Sukses

10 Tujuan Membaca Buku Beserta Pengertian dan Manfaatnya

Tujuan membaca buku bukan hanya dapat memperkaca ilmu namun juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan membaca buku bukan hanya dapat memperkaca ilmu namun juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Membaca memiliki peran yang sangat vital dalam menyumbang generasi-generasi emas pembawa kemajuan, tentu kita sepakat bahwa membaca akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan.

Membaca merupakan sebuah kegiatan meresepsi, menginterpretasi, serta menganalisa yang dilakukan oleh pembaca untuk mendapatkan pesan yang disampaikan oleh seorang penulis dalam media tulisan. Membaca buku merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini karena buku menjadi salah satu sumber pengetahuan yang mampu menambah dan memperbarui wawasan. Bahkan, rutin membaca buku juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan empati seseorang.

Dengan membaca buku kita mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Meski begitu, membaca bukan hanya sekedar menerima informasi untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh kita harus mampu mengolah teks bacaan menjadi sesuatu yang bermakna.

Selain itu, masih banyak tujuan membaca buku beserta pengertian dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Membaca Menurut Para Ahli

Sebelum memahami tujaun membaca buku, Anda harus mengetahui pengertian dari membaca. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian membaca adalah melihat dan paham isinya, bisa dengan melisankan atau dalam hati saja. Selain itu masih banyak pengertian membaca menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian membaca menurut para ahli, diantaranya :

Mr.Tampubalon

Bahasa tulisan adalah suatu ide-ide atau pemikiran, sehingga dalam pemahaman dialek sebuah tulisan dengan metode membaca sebuagai sebuah proses penalaran.

Mr.Juel dalam buku Mr.Sandjaja

Membaca merupakan sebuah proses untuk dapat mengenal kata-kata dan memadukan menjadi arti kata dan menjadi kalimat dan struktur baca.

Mr. Finochiaro

Membaca yaitu memahami sebuah arti dan maknanya yang terkandung pada bahasa yang tertulis.

Mr. Lado

Membaca yaitu memahami dari bebrapa pola atau tata bahasa dari gambaran yang tertulis.

Keraf Mr. Gorys

Membaca merupakan suatu proses yang mengandung komponen fisik dan mental. Sepanjang jalur tersebut, dapat diterjemahkan juga sebagai metodologi memberikan pentingnya gambar visual.

Mr. Fredick Mc Donald

Membaca merupakan rangkaian respon-respon yang lengkap, yang mencakup respon sikap, kognitif, dan manipulatif.

Bonomo

Membaca merupakan suatu cara untuk memahami sebuah arti dan maknanya yang ada dalam bahasa tertulisnya.

Mr. Kolker

Membaca adalah proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan menggunakan bahasa tulis.

Mr.Smith dalam buku Mr.Ginting

Membaca merupakan proses yang membangun sebuah pemahaman sari bacaan (teks) yang tertulis.

Mr. Juel dan Mr. Sandjaja

Membaca bahwa metodologi untuk menjadi lebih berkenalan dengan beberapa kata-kata dan mengkoordinasikan ke pentingnya kata-kata menjadi kalimat dan struktur meneliti. Dengan cara ini, di bangun dari meneliti dapat membuat esensi dari bagian.

Hodgson dalam Tarigan

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas, dan agar makna kata-kata secara individual akan dapat diketahui. Kalau hal ini tidak terpenuhi, maka pesan yang tersurat dan yang tersirat tidak akan tertangkap atau dipahami, dan proses membaca itu tidak terlaksana dengan baik.

3 dari 4 halaman

Tujuan Membaca

Aktivitas membaca mempunyai tujuan tertentu sesuai dengan orang yang membaca. Tujuan membaca yang paling utama adalah memahami seluruh informasi yang tertera dalam teks bacaan untuk mengembangkan intelektual yang dimiliki pembaca.

Buku merupakan jendela dunia yang mampu menambah pengetahuan dan wawasan seseorang. Dengan membaca buku, seseorang dapat mendapatkan berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang cerdas dan sukses karena memiliki minat membaca yang tinggi. Menurut Farida Rahim, ada beberapa tujuan membaca yang mencakup :

1. Kesenangan,

2. Menyempurnakan membaca nyaring,

3. Menggunakan strategi tertentu,

4. Memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik,

5. Mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya,

6. Memperoleh informasi untuk laporan lisan dan tertulis,

7. Mengkonfirmasikan atau menolak prediksi,

8. Menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain,

9. Mempelajari tentang struktur teks

10. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang spesifik

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca

Setelah mengetahui tujuan membaca, Anda juga perlu mengetahui manfaat membaca, seperti membuat tidur lebih nyenyak dan menghilangkan stres. Selain itu, masih banyak manfaat membaca buku, di antaranya sebagai berikut:

1. Ekspansi Kosakata dan Pengetahuan

Saat membaca, Anda mungkin menemukan beberapa kata yang tidak terlalu Anda mengerti atau bahkan mengenalinya. Kebingungan ini dapat membuat Anda mencari kata dan menemukan definisi. Kamus, baik dalam bentuk fisik atau bentuk ebook, dapat bermanfaat bagi pemahaman Anda tentang kata-kata baru yang mungkin tidak Anda kenal.

Karena Anda tidak tahu kata itu, untuk memulai, tindakan mencari definisi membantu otak Anda mempertahankan kata baru dan menarik itu, yaitu ekspansi kosa kata. Pertimbangkan seberapa jauh kosakata Anda telah muncul sejak Anda pertama kali belajar membaca.

2. Stimulasi Mental

Manfaat membaca buku yang tidak kalah pentingya ialah sebagai stimulasi mental. Otak membutuhkan olahraga untuk membuatnya kuat dan sehat, sama seperti semua otot di tubuh Anda. Oleh karena itu, aktivitas membaca telah dibuktikan dapat meningkatkan konektivitas di otak. Penurunan memori dan fungsi otak merupakan efek samping dari penuaan, namun membaca secara teratur dapat membantu memperlambat prosesnya. Menjaga otak Anda aktif dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Media Hiburan

Manfaat membaca yang paling terkenal ialah nilai hiburan dari membuka buku dengan halaman putih yang bersih. Tentu saja, hiburan biasanya menarik pembaca yang gemar mengambil buku yang lebih bagus berikutnya. Bahkan, itu telah menjadi bentuk hiburan yang solid selama bertahun-tahun. Meskipun membaca sangat cocok untuk hiburan, ada factor lebih dari hanya sekadar hiburan.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat membaca buku berikutnya yaitu meningkatkan daya ingat. Buku memiliki banyak komponen berbeda. Alur cerita, karakter, dialog, dan pengaturan hanyalah beberapa di antaranya. Membaca mengharuskan Anda menggunakan otot ingatan Anda, membantu otot jangka panjang. Melatih otak Anda dengan cara-cara yang menantang secara mental dapat menyebabkan tingkat penurunan daya ingat yang lebih lambat.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Dari beberapa studi kasus, para peneliti menemukan membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak. Dengan makin sering seseorang membaca, sirkuit ini akan makin kuat dan makin kompleks. Hal ini akan memengaruhi fungsi otak yang lain juga, seperti fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri.

6. Mencegah Penurunan Kognitif Akibat Usia

Manfaat membaca buku selanjutnya adalah memelihara fungsi kognitif dan memori. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengalami masalah kognitif di usia lanjut, seperti demensia. Membaca memiliki efek protektif (perlindungan) bagi otak dan kemampuan kognitif.

7. Mengurangi Stres

Stres, khususnya stres kronis (berlangsung bertahun-tahun), dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan bagi yang mengalaminya. Satu di antara manfaat membaca buku adalah dapat mengurangi stres. Dengan kebiasaan membaca buku setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan frekuensi detak jantung, dan menurunkan perasaan stres.

 

Itu tadi beberapa tujuan membaca buku beserta pengertian dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Dengan aktivitas membaca buku setiap harinya, dapat melihat dunia dengan cara yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini