuh motivasi, mengonsumsi madu setiap malam akan sangat membantu.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mengatasi Iritasi pada Tenggorokan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat konsumsi madu sebelum tidur juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terkait dengan kandungan madu yang kaya antioksidan dan merupakan agen antibakteri, sehingga sistem kekebalan tubuh kamu akan meningkat saat mengonsumsinya.

Madu juga akan membuat kamu lebih kuat dalam memerangi infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan banyak virus.

Mengatasi Iritasi pada Tenggorokan

Banyak orang yang mengalami batu-batuk pada malam hari, hal ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Madu adalah anti-inflamasi alami. Jadi, dengan mengonsumsi satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat setiap malam, kamu dapat meminimalisasi iritasi pada tenggorokan dan menghindari batuk.

Bahkan, madu merupakan antibiotik yang baik yang dapat membantu melawan bakteri apa pun yang berada di tenggorokan kamu.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Tekanan Darah, Membakar Lemak Lebih Cepat, dan Mencegah Penuaan Dini

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat konsumsi madu sebelum tidru selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi adalah faktor yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung yang signifikan. Oleh karena itu, menjaganya tetap dan stabil adalah tindakan yang baik untuk menghindari komplikasi penyakit lain.

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah terbukti mengurangi tekanan darah. Mengonsumsi satu sendok madu di malam hari adalah langkah baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Membakar Lemak Lebih Cepat

Lemak juga dapat dibakar lebih cepat saat kamu mengonsumsi madu sebelum tidur. Hal ini karena madu ketika diminum, akan meningkatkan metabolisme dengan menghasilkan efek termogenik pada tubuh.

Dengan begitu, hal ini berarti meningkatkan sirkulasi yang mempengaruhi suhu tubuh. Sehingga, dapat membantu tubuh membakar lemak tanpa banyak usaha.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat konsumsi madu sebelum tidur juga baik untuk kecantikan. Metode alami terbaik untuk memperlambat penuaan adalah dengan mengonsumsi antioksidan dan madu memiliki kandungan itu.

Madu juga dapat dijadikan serum pada wajah. Mengonsumsi madu setiap malam sebelum tidur akan membantu kamu memerangi tanda-tanda penuaan dari dalam. Jadi, hal ini tentunya sangat baik untuk kecantikan kulit.

Itulah beberapa manfaat konsumsi madu sebelum tidur yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini