Sukses

9 Buah Sehat yang Cocok untuk Diet, Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Beberapa buah sehat yang cocok untuk diet ini bisa kamu coba konsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Jenis buah sehat yang cocok untuk diet ini bisa kamu coba konsumsi. Bagi kamu yang tengah menjalani program diet, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis buah sehat yang cocok untuk diet ini dalam daftar makanan kamu. Selain mengurangi porsi makan, kamu juga penting untuk mengonsumsi makanan sehat salah satunya adalah jenis buah sehat yang cocok untuk diet.

Beberapa jenis buah sehat yang cocok untuk diet ini dapat memberikan banyak nutirisi untuk kamu yang tengah menjalani program diet. Buah-buahan memang memiliki ragam rasa dan jenis, dengan begitu kamu bisa memilih beberapa jenis buah sehat untuk diet agar tidak bosan.

Mengonsumsi buah akan memberikan cukup manfaat untuk tubuh. Oleh sebab itu disarankan untuk mengonsumsi buah-buah secara rutin karena baik untuk kesehatan pencernaan. Beberapa jenis buah sehat yang cocok untuk diet ini bisa membantu kamu untuk menjalani diet sehat.

Diet dengan buah-buahan juga harus diimbangi dengan nutrisi lain. Selain mengetahui tentang jenis buah sehat yang cocok untuk diet, kamu juga bisa mencari asupan nutrisi lain yang tentunya sehat dan dapat membantu program diet yang tengah kamu jalani.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang jenis buah sehat yang cocok untuk diet yang bisa membantu memenuhi asupan nutrisi kamu, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Buah Sehat yang Cocok untuk Diet

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet ini bisa kamu masukkan dalam menu diet kamu. Asupan nutrisi dari buah juga dibutuhkan ketika kamu tengah menjalani diet.

1. Melon

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet yang pertama yakni adalah melon. Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C. Adanya kandungan gula alami di dalam buah melon mampu memberikan energi pada tubuh ketika mulai lapar.

Buah melon mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. tekanan darah.

2. Stroberi

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet berikutnya yakni adalah stroberi. Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Stroberi merupakan jenis buah sehat yang cocok untuk diet yang diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C yang juga sangat cocok untuk program diet sehat.

3. Lemon

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet berikutnya yakni adalah lemon. Lemon yang memiliki rasa asam biasanya digunakan untuk campuran teh dan juga membuat jus. Mengonsumsi lemon secara rutin akan memberikan suplai vitamin C yang banyak dan juga mencegah terjadinya pengendapan di dalam tubuh seperti yang terjadi di ginjal dan kandung kemih. Selain itu, lemon juga akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

3 dari 5 halaman

Jenis Buah Sehat yang Cocok untuk Diet

4. Apel

Ape merupakan jenis buah sehat yang cocok untuk diet selanjutnya. Jenis buah sehat satu ini bisa kamu masukkan dalam daftar menu diet kamu untuk memenuhi asupan nutrisi harian kamu. Apel mengandung vitamin C, yang dimana jika kamu mengonsumsi apel akan memberikan antioksidan yang cukup besar untuk tubuh. Selanjutya apel juga mengandung cukup banyak serat. Kamu akan terhindari dari kondisi sembelit dan bisa kenyang lebih lama.

5. Pisang

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet selanjutnya yakni adalah pisang. Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Adanya kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang membuat buah yang satu ini dapat menekan nafsu makan. Oleh karena itu, buah pisang sangat cocok untuk cara diet sehat. Kamu bisa menjadikan makanan pengganjal di jam-jam ngemil.

6. Jeruk

Jeruk merupakan jenis buah sehat yang cocok untuk diet selanjutnya. Buah jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C, dan folate. Vitamin C yang cukup tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah terjadinya anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah.

4 dari 5 halaman

Jenis Buah Sehat yang Cocok untuk Diet

7. Kiwi

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet berikutnya yakni adalah buah kiwi. Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa.

Mengonsumsi satu buah kiwi di pagi hari akan mampu menunda rasa lapar. Kandungan serat dan vitamin E yang jauh lebih banyak dari pisang pun membuat kiwi menjadi buah yang sangat baik untuk diet sehat dan cepat.

8. Plum

Plum merupakan jenis buah sehat yang kerap disebut cocok untuk diet. Jenis buah sehat yang cocok untuk diet satu ini mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker. Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.

9. Nanas

Jenis buah sehat yang cocok untuk diet selanjutnya yakni adalah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.

5 dari 5 halaman

Minuman yang Cocok untuk Diet

Selain buah utuh, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis minuman ini yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Air Putih

Salah satu kelebihan air putih adalah tidak mengandung kalori, sehingga mengurangi risiko penambahan berat badan. Selain tidak mengandung kalori yang bisa menyebabkan kegemukan, air putih justru membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh, yang akan menunjang program diet.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air sebanyak 1,5 liter per hari selama 8 minggu, dapat membantu penurunan berat badan. Kamu disarankan untuk meminum dua gelas air putih sebelum makan untuk memberikan efek rasa kenyang.

2. Teh Hijau

Minuman yang cocok untuk diet selanjutnya yakni teh hijau. Teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan juga bisa dijadikan solusi minuman yang baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini tentunya bisa kamu dapatkan asalkan mengonsumsinya tanpa tambahan gula dan susu agar bebas kalori. Jika kamu menyukai teh hijau yang manis, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan jenis minuman berikutnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Susu kedelai sudah mengandung pemanis alami sehingga lezat dikonsumsi tanpa gula tambahan. Kamu yang menyukai rasa manis dapat menjadikan susu kedelai sebagai alternatif minuman sehat.

4. Jus Sayuran

Minuman yang cocok untuk diet selanutnya yakni adalah jus sayuran. Manfaat jus sayuran bahkan dipercaya lebih cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani program diet, daripada jus buah. Hal ini karena dengan jumlah nutrisi yang hampir sama, jus sayur hanya mengandung setengah kalori dari jus buah.

5. Jus Buah

Selain mengonsumsi buah utuh, kamu juga bisa mengolah buah menjadi jus buah. Untuk mendukung program diet kamu, pilihlah jus buah yang bebas dari tambahan gula atau susu kental manis. Jus buah menjadi salah satu minuman yang baik untuk diet, asalkan isinya masih murni tanpa tambahan. Pastikan kamu mengonsumsi jus buah yang mengandung 100 persen jus murni tanpa gula tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini