Sukses

13 Wisata Bandung Selatan Pangalengan yang Paling Terkenal

Rekomendasi wisata Bandung Selatan Pangalengan.

Liputan6.com, Jakarta Cobalah berkunjung ke tempat wisata Bandung Selatan di wilayah Pangalengan. Di wisata Bandung Selatan Pangalengan, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang begitu memesona.

Wisata Bandung Selatan Pangalengan yang terkenal, ada danau buatan situ cileunca, kawah putih ciwidey, gunung Wayang Windu, curug mega dan bangku, hutan pinus, sungai palayangan dengan arum jeram yang sangat menantang, hingga penangkaran rusa yang bisa berbaur langsung di sana.

Penasaran dengan tempat wisata Bandung Selatan Pangalengan tersebut? Langsung saja berikut Liputan6.com ulas tiga belas wisata Bandung Selatan Pangalengan yang paling terkenal dan wajib banget dikunjungi, Kamis (10/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Bandung Selatan Pangalengan

1. Situ Cileunca

Wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits adalah Situ Cileunca. Ini danau buatan yang berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung. Situ Cileunca merupakan objek wisata terkenal di Pangalengan.

Danau wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits ini menawarkan panorama bukit dan pegunungan sejuk yang memanjakan mata. Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

2. Perkebunan Teh Malabar

Wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits adalah perkebunan Teh Malabar berlokasi di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Di tempat wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits ini, pengunjung bisa mengikuti tea walk. Di tea walk, pengunjung akan memperoleh informasi mengenai kisah Bosscha saat mengelola Perkebunan Teh Malabar.

3. Gunung Wayang Windu

Wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits adalah gunung Wayang Windu yang berada di timur Pangalengan. Gunung ini menjadi lokasi pendakian yang patut dicoba bagi para pendaki.

Selain kawah, dari puncak gunung ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh Pangalengan yang dikelilingi rangkaian pegunungan yang asri.

Wayang Windu Panenjoan Skypark berada pada ketinggian 1.800 mdpl. Lokasi wisata Bandung Selatan Pangalengan yang selalu hits ini berada dalam PTPN VIII Kebun Kertamanah, secara administratif terletak di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

4. Kawah Putih Ciwidey

Saking terkenalnya, tempat wisata Bandung Selatan Pangalengan yang satu ini sampai kelewat sering jadi latar film. Kawah Putih memang memiliki pemandangan fotogenik yang terlalu sayang untuk dilewatkan.

5. Kawah Burung

Kawah Burung merupakan kawah aktif yang berada di kaki Gunung Windu dengan ketinggian 1.450 mdpl. Wisata Bandung Selatan Pangalengan ini sekilas mirip dengan kawah Gunung Papandayan dalam versi mini. Kawah Burung berada tak jauh dari Pemandian Air Panas Cibolang. Kawah wisata Bandung Selatan Pangalengan ini memiliki lokasi tersembunyi di tengah hutan Gunung Windu.

6. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang menjadi tujuan menarik di wisata Bandung Selatan Pangalengan. Air di pemandian ini bersumber dari mata air panas Gunung Windu. Pemandian wisata Bandung Selatan Pangalengan dikelilingi hutan dan pegunungan yang sejuk dan asri. Di wisata Bandung Selatan Pangalengan ada berbagai jenis kolam dengan beragam fungsi seperti kolam berendam, kolam berenang, dan kolam anak.

3 dari 3 halaman

Wisata Bandung Selatan Pangalengan Selanjutnya

7. Curug Mega

Untuk mengunjungi Curug Mega pengunjung harus melewati hamparan perkebunan sayur di atas bukit. Air terjun wisata Bandung Selatan Pangalengan juga memiliki bentuk cukup unik dengan jatuhan air yang melebar dan mengembang pada bagian bawah. Curug Mega wisata Bandung Selatan Pangalengan berlokasi di Desa, Pangalengan, Bandung.

8. Curug Bangku

Curug Bangku berlokasi di Margaluyu, Pangalengan, Bandung. Curug wisata Bandung Selatan Pangalengan termasuk curug kecil yang cukup asri. Curug Bangku memiliki aliran air yang jernih dan sejuk ala pegunungan. Lokasi wisata Bandung Selatan Pangalengan yang dikelilingi bukit membuat tiap pengunjungya bisa menyatu dengan alam yang asri.

9. Perkebunan Teh Cukul

Selain Perkebunan Teh Malabar, di Bandung ada Perkebunan Teh Cukul di Pangalengan. Perkebunan teh Cukul wisata Bandung Selatan Pangalengan terletak di wilayah Malabar. Perkebunan Teh Cukul berada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan. Perkebunan Cukul tepatnya berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Tertarik berkunjung saat akhir pekan?

10. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong berada di Desa Rahong, Pangalengan, Bandung. Di wisata Bandung Selatan Pangalengan ini pengunjung akan dimanjakan dengan rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada berbagai spot foto menarik di Hutan Pinus Rahong. Di hutan ini pengunjung juga bisa berkemah dan melakukan aktivitas alam lainnya.

11. Sungai Palayangan

Sungai Palayangan merupakan wisata Bandung Selatan Pangalengan yang dikenal sebagai lokasi arung jeram paling menantang. Sangat memesona, panjang lintasan arung jeram wisata Bandung Selatan Pangalengan ini sekitar 4.5 kilometer. Sungai Palayangan wisata Bandung Selatan Pangalengan berada di kawasan Situ Cileunca tepatnya di Jl. Situ Cileunca, Kampung Cibeunying, Desa Wanasari, Pangalengan.

12. Curug Ceret

Pangalengan memiliki Curug Ceret. Nama ini diambil dari Bahasa Sunda dengan filosofi khas, air terjun menyiprat dengan selalu membasahi jalanan dekat kawasan PLTA Indoensa Power, Desan Plengan. Air terjun wisata Bandung Selatan Pangalengan memiliki tinggi sekitar 5 meter. Indahnya selalu membuat pengunjung ingin datang lagi.

13. Penangkaran Rusa

Penangkaran rusa merupakan wisata Bandung Selatan Pangalengan yang wajib dikunjungi. Lokasinya di kawasan Kertamanah, pengunjung bisa menyaksikan dan berbaur secara langsung bersama para rusa.

Kawasan wisata Bandung Selatan Pangalengan ini masih ada di dalam Taman Hutan Raya Juanda. Maka tak heran bila pemandangan hijaunya begitu memesona dan mampu memanjakan mata. Tertarik berkunjung?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.